Tidak ada yang lebih memalukan dan bikin panik dari penis yang tiba-tiba ereksi di tempat umum. Padahal, Anda memang sedang tidak terlibat dalam aktivitas seksual tertentu. Kenapa penis bisa ereksi spontan meski sedang tidak bergairah, dan bagaimana cara mengatasinya? Intip jawabannya di artikel ini.

Kenapa penis bisa tiba-tiba ereksi, padahal sedang tidak terangsang?

Penis tidak hanya akan ereksi saat sedang terangsang saja. Pada kebanyakan kasus, penyebabnya adalah perubahan kadar hormon testosteron yang dianggap oleh otak sebagai sinyal untuk mengalirkan darah ke area panggul laki-laki.

Kadar hormon tubuh bisa meningkat kapan saja tanpa Anda bisa kendalikan secara sadar. Begitu pula dengan aliran darah Anda, yang juga diatur oleh otak dan jantung tanpa pernah Anda sadari.

Itu sebabnya kenapa pria bisa saja mengalami ereksi spontan saat sedang makan, tidur, atau bahkan berkendara di transportasi umum menuju kantor. Ini adalah hal yang wajar dan tidak perlu dikhawatirkan, bukan lantas artinya Anda punya otak mesum. Jika hal ini terjadi, tandanya kadar testosteron Anda tinggi dan aliran darah ke penis lancar.

ereksi tidak keras

Cara mengatasi ereksi spontan di tempat umum

Pada situasi, waktu, dan kondisi yang tepat, ereksi bisa dihentikan dengan cara ejakulasi. Namun tentu cara ini tidak pantas dilakukan jika Anda mengalami ereksi spontan di tempat umum. Berikut beberapa cara lain yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi ereksi yang tiba-tiba muncul tanpa diundang:

1. Mengalihkan pikiran

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk menghentikan ereksi spontan ialah dengan mengalihkan pikiran.

Tarik dan hembuskan napas perlahan beberapa kali sambil mencoba memikirkan hal-hal yang membosankan, menyebalkan, atau aneh. Misalnya bangkai tikus, macetnya jalanan tadi pagi, atau teman kantor yang menyebalkan.

Menjaga pikiran Anda tetap sibuk dapat membantu mengatasi ereksi yang tidak diinginkan.

2. Bersikap tenang

Sebisa mungkin tetap tenang agar Anda tidak semakin panik memikirkan ereksi tersebut. Jika memungkinkan, cari tempat duduk untuk memberi Anda kesempatan menenangkan diri dan mengalihkan pikiran dari ereksi tersebut.

Untuk mengurangi rasa malu, Anda dapat menutupi ereksi dengan jaket, kemeja, atau apapun benda yang ada di dekat Anda yang sekiranya memungkinkan untuk digunakan. Ingat, mungkin ereksi ini terasa sangat jelas terlihat bagi Anda, tapi orang lain mungkin tidak menyadarinya. Panik justru akan menarik perhatian orang-orang di sekitar pada kondisi Anda.

3. Bergeraklah

Jika tidak mungkin untuk duduk santai, teruskan saja menggerakkan tubuh. Misalnya dengan menggeser posisi berdiri atau jalan kaki. Jika memungkinkan, letakkan tangan di saku celana Anda dan posisikan penis yang sedang ereksi agar tidak terlalu terlihat.

Melakukan peregangan ringan pada otot paha dan bokong juga membantu melemaskan ereksi spontan. Anda bisa menggerakkan paha dengan gerakan menutup dan membuka. Lakukan hal ini minimal 10 detik. Ulangi terus jika belum ada perubahan.

Ketika Anda berjalan kaki atau melakukan aktivitas fisik, jantung akan memusatkan aliran darah ke bagian tubuh yang lebih membutuhkan, seperti kaki, otak, dan paru-paru sehingga penis yang tadinya ereksi (karena dipasok darah) bisa kembali lemas.

4. Pergi ke kamar mandi

Cari kesempatan untuk pergi ke kamar mandi tanpa jadi sorotan orang lain, untuk berejakulasi. Cara ini paling aman untuk menghindari rasa malu kalau Anda ketahuan mengalami ereksi spontan di tempat umum. Atau, Anda bisa coba untuk buang air kecil. Biasanya setelah buang air kecil, penis akan jadi lebih lemas.

5. Mandi

Jika waktu memungkinkan untuk Anda sempat menahan ereksi spontan tersebut sampai tiba di rumah, tanpa ketahuan orang lain, beruntunglah. Di rumah, atau di tempat tujuan Anda, sempatkan untuk mengguyur tubuh dengan air dingin.

Mandi air dingin adalah salah satu cara klasik untuk menghilangkan ereksi spontan. Namun ternyata mandi air hangat juga sama efektifnya. Mandi air hangat bisa membantu tubuh jadi lebih rileks dan merangsang Anda untuk buang air kecil, yang bisa membantu menghilangkan ereksi.

Namun jika setelah semua usaha dilakukan, penis Anda tidak kunjung kembali lembek, konsultasikan ke dokter. Penis yang ereksi berjam-jam dan disertai rasa nyeri bisa jadi tanda priapismus.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca