Jerawat punggung biasanya dimulai dari wajah karena kebanyakan jerawat akan muncul pertama kali pada wajah. Ketika jerawat mengalami perkembangan pada jangkauan dan tingkat keparahannya, ia juga akan mempengaruhi bagian tubuh lainnya. Anda mungkin sering tak menyadarinya karena setiap orang biasanya mengenakan pakaian, sehingga jerawat yang berada di punggung biasanya tidak terlihat.

Kenapa punggung bisa berjerawat?

Jerawat dapat berkembang di mana saja kecuali pada telapak tangan dan telapak kaki. Hal tersebut disebabkan karena di kedua bagian tubuh tersebut tidak terdapat folikel sebaceous untuk membentuk jerawat.

Penyebab jerawat punggung sama dengan jerawat wajah, antara lain karena kelenjar minyak yang terlalu aktif, kelebihan sel kulit mati, dan menjamurnya bakteri penyebab jerawat. Kulit punggung dan dada lebih banyak mengandung sebum (minyak kulit) dan bakteri penyebab jerawat dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya.

Tidak semua orang yang berjerawat memiliki jerawat di punggung, namun hampir semua orang yang berjerawat di punggung juga memiliki jerawat di wajah. Mengatasi jerawat punggung akan lebih sulit dibandingkan dengan mengatasi jerawat di wajah. Oleh karena itu, mari kita mencegahnya sebelum terlambat.

Cara mencegah jerawat di punggung

  1. Kenakan pakaian yang berserat halus dan menyerap keringat, terutama ketika olahraga.
  2. Lebih baik mengenakan tas tangan daripada tas punggung alias ransel.
  3. Secepat mungkin mandi setelah berkeringat. Jika Anda tidak sempat mandi, bawa selalu produk yang mengandung salicylic acid untuk menjaga kebersihan dan kelebihan minyak.
  4. Jika Anda memiliki kulit yang kering, lembapkan dengan pelembap non-comedogenic, karena kulit kering yang berlebih menyebabkan munculnya jerawat.
  5. Ketahui hal-hal yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit Anda dan hindari sebisa mungkin.

Cara mengatasi jerawat di punggung

Mengatasi jerawat di punggung diawali dengan memperlakukan kulit leher, bahu, dan punggung dengan tingkat kewaspadaan dan perhatian yang sama seperti kulit wajah, menurut Jessica Weiser, seorang dermatolog. Meskipun penyebab jerawat punggung sama seperti jerawat wajah, namun cara menanganinya berbeda. Andrea Craig, Edukator Nasional untuk Murad Skincare, menjelaskan, bahwa karena kulit punggung memiliki pori-pori lebih besar dibandingkan dengan pori-pori wajah, kulit punggung akan lebih mudah untuk tersumbat. Jadi, sebaiknya gunakanlah produk khusus jerawat punggung.

1. Gunakan sabun mandi yang mengandung benzoyl peroxide dan salicylic acid untuk masalah jerawat ringan

Jika jerawat pada punggung tergolong ringan dan muncul sesekali, Anda cukup membersihkan badan dengan sabun yang mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat. Gunakan setiap hari, namun jangan digosok terlalu kencang, karena akan mengakibatkan jerawat memburuk. 

2. Bantu dengan obat oles dan antibiotik minum

Dokter mungkin akan meresepkan antibiotik topikal. Seperti benzoil peroksida, antibiotik topikal diterapkan pada kulit sekali atau dua kali sehari. Antibiotik tersebut bekerja membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat. Retionoid topikal juga sering digunakan. Untuk jerawat punggung sedang atau parah, mungkin Anda membutuhkan obat oral alias yang diminum. Antibiotik oral umumnya digunakan untuk membantu mengatasi jerawat pada punggung, termasuk tetrasiklin, minosiklin, doksisiklin dan eritromisin. Anda juga harus ingat bahwa antibiotik ini dapat menurunkan efektivitas pil KB.

3. Gunakan obat yang mengandung isotretinoin (accutane)

Jika jerawat tidak merespon pada antibiotik topikal, isotretinoin juga bisa menjadi pilihan. Namun, isotretinoin memiliki efek samping yang serius dan juga membutuhkan pemantauan konstan untuk menghindari kehamilan. Jika dikonsumsi oleh wanita hamil, obat ini dapat menimbulkan cacat lahir.

4. Pastikan Anda langsung mandi setelah berkeringat

Dr. Murad, pendiri Murad Skincare, mengatakan bahwa keringat yang menempel pada kulit dan pakaian dapat membangkitkan bakteri penyebab jerawat. Oleh karena itu ia menyarankan agar langsung mandi setelah berolahraga agar keringat dan bakteri menghilang sebelum menyumbat pori-pori.

5. Jangan memakai pakaian terlalu ketat

Bagi wanita atur bra agar lebih longgar dan tidak terlalu sempit.  Apa pun yang dapat memerangkap panas atau menyebabkan gesekan pada kulit juga dapat memperburuk jerawat.

6. Sama seperti jerawat wajah, janganlah sekali-kali memencet jerawat di punggung

Hal ini dapat menyebabkan peradangan dan meninggalkan bekas jerawat. 

Jika seluruh cara tersebut tidak memiliki pengaruh yang positif untuk menghilangkan jerawat, Anda sangat disarankan untuk bertemu dermatolog untuk penanganan lebih lanjut.

BACA JUGA:

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca