5 Kiat Aman Membersihkan Rumah Jika Punya Alergi Debu dan Detergen

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Membersihkan rumah membantu Anda hidup lebih sehat. Apalagi jika Anda punya alergi debu, membersihkan rumah menjadi salah satu cara untuk menghindari paparan pemicu. Namun, bagi orang alergi, bersih-bersih rumah juga jadi kegiatan yang menantang. Sama halnya jika Anda dengan detergen. Lantas, apa ada tips aman membersihkan rumah untuk orang yang punya alergi debu atau detergen?

Bagaimana debu dan detergen menyebabkan alergi?

Sebelum membahas tips membersihkan rumah, pahami lebih dulu mengenai alergi detergen atau debu. Debu dan detergen bisa menjadi alergen, alias pemicu alergi.

Saat debu terhirup, sistem imun di tubuh bisa salah mengenali debu sebagai zat berbahaya sehingga tubuh menghasilkan senyawa histamin.

Senyawa inilah yang membuat tubuh Anda menimbulkan berbagai macam reaksi, seperti hidung gatal dan bersin, mata berair, serta hidung meler.

Sementara itu, alergi detergen terjadi ketika kulit seseorang terpapar detergen atau sisa-sisa detergen yang menempel di pakaian, handuk, dan benda lainnya. Menurut Cleveland Clinic, reaksi alerginya biasanya menimbulkan ruam dan gatal di kulit yang terkena.

Tips membersihkan rumah bagi orang alergi debu atau detergen

Membersihkan rumah memungkinkan rumah bebas dari debu dan kotoran. Pada orang yang memiliki alergi, melakukan hal ini adalah tugas penting. Sayangnya, jika tidak hati-hati, debu yang harusnya dibersihkan malah terhirup dan membuat gejala alergi kambuh.

Ini juga berlaku dengan orang yang punya alergi detergen. Pasalnya, mencuci baju, piring, atau mengepel membuat Anda harus bersentuhan dengan bahan kimia yang membuat alergi.

Supaya Anda bisa membersihkan rumah tanpa khawatir alergi debu atau detergen kembali kambuh, ikuti beberapa tips berikut.

1. Pilih bahan detergen dan pembersih yang aman

kesalahan pakai pembersih rumah

Langkah pertama sebelum membersihkan rumah adalah memilih detergen yang aman bagi kulit Anda. Jika Anda rentan alergi dengan bahan kimia yang ada di detergen, Anda bisa memilih detergen yang digunakan untuk mencuci baju bayi.

Detergen bayi biasanya lebih aman untuk kulit Anda. Selain itu, baca label detergen dengan cermat. Hindari detergen yang mengandung pewangi dan pewarna.

Selain detergen, Anda juga perlu berhati-hati memilih bahan pembersih lain. Pasalnya, bahan pembersih juga mengandung bahan kimia yang sifatnya iritan seperti detergen.

2. Pakai alat pelindung

sarung tangan karet

Tips membersihkan rumah selanjutnya adalah memakai alat pelindung agar Anda tidak terpapar pemicu alergi. Contohnya, masker untuk menyaring udara dari debu dan sarung tangan untuk mencegah paparan bahan kimia langsung ke kulit.

Pilih sarung tangan yang berbahan tebal dan panjang, supaya tidak mudah robek jika berkali-kali digunakan. Tidak perlu pusing memilih masker untuk bersih-bersih, Anda bisa memakai masker flu yang bagian filternya bisa menyaring debu.

3. Pakai alat pengisap debu dengan benar

membersihkan ruangan

Ketimbang memakai sapu atau kemoceng dan membuat debu beterbangan, lebih baik Anda menggunakan pengisap debu. Ini merupakan tips membersihkan rumah yang sangat penting untuk orang dengan alergi debu.

Jika ingin pengisap debu Anda bekerja maksimal untuk menangkap partikel kecil, seperti tungau, pilih alat pengisap debu yang memiliki filter HEPA (High Efficiency Particulate Air).

4. Bersihkan tubuh sesegera mungkin

cara mandi kulit putih

Setelah selesai membersihkan rumah, tips selanjutnya yang harus dilakukan oleh orang dengan alergi adalah membersihkan diri sesegera mungkin. Partikel seperti debu dan kotoran bisa menempel di pakaian.

Begitu juga bahan kimia dari detergen dan pembersih lainnya bisa mengenai pakaian atau peralatan bersih-bersih lainnya. Kemudian, ganti pakaian Anda dengan pakaian baru yang kering dan bersih.

5. Keluar rumah setidaknya satu jam setelah rumah dibersihkan

Setelah membersihkan rumah, debu yang menempel di perabotan bisa beterbangan di udara. Untuk menghindari debu tersebut terhirup oleh Anda yang alergi, sebaiknya luangkan waktu untuk pergi ke luar.

Namun, bukan keluar rumah dalam waktu sebentar. Perlu waktu setidaknya satu jam agar debu yang beterbangan mengendap kembali di permukaan lantai. Jangan lupa untuk membuka jendela rumah selama Anda membersihkan rumah supaya sirkulasi udara tetap baik.

Baca Juga:

Sumber