Hati-hati, Kenali Tanda Luka Anda Telah Terinfeksi

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 19/04/2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Meski luka goresan kecil bisa sembuh dalam beberapa hari, Anda tentu sering mendengar anjuran untuk segera membersihkan sisa-sisa kotoran di sekitarnya terutama jika Anda terjatuh di luar ruangan. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menghindari infeksi pada luka yang bisa terjadi dalam 24-72 jam kemudian. Lantas, sebenarnya seperti apa tanda-tanda yang akan muncul ketika luka sudah terinfeksi?

Tanda-tanda luka yang telah infeksi

Bila luka segera ditangani dengan baik, biasanya goresan luka hanya membutuhkan waktu 2-3 hari untuk sembuh. Namun, berbeda jika sudah terinfeksi, intensitas rasa sakit dan kemerahannya malah akan memburuk dan tentunya membutuhkan waktu penyembuhan yang lebih lama.

Berikut adalah tanda-tanda yang harus Anda ketahui ketika luka mulai infeksi.

1. Perih yang tak kunjung menghilang

luka terasa perih

Terkadang ada luka-luka kecil yang begitu Anda sadari mulai terasa sakitnya, walau demikian rasa sakit tersebut hanya akan bertahan selama beberapa saat.

Namun, jika luka yang terasa perih tak kunjung menghilang dan bahkan malah makin menyiksa setelah beberapa jam kemudian, jangan abaikan dan segera cari penanganan karena bisa jadi nyeri tersebut merupakan tanda luka terinfeksi.

2. Warna kemerahan muncul di sekitar luka

Besar luka perlu dijahit

Sebenarnya warna kemerahan di sekitar luka merupakan sesuatu yang normal. Warna kemerahan tersebut juga bisa menjadi tanda penyembuhan. Meski demikian, Anda juga harus waspada ketika area kemerahan yang ada di kulit malah semakin melebar dengan cepat.

3, Keluar cairan kehijauan berbau tak sedap dari luka yang terinfeksi

penyebab luka memar

Pada kasus yang lebih parah, biasanya luka juga diikuti oleh munculnya lapisan berwarna kuning atau kehijauan. Keluarnya lapisan tersebut tidak selalu diartikan sebagai tanda bahwa luka telah infeksi, ada beberapa perbedaan yang harus diketahui dari keduanya.

Jika lapisan berwarna kuning keputihan, lapisan tersebut adalah jaringan granulasi, yaitu jaringan yang terbentuk selama proses penyembuhan luka. Nantinya jaringan tersebut akan matang dan menggantikan kulit yang lama.

Sedangkan jika lapisan yang keluar berwarna kehijauan dan berbau tidak sedap,  berarti lapisan tersebut merupakan nanah yang merupakan tanda infeksi.

4. Demam, pusing, dan lemas

pusing naik lift

Tanda luka yang terinfeksi ternyata tidak hanya muncul di sekitaran kulit, bahkan pada beberapa kasus juga bisa diikuti dengan perasaan tak enak badan yang terkadang disertai demam.

Hal tersebut bisa terjadi karena ketika infeksi menyebar, tubuh Anda akan berusaha melakukan perlawanan yang berdampak pada gejala sistemik seperti demam dan mual.

Bila Anda mengalami gejala ini beberapa saat setelah terluka, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

Ketika luka kena infeksi, apa yang harus dilakukan?

Dilansir dari Healthline, jika tanda infeksi yang muncul masih tergolong gejala sedang seperti adanya sedikit area yang berwarna kemerahan di sudut luka, Anda bisa melakukan perawatan sendiri di rumah.

Caranya, bersihkan luka terlebih dahulu dengan air hangat selama beberapa menit. Sebelumnya, Anda harus memastikan bahwa tangan dan peralatan yang digunakan sudah bersih. Gunakan air sabun untuk membersihkan kulit-kulit di sekitar luka dengan perlahan, hindari sentuhan air sabun langsung dengan luka.

Oleskan salep antibiotik secukupnya. Tunggu sampai obat agak kering, setelah itu tutupi dengan kain kasa atau perban. Ganti perban dan kain kasa sedikitnya satu kali dalam sehari.

Jika ada serpihan-serpihan kecil seperti tanah atau kerikil, gunakan pinset atau usap luka dengan lembut. Lain lagi jika serpihannya telah memasuki luka, Anda mungkin akan membutuhkan bantuan medis untuk membersihkannya.

Luka biasanya akan membaik setelah dibersihkan dengan cara yang tepat, tapi bila luka yang infeksi tak kunjung membaik atau menunjukkan gejala yang lebih parah sedari awal, segera periksakan diri ke dokter untuk segera mendapatkan penanganan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Langkah Tepat Membersihkan Luka Supaya Terhindar dari Infeksi

Luka pada tubuh sehabis jatuh dari motor atau teriris pisau harus dibersihkan dengan benar supaya tidak memicu infeksi. Begini cara tepat membersihkan luka.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Pertolongan Pertama, Hidup Sehat 11/03/2019 . Waktu baca 3 menit

Dermatix

Dermatix adalah obat oles untuk kulit. Cari tahu informasi tentang fungsi, dosis, cara pakai, dan Dermatix di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Obat A-Z, Obat-obatan & Suplemen A-Z 05/03/2019 . Waktu baca 8 menit

GOM (Borax Glycerine)

GOM adalah obat kumur. Cari tahu informasi tentang cara penggunaan, efek samping, keamanan, dan interaksi obat ini di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Obat A-Z, Obat-obatan & Suplemen A-Z 02/03/2019 . Waktu baca 7 menit

Thrombophob

Thrombophob adalah obat oles untuk memar. Cari tahu informasi tentang fungsi, dosis, efek samping, keamanan, dan interaksi obat Thrombophob di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Obat A-Z, Obat-obatan & Suplemen A-Z 06/02/2019 . Waktu baca 8 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cedera olahraga

10 Jenis Cedera Olahraga yang Paling Sering Terjadi

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 11/06/2020 . Waktu baca 8 menit
penanganan luka sesuai jenis

Jenis-jenis Luka dan Penanganan Pertama yang Sesuai

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 19/04/2020 . Waktu baca 5 menit
Konten Bersponsor
luka bakar knalpot atau setrika

Jangan Lakukan Ini pada Luka Bakar Knalpot Atau Setrika

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 01/06/2019 . Waktu baca 6 menit
benang operasi

Tak Seperti Benang Jahit Biasa, Berikut Bahan-Bahan Pembuat Benang Operasi

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 28/03/2019 . Waktu baca 5 menit