4 Tips Menahan Diri untuk Tidak Berlebihan Memikirkan Sesuatu

Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 10 November 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Apakah Anda salah satu orang yang suka overthinking alias memikirkan sesuatu secara berlebihan, termasuk hal-hal sepele? Jika Anda terlalu banyak berpikir sebelum bertindak dan pada akhirnya hanya melakukan sedikit hal, mungkin Anda termasuk orang yang overthinking. Overthinking mungkin baik karena artinya Anda memikirkan segala kemungkinan yang akan terjadi sebelum bertindak. Tapi, di lain sisi overthinking juga dapat merugikan Anda. Bagaimana cara mengatasi overthinking?

Mengapa overthinking merugikan?

Overthinking tentu merugikan karena hanya membuang-buang waktu Anda saja. Bukan hanya waktu, energi Anda juga terkuras dan hal ini juga mencegah Anda untuk melakukan banyak hal. Terlalu banyak memikirkan satu hal juga dapat membuat Anda terlalu khawatir. Pada akhirnya, overthinking dapat menyebabkan Anda mengalami kecemasan dan kehilangan kedamaian dalam diri Anda.

Otak dan pikiran hanya akan dihantui dengan perasaan benar atau tidak yang sudah atau akan Anda lakukan. Bukannya memikirkan solusi atau pilihan apa yang terbaik untuk Anda. Anda hanya akan terjebak dalam pikiran dan ini akan membatasi Anda berbuat sesuatu.

Bagaimana cara untuk mengatasi overthinking?

Dihantui oleh pikiran tentang sesuatu memang sangat tidak nyaman. Anda hanya membatasi diri Anda untuk berkembang. Oleh karena itu, mulai sekarang stop overthinking! Mulailah untuk lebih banyak mengambil tindakan.

Ikuti tips ini untuk membantu Anda berhenti memikirkan terlalu banyak hal:

1. Tulis sesuatu yang sedang Anda pikirkan

Jika hanya Anda pikirkan terus, pikiran akan menjadi tambah banyak. Jadi, apa salahnya jika Anda mencoba untuk menuliskan segala sesuatu yang ada di pikiran Anda ke dalam secarik kertas. Ini akan banyak membantu Anda dan meringankan beban pikiran Anda. Dengan menulis masalah Anda atau langkah apa yang akan Anda ambil, siapa tahu Anda akan menemukan solusi atau pilihan yang Anda akan ambil. Menulis setiap pikiran Anda sebelum Anda tidur mungkin adalah ide yang baik. Hal ini juga dapat membuat Anda tidur lebih nyenyak.

2. Lakukan sesuatu hal atau aktivitas yang menyenangkan Anda

Anda butuh mengistirahatkan pikiran Anda dari sesuatu yang menyita energi dan waktu Anda. Anda mungkin perlu untuk melakukan hobi Anda yang menyenangkan diri Anda. Hal ini dapat membantu dalam mengalihkan pikiran Anda sejenak terhadap suatu hal yang bisa me-refresh otak Anda.

Mungkin Anda bisa melakukan olahraga. Ya, olahraga dapat membantu membebaskan pikiran Anda dari pikiran yang negatif. Dengan berolahraga, Anda tidak hanya menyegarkan tubuh Anda, tetapi juga otak Anda. Tidak perlu dilakukan dalam waktu alam, 10-30 menit saja mungkin cukup.

3. Tetapkan batas waktu untuk diri Anda mengambil keputusan

Cara yang paling mudah untuk menghentikan overthinking adalah dengan menetapkan batas waktu bagi diri Anda untuk berpikir dan kapan Anda sudah harus menetapkan suatu keputusan bagi diri Anda. Terlalu banyak berpikir tanpa ada titik kejelasan hanya akan membuang-buang waktu dan energi Anda.

Diperkirakan, manusia memiliki sekitar 70.000 pikiran setiap hari dan 90% di antaranya adalah pikiran yang sama seperti yang kita pikirkan di hari sebelumnya. Sehingga, memikirkan hal yang sama setiap hari, ini hanya akan membuang waktu Anda. Anda harus cepat mengambil keputusan untuk diri Anda dan segera bertindak untuk mengetahui hasilnya.

4. Perbanyak ambil tindakan

Ini adalah yang paling penting sekaligus mungkin yang paling sulit. Namun, jika Anda ingin mengubah hidup Anda, Anda perlu mengambil tindakan sekarang juga. Jika Anda hanya berpikir, ini tidak akan membuahkan hasil. Membicarakan hal ini mungkin mudah, tapi praktiknya yang susah. Namun, Anda harus memotivasi diri Anda sendiri.

Mulailah dengan tindakan kecil saja dulu, tapi rencanakan target Anda. Mulai dengan pertanyaan, “apa yang telah saya lakukan hari ini untuk mencapai target saya?”. Tanyakan hal tersebut pada diri Anda setiap hari. Mungkin hal ini dapat membantu. Beranikan diri Anda untuk mengambil tindakan, walaupun kecil. Satu lagi, jangan terlalu banyak memikirkan pendapat orang lain tentang Anda. Setuju?

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kenapa Berat Badan Turun Drastis Saat Sedang Depresi?

Salah satu tanda seseorang sedang depresi biasanya adalah berat turun drastis. Tapi berat badan turun saat depresi ini bukan hanya karena tak nafsu makan.

Ditulis oleh: Theresia Evelyn
Hidup Sehat, Psikologi 22 November 2020 . Waktu baca 4 menit

Tiba-tiba Keluar Air Mani Padahal Tidak Terangsang, Kok Bisa?

Sedang berada di tempat umum, tiba-tiba keluar air mani? Padahal Anda tidak sedang bergairah atau berpikiran mesum. Nah, ini dia penjelasan dari para ahli.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Seks & Asmara, Fakta Unik 17 November 2020 . Waktu baca 4 menit

Mengenali Ciri-Ciri Psikopat di Sekitar Anda

Pada kesan pertama, psikopat umumnya terlihat menawan, senang bersosialisasi, peduli, dan ramah pada orang lain. Apa lagi ciri-ciri psikopat pada umumnya?

Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Hidup Sehat, Psikologi, Fakta Unik 10 November 2020 . Waktu baca 7 menit

Alasan Psikologis Mengapa Pria Lebih Sulit Menangis Dibanding Wanita

Perempuan identik lebih mudah untuk menangis dan mengeluarkan air mata dibanding laki-laki. Apa yang membuat seorang pria sulit menangis? Baca di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Hidup Sehat, Fakta Unik 29 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

memiliki alter ego

Apa Itu Alter Ego? Apakah Sama Dengan Kepribadian Ganda?

Ditulis oleh: Theresia Evelyn
Dipublikasikan tanggal: 29 November 2020 . Waktu baca 4 menit
akibat sering main hp

4 Jenis Gangguan Kesehatan Akibat Terlalu Sering Bermain Smartphone

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 26 November 2020 . Waktu baca 4 menit
makanan terbaik untuk kesehatan jiwa

5 Makanan Terbaik untuk Menjaga Kesehatan Jiwa

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 26 November 2020 . Waktu baca 4 menit
komunikasi dengan anak

Kenapa Orangtua Wajib Rutin Berkomunikasi Dengan Anak?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 24 November 2020 . Waktu baca 4 menit