Berhubungan Intim Setelah Operasi Caesar, Wajarkah Bila Sakit?

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 23/07/2019
Bagikan sekarang

Pada umumnya Anda dan pasangan sudah boleh kembali berhubungan seks dalam tiga hingga enam minggu setelah melahirkan. Walau demikian, beberapa wanita mungkin enggan melakukan seks setelah melahirkan, terutama operasi caesar, karena terasa lebih sakit.

Memang, ada yang berhubungan seks enam minggu setelah melahirkan dan tidak mengeluhkan apa pun. Sebaliknya, ada juga yang baru naik ranjang lagi setelah dua bulan tapi masih merasa tidak nyaman — karena kelelahan jadi ibu baru, misalnya, atau vagina yang terlalu kesat akibat perubahan hormon menyusui.

Tapi untuk beberapa perempuan, hubungan seks setelah operasi caesar bisa terasa sakit selama beberapa bulan bahkan setelah mendapatkan lampu hijau dari dokter. Apa alasannya?

Kenapa hubungan seks setelah operasi caesar bisa terasa sakit?

Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam BJOG, jurnal internasional seputar obstetri dan ginekologi, menunjukkan bahwa wanita yang menjalani operasi caesar lebih sering mengalami nyeri saat berhubungan seks dalam 18 bulan pertama setelah melahirkan.

Studi ini tidak membuktikan operasi caesar sebagai penyebab tunggal dari rasa sakit saat berhubungan seks pasca melahirkan. Namun dr. Arun Gosh dari klinik Liverpool Spire One berpendapat bahwa penyebab merasa sakit saat berhubungan seks setelah menjalani operasi caesar berbeda-beda setiap orang. .

Pasca operasi caesar, rahim yang tadinya berkontraksi dan membesar akan kembali ke ukuran semula. Selama proses pemulihan ini rahim Anda mungkin dapat mengalami luka sehingga Anda lebih berisiko untuk membentuk jaringan parut di sekitar rahim. Anda juga lebih rentan terhadap infeksi karena leher rahim jadi sangat melebar setelah melahirkan, yang menjadikannya pintu masuk mudah bagi bakteri menyusup ke dalam rahim — meski ini mungkin terjadi hanya dalam segelintir kasus yang bisa dihitung jari.

Ada juga masalah hormon yang mungkin akan Anda hadapi pasca operasi caesar. Bagi ibu yang melahirkan normal, tubuhnya akan menguras seluruh hormon yang telah menumpuk selama kehamilan. Perubahan hormon drastis ini kemudian dapat menyebabkan anorgasmia, yang berarti Anda tidak bisa orgasme terlepas dari stimulasi apapun yang Anda terima di daerah vagina.

Tapi ini bukan berarti ibu yang menjalani operasi caesar terbebas dari masalah yang sama. Pasca operasi caesar, keseimbangan hormon tubuh Anda tidak dipulihkan secara alami sehingga kesempatan Anda mengalami kesulitan orgasme justru akan lebih besar. Perubahan hormon jugalah yang membuat vagina terasa kering setelah melahirkan. Vagina yang kering saat melahirkan dapat membuat penetrasi terasa menyakitkan.

Selain menimbulkan rasa sakit, seks setelah caesar dapat membuati jahitan operasi terbuka kembali. Bagi beberapa perempuan, bekas jahitan berusia beberapa bulan masih terasa sakit ketika bergerak, bergesekan, atau bersentuhan dengan sesuatu. Maka, seks bisa jadi sedikit sulit kalau Anda masih merasakan sakit.

Bukan berarti Anda harus “puasa” bercinta setelah operasi caesar

Pasca operasi caesar, lumrah jika hubungan seks pada kali pertama Anda melakukannya mungkin terasa tidak senyaman biasanya. Ini merupakan hal yang normal terjadi pada semua ibu yang baru saja melahirkan — terlepas dari metode persalinan yang Anda lakukan.

Perubahan ini juga bukan berarti Anda harus sepenuhnya absen total dari hubungan seks. Dan lagipula, “Kehidupan seks kebanyakan perempuan kembali normal setelah melahirkan,” ungkap Idries Abdur-Rahman, M.D., spesialis kandungan bersertifikat, pada Self.

Jika Anda merasakan ketidaknyamanan yang mewalahkan sehingga Anda jadi tidak bisa berhubungan seks pasca operasi caesar bahkan setelah enam sampai delapan minggu, konsultasikan dengan dokter Anda untuk menentukan apakah tubuh Anda sudah memulih dengan benar.

Untuk sementara itu, Anda bisa menyiasatinya dengan menggunakan pelumas seks, memperlama waktu foreplay, dan coba untuk lebih rileks bersama pasangan, jangan terlalu memaksakan diri untuk berhubungan seks. Ketahui juga bahwa tubuh Anda akan memulih kembali secara alami seperti sedia kala seiring waktu berjalan.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Suami Tiba-tiba Mengaku Gay, Apa yang Harus Saya Lakukan?

Suami akhirnya mengaku bahwa ia gay setelah Anda mencurigai tanda dan sikapnya selama ini. Apa yang bisa istri lakukan pada situasi ini?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph

Mengatasi Trauma Memulai Hubungan Baru Setelah Bercerai

Setelah bercerai, pasti banyak orang yang mengalami trauma dan takut memiulai hubungan baru. Bagaimana cara mengatasi trauma setelah bercerai?

Ditulis oleh: Novita Joseph

Tips Merawat Bekas Luka Operasi Caesar (Sesar) di Rumah

Metode sesar dilakukan untuk menjamin keselamatan Ibu dan si Kecil. Tak hanya kesehatan si Kecil, Ibu juga perlu merawat bekas operasi sesar di rumah.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Melahirkan, Kehamilan 22/01/2020

5 Tanda-Tanda Anda Tidak Cinta Lagi Dengan Pasangan

Sudah lama menjalin hubungan dengan dia dan kini merasakan tanda sudah tidak cinta lagi? Simak apa saja tanda cinta Anda ke dia mulai pudar.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph

Direkomendasikan untuk Anda

air mani keluar saat puasa

4 Cara Mencegah Keluar Air Mani Saat Puasa

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 17/05/2020
menu puasa untuk ibu hamil

Menu Wajib Saat Puasa untuk Ibu Hamil

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 17/05/2020

Hal yang Perlu Diketahui dan Dipersiapkan saat Lahiran Caesar Kedua

Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 04/04/2020
tanda-tanda selingkuh

6 Tanda Pasangan Anda Selingkuh

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 17/02/2020