Orang dengan Kepribadian Ambivert Ternyata Memiliki 2 Keuntungan Ini

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 14/10/2019
Bagikan sekarang

Menjadi ambivert artinya Anda memiliki kepribadian campuran antara intorvert dan ekstrovert. Maksudnya, Anda lebih cenderung mengarah kepada kedua kepribadian tersebut berdasarkan situasi tertentu. Maka itu, ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh ambivert yang memengaruhi kehidupan mereka. Apa saja?

Apa itu kepribadian ambivert?

kepribadian ambivert

Seseorang dengan kepribadian ambivert biasanya mudah berbaur layaknya seorang ekstrovert, tetapi juga pintar untuk menyendiri dan tidak berbicara banyak seperti introvert.

Nah, di sinilah mereka memiliki keuntungan yang dapat memengaruhi hidup mereka. Tahun 2013 lalu terdapat sebuah penelitian yang melihat hubungan antara kepribadian ekstrovert dengan bakat untuk menjual barang.

Banyak orang yang percaya ketika menyangkut menawarkan barang, orang ekstrovert dinilai ahli dalam bidang ini. Kenyataannya, ambivert justru lebih mahir.

Hal tersebut dikarenakan mereka dapat berbicara dengan baik, sekaligus menjadi pendengar yang baik. Oleh karena itu, ketika dikaitkan dengan bidang penjualan, ambivert lebih bisa mendengarkan apa yang diinginkan pelanggan tanpa terlihat terlalu bersemangat.

Itu sebabnya, dapat disimpulkan bahwa ambivert merupakan kepribadian antara introvert dan ekstrovert.

Ciri-ciri karakter ambivert

punya banyak teman

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tidak semua orang dapat dikategorikan sebagai introvert dan ekstrovert. Di antara kedua kepribadian itu, terselip kepribadian ambivert.

Tanda-tanda di bawah ini bisa mengindikasikan bahwa Anda adalah seorang ambivert. 

  • Pendengar sekaligus pembicara yang baik karena tahu kapan harus berbicara dan kapan waktunya untuk diam dan mendengarkan orang lain. 
  • Dapat bersosialisasi dan menyendiri tergantung pada situasi. 
  • Mudah untuk berempati, tetapi juga pemberi solusi. 

Kelebihan menjadi seorang ambivert

Orang yang mempunyai karakter ambivert posisinya berada di tengah-tengah, yaitu antara introvert dan ekstrovert. Maka itu, mereka mempunyai sifat yang unik dan dapat mengambil keuntungan dari kedua kepribadian tersebut dan menerapkannya pada situasi tertentu. 

Ini dia beberapa kelebihan yang dimiliki oleh ambivert.

Memiliki hubungan yang lebih sehat dan stabil

memiliki minat dan kesamaan dengan pasangan

Salah satu keuntungan dari seorang ambivert adalah mereka mempunyai hubungan yang lebih stabil, baik itu antara teman maupun pasangan mereka. 

Hal tersebut dikarenakan mereka dapat mendengarkan sekaligus bersosialisasi dengan baik di khalayak umum. Selain itu, orang dengan karakter ambivert lebih fleksibel dan stabil secara emosional, sehingga ketika menghadapi sebuah masalah dalam hubungan, mereka cenderung menjadi penengah. 

Mempunyai sistem manajemen yang baik

merasa diawasi meningkatkan fungsi otak

Sebenarnya, baik introvert maupun ekstrovert sama-sama bisa menjadi atasan yang baik, tetapi dengan cara yang berbeda tentunya. Artinya, keduanya akan memiliki gaya dan hasil yang berbeda tergantung seperti apa kepribadian mereka ketika bekerja dengan karyawan.

Hal ini dibuktikan melalui sebuah studi dari Harvard Business Review yang meneliti tipe atasan mana yang lebih baik, introvert atau ekstrovert. 

semangat kerja

Pada atasan dengan kepribadian ekstrovert, keuntungan perusahaan akan tinggi ketika mereka memimpin karyawan yang pasif. Artinya, atasan dengan model seperti ini lebih senang mengarahkan dan memberikan instruksi.

Di sisi lain, ketika mereka bekerja sama dengan karyawan yang aktif, keuntungan perusahaan menurun karena pekerja tersebut lebih senang bekerja dengan metodenya sendiri. 

Maka itu, pekerja yang aktif biasanya akan lebih berkembang ketika memiliki atasan yang introvert. Atasan dengan karakter introvert biasanya lebih senang mendengarkan dan membantu karyawannya untuk mengenali potensi mereka. 

Jika Anda memiliki atasan yang ambivert, biasanya mereka akan mengeluarkan sifat ekstrovert dan introvertnya berdasarkan kebutuhan karyawannya. Apakah mereka akan mengeluarkan sisi pengarah atau menjadi pendengar yang baik itu tergantung pada kepribadian karyawan mereka sendiri. 

Intinya, karakter ambivert memiliki kelebihan yang diperoleh dari dua kepribadian, yaitu introvert dan ekstrovert. Kedua kepribadian ini akan keluar tergantung pada jenis situasinya. Maka itu, ketika Anda atau orang terdekat bingung, mungkin saja ambivert adalah jawaban Anda selama ini.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Direkomendasikan untuk Anda

4 Tips Membangun Hubungan dengan Si Ambivert Agar Tetap Langgeng

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 18/10/2019
mengenal tipe kepribadian

3 Manfaat Mengenal Lebih Dalam Tipe Kepribadian yang Anda Miliki

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 07/10/2019
kepribadian ambivert

Apakah Anda Termasuk Orang Ambivert? Kenali 3 Cirinya

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 25/01/2019