5 Kunci Meredam Emosi dengan Cepat, Tepat, dan Tanpa Urat

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 24 Januari 2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Rasa kesal dan juga marah bisa datang kapan pun di mana pun. Pemicunya juga beragam, bisa karena kemacetan yang membuat Anda telat datang ke kantor atau karena cangkir kesayangan yang pecah karena tersenggol rekan kerja. Apapun penyebabnya, yang perlu Anda lakukan hanya satu, yaitu meredam emosi secepat dan sesegera mungkin agar kemarahan ini tidak melebar kemana-mana. Untuk itu, yuk cari tahu cara meredam emosi dengan cepat di ulasan berikut ini.

Kunci meredam emosi dengan cepat

Saat emosi memuncak, tekanan darah biasanya akan meningkat karena jantung memompa lebih cepat dan tak beraturan. Sehingga tak jarang Anda akan merasakan sakit kepala, nyeri di dada, dan sesak napas.

Nah, agar kemarahan Anda tidak sampai membawa pengaruh buruk untuk kesehatan fisik, Anda perlu mencari cara meredam emosi dengan cepat dan juga tepat. Berikut pilihan cara meredam emosi yang bisa Anda praktikkan sehari-hari:

1. Menarik napas dalam-dalam

latihan pernapasan

Menarik napas dalam-dalam adalah salah satu cara ampuh untuk meredakan emosi. Robert Nicholson, Ph.D., asisten dosen di Saint Louis University, Amerika Serikat, menyatakan saat marah tubuh menjadi tegang.

Untuk merilekskannya kembali dan menurunkan ketegangan ini, Anda perlu menarik napas dalam-dalam. Pasalnya, memasok oksigen lebih banyak ke dalam tubuh membantunya untuk melepaskan ketegangan.

Pejamkan mata secara perlahan lalu tarik napas dalam-dalam. Caranya dengan menghirupnya dari hidung dan mengeluarkannya secara perlahan dari mulut. Ulangi teknik meditasi sederhana ini sebanyak tiga hingga lima kali atau sampai Anda merasa jauh lebih baik.

2. Berjalan-jalan sejenak

gaya berjalan

Saat emosi sedang memuncak, cobalah untuk bangkit dari duduk dan berjalan-jalan sejenak menjauhi sumber kemarahan Anda. Olahraga bisa menjadi penghilang stres dan emosi yang cukup ampuh. Berjalan kaki termasuk olahraga ringan yang bisa menjadi pilihan untuk memancing tubuh melepaskan hormon endorfin atau yang disebut dengan hormon bahagia.

Dengan berjalan-jalan sejenak dan menjauh dari sumber kekesalan, Anda bisa berpikir lebih jernih. Selain itu, cara ini juga membantu Anda untuk menemukan pandangan-pandangan baru yang mungkin bisa menjadi solusi masalah yang sedang dihadapi. Tidak perlu berlama-lama, berjalan selama lima menit di ruangan terbuka sudah cukup bisa memberikan Anda ketenangan.

3. Menekan titik tertentu di tubuh

menumbuhkan rambut

Daniel Hsu, seorang ahli akupunktur dan pengobatan tradisional di New York menyatakan, menekan titik tertentu di tubuh bisa merilekskan sistem saraf. Saat marah dan juga stres, saraf akan menegang. Untuk dapat mengembalikannya pada kondisi normal, Anda perlu menekan titik-titik utama di kepala, wajah, dan tangan yang dekat dengan kumpulan saraf.

Cobalah tekan bagian dalam telapak tangan yang terletak di antara ibu jari dan telunjuk. Tekan secara perlahan dengan ibu jari dan rasakan sentuhannya. Diamkan selama kurang lebih 10 detik dan ulangi cara ini pada bagian tangan lainnya. Anda juga bisa menekan berbagai titik telapak tangan cukup dengan ibu jari.

4. Merilekskan otot-otot yang tegang

Untuk meredam emosi yang menguasai diri, Anda bisa merilekskan semua kelompok otot yang tegang. Cara yang satu ini sangat mudah dan bisa dilakukan kapan saja. Bahkan, latihan ini bisa melepaskan hampir semua ketegangan yang Anda rasakan di tubuh dalam hitungan detik. Dengan begitu, Anda jauh lebih tenang dan mampu menghadapi situasi dengan kepala dingin.

Caranya mudah, regangkan semua otot di tubuh dari mulai kepala hingga kaki. Misalnya, gerakkan bahu ke belakang perlahan, putar leher searah atau berlawanan jarum jam, lemaskan tungkai kaki dengan cara memutarnya. Selain itu, putar tubuh ke kanan dan ke kiri untuk merilekskan otot pinggul dan punggung Anda.

5. Nyalakan musik favorit yang menenangkan

manfaat musik

Tahukah Anda, ritme internal tubuh ternyata mengikuti irama musik yang sedang Anda dengar. Saat sedang marah, cobalah untuk mendengarkan musik dengan irama yang menenangkan agar tubuh juga secara tidak langsung mengikuti ritmenya. Dengan begitu, napas dan detak jantung Anda akan melambat kembali ke kondisi normal, bahkan lebih rileks dari sebelumnya.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Cara Agar Tak Melampiaskan Emosi Akibat Masalah di Kantor ke Kehidupan Pribadi

Ternyata, kesulitan untuk memisahkan urusan kantor dan pribadi dapat mempengaruhi cara Anda melampiaskan emosi yang disebabkan oleh pekerjaan.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Hidup Sehat, Psikologi 14 Juli 2019 . Waktu baca 4 menit

Jangan Mudah Tersulut, Begini Mengendalikan Emosi di Saat Pikiran Kalut

Emosi adalah perasaan alami di diri setiap orang, termasuk emosi negatif yang bisa hadir kapan pun. Agar tidak memuncak, coba cara mengendalikan emosi ini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 14 November 2018 . Waktu baca 4 menit

Pasangan Suka Marah-Marah dan Emosian? Mungkin 4 Hal Ini Penyebabnya

Punya pasangan yang suka marah-marah tentu bikin hati jadi jengkel. Eits, jangan balik emosi dulu, ya. Psstt.. cari tahu dulu penyebab pasangan marah disini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Hidup Sehat, Seks & Asmara 17 Oktober 2018 . Waktu baca 4 menit

Menghadapi Gejolak Emosional Ketika Pria Divonis Mandul

Siapa yang tidak sedih kalau divonis mandul? Untuk pria, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan Anda mandul. Lalu, bagaimana mengatasi rasa sedihnya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesuburan, Kehamilan 16 September 2017 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

anak sensitif mengelola emosi

Anak Terlalu Sensitif dalam Mengelola Emosi? Hadapi dengan 4 Trik Ini

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 22 Februari 2020 . Waktu baca 5 menit
alexithymia adalah

Mengenal Alexithymia, Kondisi yang Bikin Anda Susah Ungkapkan Emosi

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 16 Desember 2019 . Waktu baca 4 menit
cara menghilangkan rasa bersalah

Hilangkan Perasaan Bersalah yang Menguasai Pikiran Anda dengan 4 Cara Ini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 16 Oktober 2019 . Waktu baca 5 menit
mengendalikan emosi terhadap pasangan

Agar Tidak Mudah Tersulut, Begini 5 Cara Mengendalikan Emosi Terhadap Pasangan

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 7 September 2019 . Waktu baca 6 menit