Manfaat Kesehatan dari Olahraga Panahan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 10 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Olahraga panahan sering dianggap sebagai olahraga statis, namun atlet pemanah atau pemanah kompetitif benar-benar membutuhkan sejumlah besar kekuatan, ketahanan, dan fokus untuk tampil optimal. Jika Anda tidak akrab dengan olahraga ini, maka Anda mungkin akan terkejut untuk mengetahui ada banyak manfaat kesehatan yang ditimbulkan. Selain manfaat fisik, panahan dapat meningkatkan kesehatan mental Anda juga. Untuk mengetahui selengkapnya, mari kita lihat manfaat olahraga panahan di bawah ini.

Sepuluh manfaat melakukan olahraga panahan

Berikut adalah kesepuluh manfaat dalam melakukan olahraga panahan, yaitu:

  • Meningkatkan koordinasi tangan dan mata, serta keseimbangan.
  • Meningkatkan fleksibilitas tangan dan jari.
  • Membangun kekuatan tubuh.
  • Meningkatkan kesabaran.
  • Meningkatkan fokus.
  • Membangun kepercayaan diri.
  • Merupakan olahraga sosial.
  • Merupakan bentuk latihan kebugaran.
  • Merelaksasi tubuh.
  • Merupakan olahraga yang dapat dimainkan semua orang.

Lima hal yang dibutuhkan dalam olahraga panahan

Berikut adalah hal-hal yang dibutuhkan oleh olahraga panahan, yang sekaligus sangat bertanggung jawab dalam memberikan manfaat-manfaat di atas, yaitu:

1. Kekuatan tubuh bagian atas

Menarik busur menempatkan tekanan pada kedua otot tangan, serta otot dada, bahu, dan punggung. Mirip dengan mengangkat beban, tekanan ini biasanya ditahan selama beberapa detik sebelum pemanah dilepaskan string untuk melontarkan panah. Dengan pengulangan, tekanan menarik dan melepaskan busur dapat mengarah ke perkembangan otot di sebagian besar kelompok otot utama tubuh bagian atas. Tingkat perkembangan tergantung kepada jumlah waktu yang Anda habiskan untuk berlatih dan bersaing.

2. Keseimbangan

Keseimbangan penting untuk keberhasilan dalam memanah, contohnya Anda harus dapat menahan tubuh untuk membidik dan melepaskan busur. Berlatih memanah dapat membantu Anda untuk mendapatkan kontrol atas keseimbangan Anda ketika memfokuskan diri untuk membidik target. Semakin banyak Anda berlatih, semakin otot inti Anda terbiasa untuk menyeimbangkan tubuh dan menjaga Anda tetap stabil saat membidik dan melepaskan panah.

3. Koordinasi

Koordinasi tangan dan mata merupakan keterampilan penting untuk memanah. Olahraga panahan dapat melatih tangan Anda untuk bekerja sama saat melakukan tugas yang berbeda, seperti membidik dan melepaskan panah sesuai dengan pengamatan mata. Semakin banyak Anda berlatih, maka akan semakin baik koordinasi Anda. Peningkatan koordinasi ini akan menghasilkan pembidikan yang lebih baik dan ini juga akan membantu Anda dalam olahraga lainnya.

4. Berjalan

Selama kompetisi, pemanah dapat berjalan sejauh 8 km dan bergerak dari sisi ke sisi saat melakukan tugas memanah. Meskipun banyak aktivitas berjalan dalam selang waktu yang pendek, namun efek kumulatif dari berjalan di seluruh kompetisi dapat meningkatkan kesehatan jantung, otot, dan kekuatan kaki. Anda akan mendapatkan beberapa manfaat bahkan selama latihan, karena Anda akan banyak menghabiskan waktu berjalan untuk mengambil kembali panah yang telah dilepaskan.

5. Fokus

Fokus adalah hal yang paling penting untuk mendapatkan kesuksesan sebagai seorang pemanah. Selain itu, mengembangkan fokus juga dapat memiliki dampak positif pada kesehatan mental dan kesejahteraan. Semakin Anda fokus terhadap target Anda, maka semakin mudah bagi Anda untuk menjernihkan pikiran, serta berhasil dalam latihan maupun kompetisi. Fokus akan membantu Anda meredam kekhawatiran di luar panahan dan juga akan membantu Anda untuk lebih fokus pada tugas. Belajar tetap fokus dengan olahraga panahan pastinya juga akan mengatasi penundaan dan gangguan.

Pertimbangan sebelum memulai bermain panahan

Panahan adalah olahraga yang menuntut aktivitas fisik, namun banyak orang yang tidak berpartisipasi masih meremehkan tuntutan memanah. Karena ini termasuk olahraga yang berat, maka ada baiknya untuk berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum memulai latihan, terutama jika memiliki penyakit. Memakai alat keselamatan seperti pelindung lengan, jari dan dada dapat melindungi Anda dari luka akibat terkena tali busur atau yang lainnya. Pelajari bentuk dan teknik panahan yang tepat dari instruktur yang berkualitas, untuk mengurangi kemungkinan cedera saat membidik. Jika Anda mengalami rasa sakit yang tajam atau tiba-tiba di bahu, lengan, siku, dada, atau punggung, maka berhentilah segera untuk mencegah cedera otot.

 

BACA JUGA:

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Baca Juga:

    Yang juga perlu Anda baca

    Menjadi Atlet di Mata Atlet Muda Indonesia

    Menjadi atlet sejak usia belia sebaiknya berdasarkan keinginan si anak sendiri. Inilah kisah-kisah para atlet muda Indonesia atas pilihannya.  

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
    Kebugaran, Hidup Sehat 9 September 2020 . Waktu baca 7 menit

    13 Tips Makan Sehat untuk Orang yang Super Sibuk

    Banyak yang mengira makan makanan sehat itu susah dan perlu banyak usaha, jadi orang yang sibuk tidak akan bisa. Padahal, kenyataannya tidak begitu.

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Novita Joseph
    Nutrisi, Hidup Sehat 22 Juli 2020 . Waktu baca 12 menit

    Olahraga di Luar Rumah Saat Pandemi? Perhatikan Hal-hal Ini

    Olahraga yang dilakukan di luar rumah bisa bermanfaat bagi kebugaran dan kesehatan mental. Tapi apakah aman olahraga di luar rumah saat pandemi COVID-19?

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
    Coronavirus, COVID-19 30 Juni 2020 . Waktu baca 4 menit

    7 Hal yang Paling Sering Ditanyakan Tentang Kolesterol

    Kadar kolesterol tinggi bisa menghantui siapa pun. Pelajari sekarang juga apa itu kolesterol dan semua pertanyaan seputar kolesterol yang sering diajukan.

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Nutrisi, Hidup Sehat 22 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit

    Direkomendasikan untuk Anda

    kejang otot

    Kenali Kejang Otot, Mulai dari Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasinya

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Annisa Hapsari
    Dipublikasikan tanggal: 19 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit
    kram otot

    Kenali Penyebab yang Mungkin Membuat Anda Mengalami Kram Otot

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Annisa Hapsari
    Dipublikasikan tanggal: 19 Oktober 2020 . Waktu baca 6 menit
    kebugaran jantung

    Cara Mudah Ukur Kebugaran Jantung dan Paru, Tak Perlu Periksa ke Rumah Sakit

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Fauzan Budi Prasetya
    Dipublikasikan tanggal: 29 September 2020 . Waktu baca 4 menit
    memaksa anak jago olahraga

    Bagaimana Cara Mendorong Anak Menjadi Atlet?

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Rina Nurjanah
    Dipublikasikan tanggal: 9 September 2020 . Waktu baca 7 menit