Sederet Cara Melancarkan Jadwal Haid Agar Kembali Teratur

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11/07/2019 . 10 menit baca
Bagikan sekarang

Setiap wanita memiliki siklus menstruasi yang berbeda. Normalnya, haid datang setiap 21-35 hari sekali. Haid disebut tidak teratur ketika jadwalnya datang lebih cepat atau lebih lama dari yang seharusnya. Untuk membantu melancarkan haid agar kembali normal, ada cara-cara yang bisa Anda lakukan.

Cara melancarkan haid yang tidak teratur

siklus menstruasi normal

Untuk melancarkan haid yang tidak teratur, cara pengobatannya sangat bervariasi. Mulai dari yang alami seperti perubahan gaya hidup sampai obat dokter.

Berikut berbagai pilihan cara memperlancar jadwal haid yang berantakan:

1. Istirahat cukup

Stres pikiran dan capek fisik bisa mengancaukan siklus haid yang tadinya normal. Haid bisa datang lebih cepat atau lebih lambat dari seharusnya. Anda bahkan mungkin saja haid dua kali dalam sebulan atau bahkan tidak sama sekali ketika sedang stres.

Obat paling mujarab untuk menghilangkan stres pikiran dan fisik adalah beristirahat. Hentikan kebiasaan begadang karena tidak membawa manfaat apa pun untuk tubuh.

Tidur cukup membantu tubuh dan pikiran lebih rileks, sekaligus menjaga kerja hormon pengatur menstruasi. Usahakan tidur selama 7 sampai 8 jam dalam semalam.

Supaya tidur lebih nyenyak, redupkan atau matikan lampu satu jam sebelum tidur. Kemudian, atur suhu kamar agar tak terlalu dingin atau panas. Jauhkan semua alat elektronik dan jangan memainkannya sebelum tidur.

Anda juga bisa membiasakan mandi air hangat sebelum tidur. Mandi air hangat membantu menghilangkan pegal dan merilekskan pikiran setelah seharian beraktivitas.

Hindari minum minuman yang mengandung kafein seperti kopi atau teh di malam hari karena bisa membuat Anda terjaga sepanjang malam.

2. Meditasi

Meditasi adalah cara sederhana untuk membantu melancarkan haid. Meditasi membantu mengurangi stres dengan menyeimbangkan kadar hormon di dalam tubuh. Anda bisa melakukan meditasi dengan cara:

  • Temukan tempat yang tenang untuk duduk bisa di dalam atau luar ruangan
  • Duduklah dengan posisi tubuh yang tegak dengan tangan rileks di atas paha
  • Ambil napas melalui hidung dan hembuskan perlahan melalui mulut
  • Tenangkan pikiran dengan memfokuskan diri pada suara napas dan suara-suara di sekitar Anda

Usahakan untuk bermeditasi setiap hari di pagi atau malam hari sebelum tidur. Meditasi bisa membuat tidur Anda lebih nyenyak dan pagi Anda jadi lebih bersemangat.

3. Berlatih yoga

Yoga termasuk salah satu cara efektif untuk melancarkan haid yang tidak teratur. Yoga juga termasuk olahraga yang bisa mengurangi nyeri haid.

Penelitian yang diterbitkan The Journal of Alternative and Complementary Medicine menemukan fakta-faktanya.

Dari hasil penelitian ditemukan bahwa yoga bisa membantu mengendalikan kadar hormon yang membuat jadwal haid tidak teratur.

Berbagai manfaat ini dirasakan oleh peserta yang telah beryoga selama 35-40 menit untuk 5 hari seminggu selama 6 bulan.

Beryoga pun tidak harus datang ke kelas di gym. Anda tetap bisa berlatih yoga dengan mudah di rumah. Saat ini sudah banyak video yoga dari instruktur ahli yang beredar di internet. Namun, pastikan untuk melakukan gerakan-gerakan sederhana yang sekiranya minim risiko agar terhindar dari cedera.

Jika Anda punya cukup waktu, datanglah ke kelas yoga agar bisa dipandu oleh instrukturnya secara langsung. Dengan mendatangi kelas yoga, Anda akan dibantu melakukan gerakan dengan benar agar tidak cedera.

4. Menjaga berat badan sehat

Terlalu kurus atau terlalu gemuk sama-sama bisa mengacaukan jadwal menstruasi. Oleh sebab itu, menjaga berat badan tetap ideal menjadi cara terbaik untuk memperlancar haid Anda tiap bulannya.

Mulailah menjaga berat badan dengan membiasakan makan sehat dan berolahraga secara teratur. Olahraga membantu menurunkan badan dengan cara yang sehat sekaligus menjaga daya tahan tubuh tetap prima. Perbanyak makan sayur dan buah untuk mencukupi kebutuhan vitamin serta mineral tubuh.

Jika Anda kesulitan mencapai berat badan stabil, mintalah bantuan dokter atau ahli gizi. Dokter akan membantu mencari metode paling tepat untuk membantu menaikkan atau menurunkan berat badan Anda.

5. Mengganti alat kontrasepsi

Banyak wanita yang melaporkan haid mereka jadi tidak teratur setelah menggunakan KB implan, B suntik, atau IUD (KB spiral). Maka jika Anda memakai alat KB hormonal dan belakangan haid jadi tidak teratur, konsultasilah ke dokter.

Dokter kemungkinan akan mengganti jenisnya. Mungkin akan perlu beberapa kali percobaan untuk menemukan alat KB yang cocok dan minim efek samping untuk Anda.

Untuk itu, jangan sungkan untuk berkonsultasi ke dokter jika haid Anda jadi tidak teratur setelah pasang alat KB.

6. Terapi hormon

Terapi hormonal adalah salah satu cara efektif untuk melancarkan haid yang disebabkan ketidakseimbangan hormon tubuh.

Terapi dilakukan dengan memberikan obat mengandung hormon estrogen dan progesteron dalam dosis tertentu.

Biasanya terapi hormon diberikan untuk wanita dengan siklus haid tidak teratur yang sampai membuat sulit hamil, seperti wanita pengidap PCOS.

Seperti obat-obatan pada umumnya, obat hormonal memiliki efek samping yang bervariasi. Mual, nyeri payudara, sakit kepala, berat badan yang bertambah, hingga hasrat seksual yang menurun bisa Anda rasakan.

7. Mengonsumsi vitamin D

Vitamin D membantu penyerapan kalsium dalam usus yang bagus untuk kesehatan tulang. Namun selain itu, vitamin D juga bisa membantu mengatur ovulasi agar terjadi secara teratur.

Penelitian yang diterbitkan di Journal of Reproductive Biology and Endocrinology menyebutkan ada hubungan antara vitamin D yang rendah dan haid yang tidak teratur.

Haid yang tidak teratur merupakan salah satu gejala yang muncul saat Anda memiliki sindrom ovarium polikistik (PCOS). Sebuah penelitian menemukan bukti bahwa kombinasi suplemen vitamin D, kalsium, dan metformin bisa melancarkan haid wanita dengan PCOS.

Vitamin D bisa didapatkan dari matahari pagi. Anda cukup berjemur di pagi hari antara jam 7 sampai 8 selama kurang lebih 15 menit setiap hari.

Selain itu, vitamin D juga terkandung dalam makanan dan minuman seperti salmon, tuna, produk susu, dan sereal yang diperkaya.

Anda juga bisa mengonsumsi suplemen untuk mencukupi kebutuhan vitamin D harian. Namun, sebelum mengonsumi suplemen, baiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter.

8. Mengobati kondisi medis yang mendasarinya

Haid tidak teratur juga bisa disebabkan oleh penyakit yang mungkin Anda idap. Jika ini adalah penyebabnya, cara terbaik untuk melancarkan haid Anda adalah dengan mengobati penyakitnya.

Sebelumnya, dokter akan mengajukan berbagai pertanyaan terkait dan berbagai tes untuk mencari tahu masalah haid yang Anda alami. Berbagai pertanyaan yang biasanya diajukan yaitu:

  • Seberapa sering Anda berolahraga beserta beban tiap latihan
  • Kondisi pikiran dan mental
  • Program diet yang sedang dijalani
  • Gejala yang dirasakan beberapa waktu terakhir saat haid mulai berantakan
  • Riwayat kesehatan termasuk obat yang sedang diminum
  • Alat kontrasepsi yang sedang dipakai

Setelah itu, dokter juga akan melakukan beberapa pemeriksaan yang diperlukan, seperti:

  • Pemeriksaan panggul
  • Pap smear
  • Tes kehamilan
  • Tes darah untuk memeriksa kadar hormon tertentu yang berkaitan dengan siklus haid
  • Ultrasonografi panggul untuk melihat keberadaan polip rahim, fibroid rahim, atau kista ovarium
  • Biopsi endometrium untuk mendeteksi endometrisosis, ketidakseimbangan hormon, atau sel kanker

Untuk wanita dengan PCOS, misalnya, doker akan memberikan pil KB guna membantu menyeimbangkan hormon.

Namun, jika obat tidak cukup efektif untuk mengobati penyakitnya, langkah-langkah yang akan diambil yaitu:

  • Operasi pengangkatan polip atau fibroid rahim
  • Embolisasi arteri uterus, suatu prosedur untuk memblokir aliran darah ke rahim
  • Endometrium ablasi, prosedur untuk membakar pembuluh darah di lapisan endometrium rahim
  • Histerektomi

Obat-obatan herbal untuk melancarkan haid

Memang belum banyak penelitian tentang obat-obatan herbal untuk melancarkan haid. Namun, tak ada salahnya mencoba berbagai bahan ini sebagai cara alami untuk melancarkan haid, seperti:

Jahe

Minum air jahe sering menjadi cara yang dianjurkan untuk melancarkan haid.

Untuk mendapatkan manfaatnya, rebus jahe ke dalam sepanci kecil air panas. Anda juga dapat menambahkan gula atau madu agar rasanya lebih nikmat. Anda bisa mencobanya setelah memastikan Anda tidak alergi jahe.

Namun sayangnya, belum ada bukti ilmiah yang mendukung klaim jahe sebagai obat herbal pelancar haid.

Kayu manis

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kayu manis membantu melancarkan haid dan membantu mengatasi PCOS.

Dalam pengobatan Tiongkok, kayu manis dikatakan ampuh memberikan efek panas dalam tubuh. Anda dapat mencoba mengonsumsi kayu manis untuk melancarkan haid dengan melarutkan kayu manis bubuk ke dalam segelas susu atau teh hangat.

Namun sayangnya, masih perlu penelitian dalam skala yang lebih besar untuk memastikan manfaat tersebut.

Kunyit

Senyawa kurkumin dalam kunyit terkenal dapat mengurangi peradangan. Anda dapat mencoba mengonsumsi kunyit untuk membantu melancarkan haid bila tidak memiliki alergi terhadap kunyit.

Anda bisa mencampur kunyit dengan teh, madu, atau susu. Gunakan buah kunyit asli yang telah digeprek atau kunyit bubuk agar lebih praktis.

Namun sayang, efeknya untuk melancarkan haid belum diteliti lebih lanjut.

Kapan harus pergi ke dokter?

Jangan sungkan untuk berkonsultasi ke dokter jika Anda memiliki keluhan terkait haid yang tidak teratur.

Mintalah saran dan rekomendasi dokter mengenai cara perawatan terbaik untuk melancarkan haid Anda setiap bulannya.

Jika berbagai cara di atas tidak juga membuahkan hasil, Anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter. Berikut tanda yang tak boleh diabaikan dan perlu segera diperiksakan:

  • Tak juga mengalami haid selama 90 hari
  • Haid tiba-tiba menjadi tidak teratur
  • Mengalami siklus haid yang lebih pendek dari 21 hari
  • Memiliki siklus haid yang lebih lama dari 35 hari
  • Haid berlangsung selama lebih dari seminggu
  • Aliran darah menjadi sangat berat dengan aliran yang deras
  • Mengalami perdarahan di antara siklus haid
  • Menstruasi terasa sangat menyakitkan.

Dokter akan menemukan pengobatan paling tepat untuk membantu melancarkan haid yang tidak teratur. Jika satu pengobatan tidak berhasil, dokter akan mencoba cara lain yang mungkin lebih efektif.

Oleh sebab itu, Anda perlu rutin melapor ke dokter mengenai perkembangan pengobatan yang dijalani. Termasuk perubahan yang dialami beserta efek samping yang dirasakan. Dengan begitu ketika satu cara dirasa tidak mempan, dokter akan langsung mencari penggantinya untuk melancarkan haid Anda.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Bagaimana Stres Memicu dan Memperparah Gejala IBS?

Stres dan cemas ternyata memengaruhi kualitas hidup orang dengan IBS. Bagaimana bisa terjadi dan adakah cara untuk mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Gangguan Pencernaan, Health Centers 06/06/2020 . 3 menit baca

Khasiat Minyak Esensial untuk Meredakan Stres

Pertolongan pertama saat stres: gunakan minyak esensial untuk meredakan stres. Apa saja jenis minyak esensial dan bagaimana cara menggunakannya?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 05/06/2020 . 6 menit baca

Terlalu Lama Kerja di Rumah Bikin Stres? Ini Cara Mengatasinya

Apa benar kerja terlalu lama di rumah dapat menyebabkan stres? Jika iya, lalu bagaimana cara mengatasi rasa stres yang muncul sebagai akibatnya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Hidup Sehat, Psikologi 03/06/2020 . 5 menit baca

Apa Bedanya Stres dan Depresi? Kenali Gejalanya

Stres dan depresi tidak sama, keduanya memiliki perbedaan mendasar. Maka jika penanganannya keliru, depresi bisa berakibat fatal. Cari tahu, yuk!

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Psikologi 26/05/2020 . 6 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

mual karena gugup

Kenapa Kita Merasa Mual Saat Sedang Gugup?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 21/06/2020 . 6 menit baca
sumber stres dalam pernikahan

6 Sumber Stres Utama dalam Pernikahan

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 19/06/2020 . 5 menit baca
pro kontra antidepresan

Pro dan Kontra Mengonsumsi Obat Antidepresan

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 18/06/2020 . 5 menit baca
perbedaan stres dan depresi, gangguan kecemasan

Cara Membedakan Stres, Depresi, dan Gangguan Kecemasan

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 09/06/2020 . 6 menit baca