Kayu manis sering dijadikan rempah penyedap masakan atau pemanis minuman. Batang kayu yang harum manis wanginya ini pun punya banyak manfaat untuk kesehatan. Namun dalam bidang kecantikan, kayu manis disebut-sebut bisa digunakan sebagai masker untuk memberantas jerawat. Benarkah kayu manis untuk jerawat itu ampuh? Bagaimana cara membuat maskernya? Simak selengkapnya di bawah ini. 

Manfaat kayu manis untuk kesehatan kulit

Kayu manis telah terbukti tinggi antioksidan, salah satunya polifenol. Polifenol bekerja melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif akibat radikal bebas dari sinar UV matahari dan polusi udara yang menyebabkan penuaan dini serta jerawat meradang.

Kayu manis juga telah terbukti memiliki sifat antimikroba dan antiparasit untuk melawan bakteri penyebab jerawat, serta memiliki sifat penyembuh luka yang bisa berguna untuk mencegah terjadi luka bekas jerawat. 

Cara membuat masker kayu manis untuk jerawat

Pembuatan masker kayu manis untuk jerawat biasanya melibatkan madu atau susu. Jika Anda alergi susu atau memiliki intoleransi laktosa, Anda bisa memilih mencampur bubuk kayu manis dengan madu. Pilihlah madu manuka yang juga dikenal bisa melawan jerawat. Madu manuka bersifat melembapkan kulit serta membantu melawan peradangan yang disebabkan oleh jerawat.

Cara membuatnya:

  • Campur 2 sendok teh kayu manis bubuk dan 2 sendok makan madu, aduk rata hingga membentuk pasta atau krim.
  • Oleskan ke kulit menggunakan tangan yang sudah bersih atau menggunakan kapas ke seluruh wajah.
  • Diamkan masker selama 30 menit lebih.
  • Setelahnya, bilas dengan air mengalir sampai wajah bersih.

Namun ingat, pastikan Anda tidak memiliki alergi terhadap kayu manis dan madu sebelum mengoleskannya langsung pada kulit wajah. Oleskan dulu sedikit krim masker di punggung tangan dan tunggu 10-15 menit untuk melihat apakah ada reaksi yang muncul seperti bengkak kemerahan atau gatal. Jika tidak ada, Anda boleh mengoleskan masker kayu manis tersebut ke wajah. 

Pakai masker campuran kayu manis untuk jerawat maksimal satu-dua kali dalam seminggu.

Namun tetap jangan lupa untuk melakukan beberapa perawatan untuk wajah berjerawat berikut:

  • Tetap cuci muka dua kali sehari dengan sabun pembersih sesuai jenis kulit
  • Pakai obat jerawat sebelum tidur. Jangan oleskan seluruh obat jerawat di wajah. Oleskan obat jerawat hanya di bagian-bagian yang ada jerawatnya saja.
  • Jangan lupa juga untuk menggunakan pelembap dan sunscreen setiap hari. Terlebih bagi Anda yang bekerja dan keluar rumah tiap hari.

Baca Juga:

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca