Berbagai Cara Efektif yang Bisa Dilakukan untuk Mengatasi Ejakulasi Dini

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 10 Agustus 2020 . Waktu baca 13 menit
Bagikan sekarang

Ejakulasi dini adalah masalah seksual pria yang sangat umum ditemukan. Ada berbagai hal yang dapat menyebabkan pria bisa ejakulasi terlalu cepat dari yang diinginkan, mulai dari masalah psikologis hingga yang didasari oleh kondisi medis tertentuBanyak beragam iklan, pengobatan alternatif, maupun obat-obatan yang dijual, mengklaim bisa mengobati ejakulasi dini. Namun, apakah benar kalau ejakulasi dini bisa disembuhkan? Bagaimana cara mengatasi ejakulasi dini tanpa obat ataupun dengan obat?

Seberapa cepat ejakulasi harus terjadi sampai dikatakan ejakulasi dini?

Secara medis, seorang pria dewasa sehat rata-rata akan mengeluarkan air mani setelah kurang lebih lima menit dari rangsangan seksual pertama atau setelah penetrasi selama hubungan seksual. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ejakulasi dini adalah kondisi yang terjadi saat pria mengeluarkan cairan ejakulasi di luar kontrolnya saat ia belum merasa siap untuk ejakulasi.

Penting untuk diingat bahwa kecepatan waktu ejakulasi bisa berbeda antara satu pria dengan lainnya (atau bahkan pada pria yang sama di waktu dan kesempatan yang berbeda), tapi diagnosis klinis impotensi biasanya dilakukan jika rata-rata ejakulasi terjadi kurang dari 1-2 menit setelah penetrasi vagina.

Mengenal penyebab ejakulasi dini

Ada banyak penyebab ejakulasi dini, termasuk masalah kesehatan prostat, penggunaan obat resep, hingga beberapa kondisi medis, seperti diabetes dan stres kronis atau depresi.

Kondisi medis bukan satu-satunya penyebab impotensi. Nyatanya, ejakulasi dini alias impotensi adalah kondisi seksual yang jauh lebih umum daripada yang kita pikirkan. Impotensi merupakan masalah seksual yang paling sering dilaporkan pria di segala rentang usia yang dihadapi oleh sekitar 30 persen pria di seluruh dunia. Penuaan dikatakan sebagai faktor yang tak terelakkan dari impotensi.

Selain itu, beberapa pria sangat sensitif sehingga cenderung lebih mudah bergairah. Terlalu bersemangat atau bergairah memikirkan seks juga dapat menyebabkan ejakulasi dini.

Faktor-faktor psikologis di atas dapat memengaruhi pria yang sebelumnya bahkan memiliki ejakulasi normal menjadi mengalami disfungsi seks. Disfungsi seks dapat dialami terus-menerus seumur hidup.

mengatasi ejakulasi dini

Masalah medis yang dapat menyebabkan ejakulasi dini

Ketidakmampuan untuk mengontrol ejakulasi jarang diakibatkan oleh kondisi medis. Namun, beberapa kondisi medis yang mungkin dapat menjadi penyebab ejakulasi dini meliputi:

  • Impotensi.
  • Gangguan prostat.
  • Penyakit jantung.
  • Tekanan darah tinggi (hipertensi).
  • Kadar senyawa kimia dalam otak (neurotransmitter) abnormal.
  • Kadar hormon abnormal (masalah pada kelenjar tiroid).
  • Riwayat penyalahgunaan alkohol, zat, dan obat-obatan.
  • Kerusakan sistem saraf; oleh trauma atau bekas operasi.
  • Peradangan uretra.
  • Efek samping dari obat resep untuk kondisi tertentu.

Secara umum, sulit untuk menentukan akar penyebab ejakulasi dini. Pasalnya ada beberapa kemungkinan yang terjadi, mulai dari faktor psikologis, masalah struktur penis, atau justru kombinasi keduanya. Ejakulasi dini dapat melibatkan interaksi yang rumit dari faktor psikologis dan biologis.

Oleh karena itu, saat berkonsultasi dengan dokter mengenai masalah ini, dokter biasanya akan menanyakan seputar kehidupan seksual Anda bersama pasangan. Selain bertanya tentang kehidupan seks Anda, dokter juga akan bertanya tentang riwayat kesehatan. Untuk memastikan diagnosis, dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan fisik.

Jika Anda mengalami ejakulasi dini dan kesulitan mendapatkan atau mempertahankan ereksi, dokter Anda mungkin memerintahkan tes darah untuk memeriksa tingkat testosteron Anda atau tes lainnya.

Apakah ejakulasi dini bisa sebabkan kehamilan?

mencegah ejakulasi dini

Meski tak jarang menimbulkan masalah bagi pasangan yang sedang mencoba hamil, sebenarnya ejakulasi dini bukanlah penyebab langsung dari infertilitas, alias ketidaksuburan.

Waktu yang diperlukan untuk ejakulasi tidak terlalu penting selama adanya penetrasi vagina yang cukup. Jadi, kapan pun penis masuk ke dalam vagina saat hubungan seks tanpa pengaman dan selama ejakulasi terjadi di dalam vagina, akan selalu ada kemungkinan kehamilan. Pasalnya, air mani pria pada umumnya bisa mengandung hingga 100-200 juta sperma aktif per 2-5 ml cairan setiap kali ditembakkan ke dunia luar.

Nah, jutaan sperma yang biasanya ditemukan dalam air mani meningkatkan kemungkinan bahwa beberapa dari perenang handal ini akan sukses mencapai rahim, yang pada akhirnya hanya satu yang bisa membuahi sel telur wanita — bahkan jika pria menarik keluar sebelum ejakulasi.

Dalam kasus ejakulasi dini ekstrim di mana ejakulasi kelar terlalu dini sehingga mencegah cairan ejakulasi memasuki vagina, kesempatan hamil tergolong rendah. Walaupun begitu, tidak menutup kemungkinan terjadi kehamilan.

Adakah cara mengatasi ejakulasi dini yang efektif?

Dalam banyak kasus, ejakulasi dini sebetulnya bisa sembuh dengan seiring berjalannya waktu. Namun biasanya, cara mengatasi ejakulasi dini akan tergantung dari penyebabnya. Bila Anda mengalami ejakulasi dini dari dampak adanya penyakit, pengobatan ejakulasi terbaiknya adalah dengan mengobati penyakitnya terlebih dahulu.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba pengobatan berupa obat-obatan yang khusus diresepkan dokter. Sebelumnya mengatasi ejakulasi menggunakan obat-obatan, berikut merupakan beberapa hal yang bisa Anda lakukan sebagai cara mengatasi ejakulasi dini tanpa obat di rumah:

1. Masturbasi

sering ejakulasi

Masturbasi lebih awal merupakan salah satu cara alami mengatasi ejakulasi dini tanpa obat. Ini dilakukan dengan cara melatih masturbasi dengan berbagai variasi teknik yang dapat mengalihkan pikiran Anda untuk tidak cepat-cepat berejakulasi.

Caranya, alihkan pikiran Anda dari rangsangan yang ada. Lakukan tarikan napas 3-4 kali hembusan. Tetap alihkan pikiran Anda begitu merasa air mani mulai keluar. Anda juga bisa menunda orgasme dengan masturbasi 1- 2 jam sebelum berhubungan seksual.

Setelah Anda mulai bisa mengendalikan tubuh Anda, Anda dapat melanjutkan penetrasi seksual dengan tempo yang lebih cepat. Mulai cari lagi rangsangan tubuh pasangan Anda untuk membangkitkan gairah. Lakukan berulang, sampai waktu orgasme yang diinginkan tiba.

2. Latihan teknik squeezing

membantu suami sakit hepatitis

Cara mengatasi ejakulasi dini tanpa obat ini, tidak terlalu jauh berbeda dengan teknik tahan ejakulasi masturbasi di atas. Yang perlu Anda lakukan ketika Anda mulai merasa akan orgasme adalah mencabut penis dari vagina. Minta bantuan pasangan Anda untuk menggenggam penis.

Setelah digenggam, posisikan jempol menutupi lubang di mana sperma keluar, berikan sedikit remasan pada batang penis Anda. Anda juga bisa meremas penis bagian bawah secara lembut dengan berkala sampai hasrat orgasme Anda menurun.

3. Coba senam kegel

senam kegel untuk seks

Latihan senam kegel bisa membantu Anda sebagai cara mengatasi ejakulasi tanpa obat. Senam kegel bisa membuat Anda memiliki ejakulasi yang bertahan lebih lama berkat perbaikan aliran darah di daerah penis.

Perlu diketahui, senam ini tujuannya memperkuat otot penis, serta melatih menunda orgasme di waktu yang tidak diinginkan. Latihan ini juga dapat membantu mengontrol kemampuan Anda ketika akan orgasme, dan memberikan Anda stamina seksual yang lebih besar.

Pada awalnya teknik senam ini memang diperuntukan bagi wanita setelah melahirkan, guna mengencangkan otot-otot vagina seperti semula. Namun ternyata, tidak hanya wanita saja yang merasakan manfaatnya, pria pun demikian.. Senam ini memfokuskan gerakan pada otot panggul (pubococcygeus) agar terasa kencang.

Manfaat dari senam kegel pada  pria adalah untuk melatih penis dan seisinya menjadi lebih terkendali. Otot-otot dasar panggul yang mencakup bagian penis dan kandung kemih akan lebih sehat berkat latihan kegel, serta  memungkinkan orgasme yang lebih tahan lama.

4. Latihan pernapasan

gairah seks wanita

Cara alami mengatasi ejakulasi dini ini umumnya bukan cara yang melibatkan fisik, tetapi pikiran dan perasaan Anda. Agak sulit dan berat jika dilakukan. Pernapasan adalah kunci untuk mengendalikan seluruh tubuh Anda.

Pada saat penetrasi penis ke dalam lubang vagina dan Anda mulai merasakan orgasme, mulai pelankan tempo hentakan pinggul Anda. Alihkan pikiran Anda dari rangsangan yang telah ada, lakukan tarikan napas 3-4 kali hembusan. Tetap alihkan pikiran Anda sampai dirasa aliran sperma mulai menurun.

Setelah Anda bisa mengendalikan tubuh Anda, silahkan Anda lanjutkan penetrasi seksual dengan tempo yang lebih cepat. Mulai cari lagi rangsangan tubuh pasangan Anda untuk membangkitkan gairah. Lakukan berulang, sampai waktu orgasme yang diinginkan tiba.

5. Pakai teknik stop and start

hubungan seks

Anda bisa menggunakan cara mengatasi ejakulasi dini tanpa obat ini dengan bantuan pasangan wanita. Latihan ini baiknya anda diskusikan dan disepakati dulu dengan pasangan wanita demi menjaga mood seksualnya.

Caranya, saat penetrasi dan Anda merasa ingin orgasme, cabut penis Anda dari vagina, lalu cengkram kepala penis, jangan terlalu lembut dan jangan terlalu kencang. Setelah itu tekan, kepala penis ke arah kiri menggunakan jempol tangan Anda. Jika Anda telah merasa aliran sperma mulai melambat, tahan sebentar, lalu Anda bisa melanjutkan lagi penetrasi yang tertunda.

Dalam sekali berhubungan seksual, coba latih teknik ini 2-4 kali sampai pada waktu orgasme yang Anda inginkan. Ajak pasangan Anda berpartisipasi dalam teknik ini, untuk mencapai kepuasan seks bersama

Cara alami mengatasi ejakulasi dini yang dapat Anda coba

Selain beberapa menggunakan beberapa teknik dan cara mengatasi ejakulasi din tanpa obat di atas, Anda juga bisa menggunakan beberapa suplemen atau obat herbal yang bisa membuat ejakulasi Anda membaik.

Menurut dokter, penulis dan ahli gizi Ray Sahelian, seperti yang dikutip dari Livestrong, ada beberapa suplemen herbal yang bisa menjadi cara mengatasi ejakulasi dini tanpa obat. Berikut merupakan herbal dan suplemen yang dapat Anda coba:

1. Suplemen kava

Dr. Sahelian menyarankan untuk menggunakan 100 miligram kava sebelum melakukan hubungan seksual. Pasalnya, akar kava dan daunnya dapat meningkatkan aliran darah ke penis, sehingga bisa menghambat ereksi yang terlalu mudah keluar.

Sebagai cara alami mengatasi ejakulasi dini tanpa obat kimiawi, Anda bisa memperoleh kava yang diproduksi dengan sediaan pil atau bubuk untuk diseduh. Kava dipercaya bisa mempertahankan ereksi lebih lama.

2. Sari bunga kembang sepatu

Masih dikutip dari Livestrong, dokter Cytnthia Mervis menyarankan pria dengan ejakulasi dini untuk mengonsumsi herbal sari bunga kembang sepatu. Bunga kembang sepatu dipercaya sebagai cara mengatasi ejakulasi dini tanpa obat kimia karena kandungannya yang bisa memperbaiki mood atau suasana hati seseorang.

Seperti yang diketahui, bahwa stres juga bisa menjadi Anda mengalami ejakulasi terlalu cepat. Selain itu sari bunga kembang sepatu bisa meningkatkan gairah seks sembari mempertahakan ereksi yang lama pada pria.

3. Konsumsi suplemen graphite 12c

Suplemen graphite 12C yang dikonsumsi sebanyak dua hingga 4 kali sehari bisa membantu masalah ejakulasi dini yang Anda alami. Menurut ahli gizi Chris Meletis, suplemen graphite 12C ini dapat membantu mengatasi ejakulasi dini jika dikonsumsi secara rutin. Namun jangan terus mengonsumsi suplemen ini. Setelah kondisi Anda membaik, Anda dapat menghentikan penggunaan suplemen ini agar tidak terjadi efek samping serius.

4. Minum suplemen 5HTP

Cara mengatasi ejakulasi dini bisa dicoba dengan minum suplemen 5HTP (hydroxytryptophan) setiap hari. Menurut Dr. Sahelian, suplemen 5HTP adalah nutrisi alami yang bertanggung jawab untuk kesehatan seksual dan produksi serotonin.

Suplemen ini menekan dorongan untuk ejakulasi lebih cepat dari biasanya sambil meningkatkan stamina pria di ranjang. Anda bisa menemukan suplemen 5HTP ini di toko herbal ataupun apotek.

Gunakan suplemen multivitamin yang diformulasikan untuk pria ini setiap hari. Menggunakan suplemen multivitamin bersamaan dengan diet dan olahraga yang sehat dapat meningkatkan stamina dan kinerja seksual. Selalu konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum mencoba obat herbal untuk ejakulasi dini.

Anda bisa menggunakan beberapa obat berikut sebagai cara mengatasi ejakulasi dini

obat antinyeri sebabkan sakit lambung

1. Menggunakan obat antidepresan

Obat antidepresan kadang digunakan sebagai cara mengatasi ejakulasi dini yang umum. Cara ini biasanya menggunakan beberapa obat-obatan seperti clomipramine dan paroxetine. Keduanya digunakan karena salah satu efek sampingnya menghambat orgasme, yang mana juga dapat membantu menunda ejakulasi.

Kemudian ada tramadol, obat ini biasanya digunakan untuk mengendalikan rasa sakit ketika Anda hendak orgasme dan juga bisa digunakan untuk menunda ejakulasi.Banyak obat-obatan yang mungkin akan menunda orgasme, termasuk analgesik, dan inhibitor phosphodiesterase-5. Efek-efek samping termasuk mual, gangguan penglihatan sementara, pusing, mulut kering, dan penurunan libido.

2. Menggunakan krim atau obat-obatan tertentu

Selain obat-obatan, ada juga krim, gel, dan semprotan yang bisa digunakan sebagai cara mengatasi mengobati ejakulasi dini. Hal tersebut, berguna dengan cara mengurangi sensasi rangsangan yang bisa memperlambat orgasme.

Krim, gel atau semprotan tersebut  biasanya dioleskan ke penis sebelum bercinta. Benda-benda tersebut biasanya mengandung lidocaine. Tapi sayangnya, cara ini bisa memengaruhi pria dengan mengurangi sensasi rangsangan maksimal dari pasangan wanitanya.

Krim anastesi dan spray yang mengandung bahan yang membuat mati rasa, seperti lidocaine atau prilocaine, terkadang digunakan untuk mengobati ejakulasi dini. Produk-produk ini digunakan pada penis sesaat sebelum berhubungan seksual untuk mengurangi sensasi dan membantu menunda ejakulasi.

Meskipun anastesi topikal efektif dan diterima dengan baik, namun kemungkinan memiliki potensi efek-efek samping. Misalnya, beberapa pria melaporkan kehilangan sensitivitas sementara dan kurangnya kenikmatan seksual.

3. Konseling ke terapis seks

Ejakulasi dini umumnya akan berimbas pada kenikmatan seks dan hubungan pribadi antar Anda dan pasangan. Sebagai cara mengatasi ejakulasi dini tanpa obat, ada baiknya Anda ajak pasangan untuk berkonsultasi dengan terapi.

Di sana, Anda dan pasangan akan disuruh bercerita dan menumpahkan keluh kesah mengenai hubungan dan pengalaman Anda terkait ejakulasi dini yang dialami pria.

Nantinya, konselor juga memiliki cara yang dapat membantu untuk mengurangi kecemasan kinerja dan juga untuk membantu Anda mengatasi stres, jika memang stres penyebab ejakulasi dini terjadi.

4. Menerapkan gaya hidup sehat

Bagi beberapa pria, menghentikan atau mengurangi konsumsi alkohol, tembakau dan menerapkan gaya hidup sehat, dapat memperbaiki seberapa baik mereka dapat mengendalikan ejakulasi yang terlalu cepat.

Makan juga makanan afrodisiak yang bisa meningkatkan stamina seperti teh hijau, coklat dan ginseng yang bisa membuat aliran darah ke penis lancar dan sekspun terasa nikmat.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"

Yang juga perlu Anda baca

5 Hal yang Harus Anda Lakukan Ketika Menyaksikan Bullying

Anda sering melihat bullying tapi tidak tahu harus berbuat apa? Anda ingin menolong korban tapi takut? Cari tahu di sini apa yang harus Anda lakukan!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Hidup Sehat, Psikologi 24 September 2020 . Waktu baca 5 menit

Apakah Posisi Kencing Berdiri Berbahaya untuk Kesehatan?

Kencing dengan posisi berdiri kerap dilakukan pria, tapi mereka yang mengidap gangguan saluran kemih justru dilarang. Apa alasannya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Urologi, Kandung Kemih 24 September 2020 . Waktu baca 5 menit

Kenapa Cuaca Dingin Bikin Rematik Kumat dan Bagaimana Mengatasinya?

Istilah 'dingin sampai menusuk tulang' bisa terjadi pada penderita rematik Nyeri sendi akibat rematik kambuh bisa disebabkan oleh cuaca, bagaimana bisa?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Tips Sehat 24 September 2020 . Waktu baca 3 menit

Terapi Urine dengan Minum Air Kencing, Benarkah Efektif?

Terapi urine dengan minum air kencing yang terdengar menjijikkan telah dipercaya sejak berabad-abad lalu. Apakah manfaatnya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Urologi, Kandung Kemih 23 September 2020 . Waktu baca 8 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cedera kaki pakai tongkat kruk

Begini Cara Menggunakan Tongkat Kruk yang Benar Saat Sedang Cedera Kaki

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 28 September 2020 . Waktu baca 4 menit
psoriasis kuku

Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasi Psoriasis pada Kuku

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 28 September 2020 . Waktu baca 7 menit
ensefalopati uremikum

Ensefalopati Uremikum, Komplikasi Gangguan Ginjal yang Menyerang Otak

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 25 September 2020 . Waktu baca 4 menit
hubungan suami istri terasa hambar

3 Hal yang Membuat Seks Tidak Lagi Terasa Memuaskan, dan Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 24 September 2020 . Waktu baca 4 menit