Yang Perlu Diketahui Oleh Suami Istri Agar Hubungan Intim Makin Menggairahkan

Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 13 November 2020 . Waktu baca 12 menit
Bagikan sekarang

Seks adalah salah satu hal  penting dalam sebuah rumah tangga yang bahagia. Namun sayang, seiring bertambahnya usia pernikahan, kebanyakan pasutri justru makin jarang melakukan hubungan intim. Banyak hal yang mungkin memengaruhi ini, mulai dari stres pekerjaan, kelelahan beres-beres rumah, sampai kerepotan mengurus anak. Simak tips dan trik berikut ini agar kehidupan seks pasangan makin menggairahkan

Mari mengenal malam pertama, malam idaman para pasangan

Setelah menikah, para pasangan pada umumnya akan menantikan malam pertama. Malam mendebarkan ini penting untuk kelangsungan rumah tangga, terutama pada segi hubungan intim. Untuk memulainya, Anda perlu tahu bagaimana cara yang tepat untuk melakukannya.

Pertama, perlu diketahui bahwa seks adalah aktivitas yang intim. Oleh karena itu, cobalah untuk tidak terburu-buru saat hendak melakukan hubungan intim suami istri di malam pertama. Pendekatan sembari melakukan foreplay alias pemanasan, merupakan cara terbaik menuju keintiman dengan menikmati keindahan tubuh satu sama lain. Jangan lupa juga, pastikan Anda berdua dalam keadaan yang santai dan rileks.

Pemanasan ini bisa dilakukan dengan membelai, menyentuh, atau berciuman. Kebanyakan wanita senang mencium dan atau dicium dengan penuh gairah sehingga nanti dapat membuat Anda berdua semakin tenggelam dalam mood bercinta. Berciuman juga memicu keterikatan batin dan rasa keamanan antar dua emosi, yang mana bisa membantu seseorang tampil lebih baik di tempat tidur.

Melakukan penetrasi di malam pertama

Setelah hasrat dan mood sudah hadir, sekarang waktunya pasangan suami istri mulai mencoba melakukan penetrasi. Umumnya berhubungan seks yang paling umum adalah dengan melibatkan posisi wanita berbaring telentang dengan lutut yang sedikit menekuk (Anda bisa tempatkan bantal di bawah pinggul) dengan pria yang berbaring atau berlutut di atasnya, disebut sebagai posisi misionaris.

Posisi ini mungkin adalah yang paling mudah untuk dipilih oleh suami istri pengantin baru. Hal inipun berlaku jika Anda melakukan hubungan intim untuk pertama kalinya. Begitu Anda sudah mengenal tubuh masing-masing dengan lebih baik Anda dapat mencoba posisi yang berbeda di lain kali.

Saat berusaha memasukkan penis ke dalam lubang vagina, sangat wajar untuk pria menjadi tersesat dan akhirnya salah masuk lubang, terutama jika ini adalah pengalaman pertamanya. Penis yang hendak masuk ataupun salah sasaran, nyatanya bisa terasa menyakitkan bagi wanita.

Jangan lupa juga untuk memastikan penis ereksi maksimal dan Anda berdua sedang sama-sama bergairah. 

Berapa kali idealnya pasangan suami istri harus melakukan hubungan intim?

Setelah malam pertama berhasil dilakukan, kini hubungan intim akan menjadi suatu rutinitas yang akan dilakukan suami istri untuk membangun ikatan batin keduanya. Hubungan intim boleh dilakukan kapan saja, tergantung kesepakatan. Namun idealnya, berapa kali suami istri harus sering melakukan hubungan intim?

Nah, dalam sebuah makalah tahun 2016, Amy Muise, Ph.D., seorang peneliti seks dari Departemen Psikologi di Universitas Toronto Mississauga di Kanada menjelaskan, bahwa kebahagiaan rumah tangga terkait erat dengan seberapa sering sepasang suami istri melakukan hubungan intim. Pada umumnya, Muise melaporkan bahwa pasutri yang berhubungan seks seminggu sekali atau lebih sering, lebih bahagia daripada mereka yang jarang berhubungan seks.

Tak jarang gairah hubungan intim suami istri akan menurun perlahan

Benarkah, gairah hubungan intim suami istri akan menurun? Ya, ini adalah hal yang lumrah. Seperti yang telah disinggung di awal tadi, banyaknya rutinitas seperti pekerjaan, mengurus anak (bila memiliki buah hati), hingga bawaan hormon bisa menyebabkan gairah hubungan intim suami istri menurun, tidak lagi sehangat malam pertama.

Gairah hubungan intim suami istri yang tidak lagi sehangat malam pertama ini juga bisa dipengaruhi oleh hormon, lho. Testosteron adalah hormon yang mendukung dan memengaruhi gairah seks. Seiring bertambahnya usia, kadar testosteron pria menurun, sehingga gairah seksnya berkurang. Kadar testosteron rendah ini bisa memengaruhi pria dan wanita.

Selain itu, beberapa penelitian telah menemukan, bahwa dorongan seks bisa hilang dan dialami seseorang yang memiliki hubungan jangka panjang. Anda atau pasangan memang masih saling mencintai dan masih ingin bersama, tapi tubuh Anda tidak membawa ke arah keintiman satu sama lain.

Jangan khawatir, itu normal, dan bisa diperbaiki jika Anda dan pasangan terus berusaha menemukan gairah keintiman seksual kembali.

gairah seks pria rendah

Bagaimana caranya mengatasi gairah seks yang menurun?

Wanita lebih cenderung mudah kehilangan gairah seksual seiring berjalannya waktu. Pada sebagian besar kasus, hal ini disebabkan oleh bertambahnya usia yang memengaruhi naik-turunnya hormon dan tingkat kepercayaan diri atas bentuk tubuhnya. Faktor lainnya yang mungkin ikut berperan termasuk stres, kehamilan dan melahirkan, mengurus anak, hingga penyakit kronis yang dimilikinya.

Di sisi lain, seiring bertambahnya usia, tak menutup kemungkinan pria pun dapat mengalami hal serupa dengan alasan yang sama. Hasrat seks yang menurun ini kemudian memengaruhi kemampuan suami-istri untuk saling memuaskan  satu sama lain di atas tempat tidur.

Berdasarkan berbagai penyebab yang sudah disebutkan di atas, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan gairah seks pasangan suami istri dalam jangka panjang. Mulai dari menjadwalkan hubungan seks di kalendar, menambah waktu foreplay dengan berpelukan atau sekadar bermesra-mesraan, hingga merencanakan makan malam romantis berdua.

Penelitian dari Indiana University menyatakan bahwa sepasang suami istri yang sudah tahunan menikah tetap bisa memiliki hubungan seks yang membahagiakan dan memuaskan jika dibarengi dengan komunikasi yang terbuka. Misalnya dengan, membicarakan fantasi seks apa yang ingin Anda coba di ranjang atau bagaimana Anda ingin mencoba posisi seks baru yang lain dari biasanya agar Anda berdua bisa mencapai klimaks yang memuaskan bersama-sama.

Ingat, kebahagiaan rumah tangga di luar dan di dalam kamar tidur bisa Anda capai dengan mengusahakannya bersama pasangan.

Tips agar gairah hubungan intim pasangan suami istri tetap terjaga

1. Kompromikan seks untuk menemukan kepuasan satu sama lain

Ketahui dan bicarakan daerah sensitif seksual Anda. Ketika Anda tahu apa yang Anda suka, Anda juga harus mengetahui daerah seksual pasangan. Untuk wanita khususnya, pria butuh arahan dalam membantu Anda mencapai orgasme, jadi jangan ragu memberikan instruksi.

Anda bisa memegang tangan pasangan dan mengarahkan kebagian tubuh Anda yang bisa memuaskan hasrat seksual Anda. Jangan lupa untuk melakukan hal serupa atau menanyakan kepada pasangan bagian mana yang ingin dipuaskan.

2. Coba gunakan pelumas

Pelumas adalah hal penting pada urusan ranjang, yang setiap wanita harus coba untuk meningkatkan kenikmatan seksual. Dalam beberapa kasus, bahkan mengurangi rasa sakit saat penetrasi.

Beberapa wanita mungkin menganggap bahwa saat ia menggunakan pelumas seks, ini tanda jika vagina mereka tidak bisa bekerja dengan baik (tak mampu menghasilkan pelumas alami). 

Nyatanya itu salah,  cairan vagina sebetulnya akan muncul tergantung bagaimana rangsangan itu dihasilkan. Jika tidak muncul, mungkin itu akibat kurangnya foreplay atau rendahnya gairah seksual yang dihasilkan.

Agar tidak mengecewakan pasangan apa salahnya Anda menggunakan pelumas, daripada harus menahan rasa sakit dan menghasilkan orgasme palsu. Dengan memakai pelumas, penetrasi Anda juga akan lebih nikmat dan menyenangkan bagi Anda dan pasangan.

3. Selalu ingat perasaan Anda untuknya

Ketika Anda memiliki hubungan emosional dengan pasangan seks Anda, kualitas hubungan seks Anda bisa menjadi lebih kaya dan lebih dalam. Fokus pada komitmen Anda satu sama lain, rasakan dan lihat diri Anda dan pasangan bukan hanya bersama-sama di tempat tidur, tetapi bersama-sama dalam hidup, dan itu akan meningkatkan gairah Anda. Kenikmatan seksual dan hubungan intim yang sehat akan terjalin antara Anda dan pasangan.

4. Berlatih senam alat vital bersama pasangan

Jika Anda merasa otot vagina mulai kendur atau orgasme Anda terlalu cepat, Anda bisa melakukan latihan senam kegel bersama pasangan. Untuk wanita, Anda bisa meminta bantuan oleh pasangan pria yang menopang panggulnya saat senam kegel dilakukan. Sedangkan untuk pria, Anda bisa berlatih menahan orgasme dengan bantuan jari jemari pasangan untuk menggenggam penis.

5. Lakukan sesuatu yang berbeda di ranjang

Seks yang sehat kadang tidak melulu harus dilakukan secara monoton, entah dari gaya, penampilan, ataupun lokasi bercinta. Ini bertujuan untuk menambahkan keintiman dan mengurangi jenuh pada seks yang monoton.

Cobalah gaya bercinta yang baru atau dengan berpenampilan seksi demi pasangan. Anda juga bisa melakukannya di dapur atau di kamar mandi untuk hubungan intim yang lebih liar.

seks setelah olahraga

6. Olahraga bersama

Dengan olahraga seperti lari, hiking, bersepeda, atau sekadar push up atau sit up bersama pasangan, Anda akan merasakan kedekatan dan jalinan yang lebih terbangun.

Coba untuk membantu menyemangati satu sama lain. Lihat hasil perubahan yang dilakukan dengan berolahraga bersama, Anda dan pasangan pantas untuk menikmati tubuh indah yang dibangun bersama.

7. Berpetualang di ranjang

Cara termudah untuk menambah gurih kehidupan hubungan seks Anda dan pasangan adalah untuk mulai mempelajari beberapa posisi seks baru. Untungnya ada banyak yang bisa Anda coba praktikkan.

Akan tetapi, hanya karena posisi tersebut tampak menggugah selera atau Anda perlu fleksibilitas tubuh setara manusia super untuk melakukannya, tak benar-benar berarti itu lebih memuaskan.

Tentu akan menyenangkan untuk bereksperimen satu-dua manuver seminggu sekali, tapi lama-kelamaan Anda akan menemukan banyak posisi seks yang lebih menyenangkan dan ampuh untuk mengobarkan gairah seksual Anda berdua yang ternyata lebih mudah untuk dipraktekkan.

Atau, sekalian saja pindahkan lokasi bercinta Anda! Di dapur atau saat mandi pagi bersama, misalnya, bisa menjadi pilihan yang baik bagi pasangan yang memiliki waktu sempit di pagi hari.

Seks di pagi hari tak hanya baik untuk suasana hati, tapi pria juga dapat tahan lebih lama dan keluar lebih kuat. Kadar testosteron memuncak dalam semalam, jadi di pagi hari, kebanyakan pria siap untuk lepas landas.

8. Temukan fantasi seksual

Setiap orang di muka bumi ini memiliki hal-hal tertentu yang dapat membuatnya sangat bergairah, yang mungkin bagi orang lain belum tentu demikian. Untuk beberapa pria, fantasi seksnya bisa berupa blowjob hingga melibatkan mainan seks.

Jika Anda memiliki salah satunya, Anda tak perlu malu karena ini adalah fetish Anda dan tentu saja hal yang lumrah. 

Malah, lebih baik lagi jika Anda dan pasangan sama-sama mencari tahu apa fantasi seksual yang dimiliki masing-masing kemudian mencobanya bersama. Tentu, ini akan menjadi hal baru dan menyenangkan bagi Anda dan pasangan.

Ini tidak berarti bahwa Anda harus segera memberi tahu pasangan Anda, “Aku ingin kamu terikat di ranjang dengan mata tertutup.” Anda harus hanya harus menemukan cara untuk membiarkan pasangan Anda tahu bahwa Anda ingin untuk mengeksplorasi fantasi seksual Anda.

Sebuah cara yang bagus untuk melakukan ini adalah untuk memberi tahu pasangan Anda bahwa hal-hal tersebut merupakan bagian penting dari fantasi Anda. Anda bisa mengatakan hal-hal seperti “Hei, semalam aku bermimpi seksi tentang kamu…” atau “Kadang ketika kita sedang bercinta, aku membayangkan kamu sedang…”

Jadi, jangan keburu sungkan mengungkapkan fantasi seks pada pasangan. Lain kali, gantian Anda yang mewujudkan fantasi seksnya supaya hubungan seks Anda dan pasangan semakin ‘panas’.

9. Seks oral

Seks oral adalah cara yang hebat untuk menambahkan bumbu-bumbu gairah di tempat tidur. Pria suka mendapatkan blowjob dari pasangannya untuk sejumlah alasan.

Selain menggairahkan, alasan mengapa seks oral begitu dicintai kaum pria adalah kebanyakan pria ingin menjadi pihak yang lebih dominan, sementara pasangannya lebih cenderung submisif, alias tunduk. Memberikan pasangan Anda blowjob, terutama dalam posisi berlutut adalah sebuah tindakan yang terkesan sangat patuh.

Jika Anda ingin memuaskan pasangan atau suami dengan blowjob, Anda bisa mempraktikkannya dengan tiga tips sederhana ini yaitu, lebih basah lebih baik, jangan hanya bergerak turun-naik, dan manjakan pula area di sekitar penisnya.

10. Komunikasi yang terpenting

Anda tentu tidak berhak marah jika pasangan Anda tidak pernah memanjakan Anda, misalnya, memijat punggung Anda atau mengajak Anda berkencan makan malam di luar jika Anda tidak pernah memberitahunya.

Salah satu alasan utama pria tidak berinisiatif untuk melakukan sesuatu karena mereka takut salah, ungkap Levkoff. Wanita harus mengerti bahwa pria juga merasa terbebani oleh segala stigma sosial yang ada. Oleh karena itu, permudah pekerjaan rumahnya dengan saling berbagi apa yang Anda dan si dia mau dan tidak sukai.

Pasangan yang aktif mendiskusikan tentang apa yang mereka inginkan di ranjang melaporkan kepuasan lebih di kehidupan seksnya, ungkap sebuah studi dalam Journal of Social and Personal Relationships, dilansir dari Business Insider.

Selain itu, mereka yang berbicara tentang seks saat turut berpartisipasi dalam tindakan tersebut merasa lebih puas secara seksual. Jika Anda masih ragu untuk membicarakan apa yang Anda inginkan, mulai dengan isyarat non-verbal untuk memberikan petunjuk untuk pasangan Anda tentang keinginan Anda.

Kalkulator Masa Subur

Ingin Cepat Hamil? Cari tahu waktu terbaik untuk bercinta dengan suami lewat kalkulator berikut.

Kapan Ya?
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Untuk Para Suami, Ini 10 Trik Memanjakan Istri Agar Lebih Bergairah

Pasangan Anda belum cukup luwes dan percaya diri saat berhubungan intim? Tenang, ini dia berbagai cara merangsang istri yang ampuh dan penuh kehangatan.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Seks & Asmara 24 November 2020 . Waktu baca 5 menit

6 Penyebab Tubuh Anda Mengeluarkan Kentut

Kentut adalah hal yang normal terjadi. Tapi apa yang jadi penyebab tubuh mengeluarkan kentut? Lalu, kenapa kentut bau dan berbunyi?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Fakta Unik 24 November 2020 . Waktu baca 5 menit

Selain Catokan, Inilah Ragam Jenis Cara Meluruskan Rambut

Catokan kerap menjadi kewajiban yang rutin dilakukan. Bagaimana cara meluruskan rambut yang baik agar rambut tetap sehat?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Perawatan Rambut & Kulit Kepala, Kesehatan Kulit 24 November 2020 . Waktu baca 7 menit

Rambut Kering, Bagaimana Cara Ampuh Mengatasinya?

Rambut kering memang bikin penampilan terlihat kusam. Mari simak cara mengatasi rambut kering menggunakan 5 bahan alami pada penjelasan di sini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Perawatan Rambut & Kulit Kepala, Kesehatan Kulit 24 November 2020 . Waktu baca 8 menit

Direkomendasikan untuk Anda

gingsul, salah satu jenis maloklusi

Fakta Seputar Gigi Gingsul yang Harus Anda Tahu

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 25 November 2020 . Waktu baca 6 menit
manfaat bengkoang

Tak Hanya Memutihkan Kulit, Ini 6 Manfaat Bengkoang Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 25 November 2020 . Waktu baca 4 menit
diet tanpa sayur

5 Cara Diet Tanpa Sayur yang Aman untuk Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 25 November 2020 . Waktu baca 3 menit
manfaat teh chamomile

6 Khasiat Teh Chamomile yang Baik Bagi Tubuh

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 25 November 2020 . Waktu baca 3 menit