Berhubungan Seks Setelah Operasi Caesar, Wajarkah Bila Sakit?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 5 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Pada umumnya Anda dan pasangan sudah boleh kembali berhubungan seks sekitar 3-6 minggu setelah melahirkan. Walau demikian, beberapa wanita mungkin enggan melakukan seks setelah melahirkan dengan operasi caesar. Untuk sebagian wanita, hubungan seks setelah operasi caesar bisa terasa sakit selama beberapa bulan bahkan setelah mendapatkan lampu hijau dari dokter. Apa alasannya?

Kenapa hubungan seks setelah operasi caesar bisa terasa sakit?

Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam BJOG, jurnal internasional seputar obstetri dan ginekologi, menunjukkan bahwa wanita yang menjalani operasi caesar lebih sering mengalami nyeri saat berhubungan seks dalam 18 bulan pertama setelah melahirkan.

Studi ini tidak membuktikan operasi caesar sebagai penyebab tunggal dari rasa sakit saat berhubungan seks pasca melahirkan. Namun dr. Arun Gosh dari klinik Liverpool Spire One berpendapat bahwa penyebab merasa sakit saat berhubungan seks setelah menjalani operasi caesar berbeda-beda setiap orang. .

Pasca operasi caesar, rahim yang tadinya berkontraksi dan membesar akan kembali ke ukuran semula. Selama proses pemulihan ini rahim Anda mungkin dapat mengalami luka sehingga Anda lebih berisiko untuk membentuk jaringan parut di sekitar rahim.

Anda juga lebih rentan terhadap infeksi karena leher rahim jadi sangat melebar setelah melahirkan, yang menjadikannya pintu masuk mudah bagi bakteri menyusup ke dalam rahim, meski tergolong jarang.

Ada juga masalah hormon yang mungkin akan Anda hadapi pasca operasi caesar. Bagi ibu yang melahirkan normal, tubuhnya akan menguras seluruh hormon yang telah menumpuk selama kehamilan. Perubahan hormon drastis ini kemudian dapat menyebabkan anorgasmia, yang berarti Anda tidak bisa orgasme terlepas dari stimulasi apapun yang Anda terima di daerah vagina.

Namun, ini bukan berarti ibu yang menjalani operasi caesar terbebas dari masalah yang sama. Pasca operasi caesar, keseimbangan hormon tubuh Anda tidak dipulihkan secara alami sehingga kesempatan Anda mengalami kesulitan orgasme justru akan lebih besar. Perubahan hormon jugalah yang membuat vagina terasa kering setelah melahirkan. Vagina yang kering saat melahirkan dapat membuat penetrasi terasa menyakitkan.

Selain menimbulkan rasa sakit, seks setelah caesar dapat membuati jahitan operasi terbuka kembali. Bagi beberapa perempuan, bekas jahitan berusia beberapa bulan masih terasa sakit ketika bergerak, bergesekan, atau bersentuhan dengan sesuatu. Maka, seks bisa jadi sedikit sulit kalau Anda masih merasakan sakit.

Kapan waktu yang tepat kembali berhubungan seks setelah operasi caesar?

Pasca operasi caesar, lumrah jika hubungan seks pada kali pertama Anda melakukannya mungkin terasa tidak senyaman biasanya. Ini merupakan hal yang normal terjadi pada semua ibu yang baru saja melahirkan — terlepas dari metode persalinan yang Anda lakukan.

Perubahan ini juga bukan berarti Anda harus sepenuhnya absen total dari hubungan seks. Dan lagipula, “Kehidupan seks kebanyakan perempuan kembali normal setelah melahirkan,” ungkap Idries Abdur-Rahman, M.D., spesialis kandungan bersertifikat, pada Self.

Jika Anda merasakan ketidaknyamanan  sehingga Anda jadi tidak bisa berhubungan seks pasca operasi caesar bahkan setelah enam sampai delapan minggu, konsultasikan dengan dokter Anda untuk menentukan apakah tubuh Anda sudah memulih dengan benar.

Untuk sementara itu, Anda bisa menyiasatinya dengan menggunakan pelumas seks, memperlama waktu foreplay, dan coba untuk lebih rileks bersama pasangan, jangan terlalu memaksakan diri untuk berhubungan seks. Ketahui juga bahwa tubuh Anda akan memulih kembali secara alami seperti sedia kala seiring waktu berjalan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Menghadapi 7 Kecemasan Ibu Hamil Menjelang Persalinan

Mendekati hari-H melahirkan, Anda mungkin jadi gugup dan takut. Hal ini wajar, tapi jangan sampai kecemasan ibu hamil menjelang persalinan bikin stres.

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kehamilan & Kandungan, Melahirkan, Kehamilan 10 September 2020 . Waktu baca 5 menit

Kenapa Banyak Pria Punya Fantasi Seks Bercinta Bertiga (Threesome)?

Pernah berkhayal bagaimana rasanya bercinta bertiga? Misalnya dengan dua wanita atau dua pria? Meski tabu, tak sedikit orang yang punya fantasi threesome.

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hidup Sehat, Seks & Asmara 1 September 2020 . Waktu baca 5 menit

Apakah Masturbasi Bisa Memengaruhi Nafsu Seks?

Benar tidak, bahwa masturbasi memengaruhi nafsu seks seseorang? Apa benar masturbasi lebih baik dilakukan sebelum berhubungan seks?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Seks & Asmara 27 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit

Yang Harus Dilakukan Pria Menjelang Malam Pertama

Malam pertama memang butuh persiapan untuk pria dan wanita. Lalu apa yang harus dilakukan pria menjelang malam pertama? Simak jawabannya di sini.

Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Seks & Asmara 20 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

hubungan suami istri terasa hambar

3 Hal yang Membuat Seks Tidak Lagi Terasa Memuaskan, dan Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 24 September 2020 . Waktu baca 4 menit
minum antidepresan saat hamil

Minum Antidepresan Saat Hamil, Boleh Atau Tidak?

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 24 September 2020 . Waktu baca 4 menit
korset perut setelah melahirkan

Perlukah Memakai Korset Perut Setelah Melahirkan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 23 September 2020 . Waktu baca 3 menit
mencuri waktu untuk berhubungan seks

Tips Mencuri Waktu Berhubungan Seks Setelah Punya Anak

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 14 September 2020 . Waktu baca 3 menit