Hindari 6 Kebiasaan Sepele yang Bisa Bikin Hubungan Renggang

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Melakukan kekerasan verbal, ketahuan berbohong, hingga selingkuh, merupakan sebagian kecil penyebab hubungan renggang yang bahkan bisa sampai membuat Anda dan pasangan berpisah. Namun selain itu, nyatanya ada berbagai kebiasaan sehari-hari yang cenderung “tidak nampak” tapi berpengaruh besar terhadap keharmonisan jalinan hubungan Anda berdua, lho! Nah, agar hubungan tetap adem ayem dan terhindar dari konflik, sebaiknya hindari aktivitas sepele berikut ini. Apa saja, ya?

Beragam hal sepele yang tidak disadari jadi penyebab hubungan renggang

Pasangan mana yang tidak ingin punya hubungan yang bahagia, langgeng, dan jauh dari prahara? Sayangnya, Anda tidak bisa memperoleh hal itu secara cuma-cuma. Maka itu, mulai sekarang coba hindari beberapa hal sederhana ini yang ternyata dapat merusak keintiman hubungan Anda, ya!

1. Tidak fokus

cara kompromi dengan pasangan

Punya kebiasaan lirik sana sini saat bersama pasangan, atau mata yang tidak fokus ketika diajak bicara, sekilas tampak sangat sepele dan mungkin tidak akan menjadi masalah besar.

Sekali dua kali masih terlihat tidak masalah. Namun bila terlalu sering bahkan terjadi setiap kali Anda bersama, maka sikap yang satu ini bisa jadi tanda bahwa Anda tidak menghargai keberadaan pasangan saat itu.

Diperkuat oleh penuturan dari Alena Gerst, LCSW, seorang psikoterapis asal New York, bahwa mata yang sulit fokus merupakan salah satu petunjuk kuat kalau hubungan tersebut mungkin tidak akan bertahan lama. Alasannya karena Anda dinilai tidak menganggap penting apa yang sedang dibicarakan oleh pasangan.

2. Memilih diam dan tidak mengacuhkan pasangan

bertengkar dengan pacar

Wajar jika Anda memilih untuk diam dan butuh waktu sendiri dulu saat sedang marah, kesal, atau badmood. Entah karena kesalahan pasangan ataupun orang lain di sekitar Anda. Namun ingat, jangan sampai Anda terlalu lama mengabaikan pasangan sehingga membuatnya bingung dengan sikap Anda.

Terlebih jika ia sudah berusaha melakukan ini itu demi mengajak Anda bicara, tapi tak kunjung membuahkan hasil positif. Tentu Anda tidak ingin kebiasaan ini jadi penyebab hubungan renggang, bukan?

Bagaimanapun juga, ia adalah pasangan Anda. Tidak ada salahnya untuk selalu membicarakan padanya mengenai apapun yang sedang Anda rasakan. Siapa tahu dengan begitu, Anda berdua bisa menemukan jalan keluar yang terbaik tanpa harus merugikan salah satu pihak.

3. Kurangnya rasa ingin tahu terhadap keseharian pasangan

efek kurang percaya diri

Idealnya, setiap orang pasti punya keinginan untuk menggali lebih dalam mengenai diri orang terkasihnya. Dimulai dari hal kecil, seperti bertanya mengenai keadaannya hari ini, kegiatan yang sedang dan akan mereka lakukan, hingga berkaitan dengan pemikiran serta pendapat pribadi pasangan akan suatu hal.

Sebab, hubungan itu terdiri dari dua orang yang saling peduli dan menyayangi, bukan? Nah, dari sinilah Anda secara tidak langsung akan belajar mengenai kebiasaan sekaligus pola pikir orang terdekat Anda.

Jika Anda saja sudah terkesan tidak mau tahu tentang keseharian bahkan kehidupan pribadinya, bagaimana caranya Anda bisa membina suatu hubungan yang harmonis untuk jangka panjang?

4. Menghabiskan sebagian besar waktu bersama pasangan

Tidak sedikit orang yang terlena dengan jalinan asmaranya, sampai melupakan sosok orang-orang penting di sekelilingnya. Ya, intinya, orang seperti ini bisa tiba-tiba hilang dan menjauh dari teman, sahabat, hingga keluarganya hanya demi menghabiskan lebih banyak waktu bersama dengan pasangan mereka.

Jika Anda merasa sedang mengalami hal ini, coba introspeksi diri Anda kembali. Namun di sisi lain, kebiasaan ini justru akan menumbuhkan ketergantungan pada pasangan. Padahal, Anda masih memiliki orang-orang terdekat lainnya untuk berbagai suka dan duka.

Selain itu, lambat-laun Anda atau pasangan bisa saja merasa bosan dan jenuh karena terus-menerus menghabiskan waktu bersama. Akhirnya, tanpa sadar inilah penyebab hubungan renggang dan tidak harmonis lagi.

5. Sibuk dengan asumsi sendiri

hubungan tidak bahagia

Saat sedang dirundung emosi yang memuncak, Anda bisa dengan mudah diselimuti oleh pikiran-pikiran negatif mengenai pasangan. Lebih dari itu, Anda akan sulit berpikir jernih mengenai kemungkinan positif yang dilakukan pasangan.

Padahal belum tentu itu semua benar. Namun kenyataannya, Anda lebih memilih untuk percaya dengan asumsi sendiri tanpa bertanya atau membuktikannya langsung. . Kebiasaan sepele seperti ini yang bisa berujung pada keretakkan hubungan asmara yang telah Anda bina sejauh ini.

6. Memendam unek-unek dalam waktu lama

menjalin hubungan

Sudah bertahun-tahun lamanya menjalin hubungan, tapi Anda tak kunjung punya keberanian untuk menyalurkan unek-unek pada pasangan? Hati-hati, lama-lama ini bisa menjadi penyebab hubungan renggang dan tidak bertahan lama.

Banyak orang yang berpikir bahwa perasaan cinta mereka jauh lebih besar daripada unek-unek yang tersimpan dalam hatinya. Namun, alih-alih bisa mempertahankan kelanggengan hubungan bersama, Anda justru bisa merasa jenuh dan tersiksa dengan perasaan sendiri. Yang ada, cepat atau lambat emosi Anda bisa memuncak dan keluar dengan cara yang tidak terduga.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca