Pernahkah Anda mengalami kondisi munculnya bercak yang terlihat seperti kumpulan pulau di peta pada lidah? Jika iya, tandanya lidah Anda mengalami peradangan lidah yang dinamakan lidah geografis.

Apa itu lidah geografis?

Lidah geografis merupakan kondisi peradangan lidah yang menyebabkan lesi berbentuk seperti pulau pada peta. Lesi bisa muncul di permukaan atau sisi lidah. Biasanya terlihat tidak beraturan dan terkadang memiliki batas putih di tepiannya yang memperjelas bentuk. Terkadang permukaan lidah terlihat halus tanpa papila di atasnya dan tetap terlihat seperti membentuk sesuatu.

Lesi sering sembuh di satu area, tetapi kemudian pindah ke bagian lidah yang berbeda. Dalam beberapa kasus, kondisi ini bisa muncul di daerah mulut lainnya. Kondisi ini juga bisa muncul di semua rentang usia dan jenis kelamin. Namun, biasanya lebih sering terjadi pada wanita ketimbang pria.

Penyebab lidah geografis

Hingga saat ini belum diketahui secara pasti mengapa seseorang mengalami peradangan lidah dengan kondisi seperti ini. Beberapa peneliti menghubungkannya ke kondisi lain seperti psoriasis.

Namun, dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk memastikan kedua hal ini memiliki keterkaitan. Beberapa ilmuwan mendeteksi dua faktor potensial yang bisa menjadi penyebab terjadinya peradangan lidah ini. Pertama yakni fissured tongue, atau kondisi di mana lidah memiliki alur di sepanjang permukaannya. Kedua yakni faktor genetik karena kondisi ini dapat diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Gejala dan tanda lidah geografis

Penyakit ini tidak selalu menimbulkan gejala. Beberapa orang bahkan tidak selalu menyadari perubahan yang terjadi di lidahnya. Adapun gejala yang terjadi biasanya meliputi:

  • Lesi merah di permukaan lidah yang terasa halus berbentuk seperti pulau yang tidak beraturan.
  • Adanya batas berwarna putih atau terang yang sedikit terangkat di sekitar tepi lesi.
  • Lesi yang terdiri dari berbagai ukuran dan bentuk.
  • Lesi bisa berpindah dari satu area lidah ke area lainnya dalam hitungan hari atau minggu.
  • Lidah yang sensitif terhadap zat tertentu misalnya pasta gigi, obat kumur, gula, makanan panas, pedas, atau sangat asam yang bisa menyebabkan rasa tidak nyaman atau sensasi terbakar di lidah atau mulut.

Gejala-gejala ini bisa berlangsung selama satu tahun tanpa terdeteksi. Beberapa orang juga mengalami gejala seperti keretakan di permukaan lidah. Lekukan ini tak jarang terasa sakit bahkan membuat iritasi.

Bagaimana dokter mendiagnosis lidah geografis?

Beberapa cara yang biasanya dilakukan untuk mendiagnosis kondisi ini, yaitu:

  • Mengecek kondisi lidah, mulut, dan tenggorokan dengan bantuan sinar dari senter atau lampu khusus.
  • Mengecek kondisi keseluruhan lidah dengan meminta Anda untuk memindahkan lidah ke dalam berbagai posisi.
  • Menyentuh lidah dengan merabanya untuk memeriksa tekstur atau konsistensi lidah.
  • Memeriksa tanda infeksi seperti demam atau pembengkakan kelenjar getah bening di leher.

Bagaimana cara mengobati lidah geografis?

Biasanya, lidah geografis akan sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan tertentu. Namun, jika gejala memburuk dan tidak hilang dalam beberapa minggu, maka pengobatan yang biasanya dilakukan seperti:

  • Obat pereda nyeri dan ketidaknyaman seperti ibuprofen dan naproxen sodium.
  • Obat yang diresepkan dokter untuk mengurangi peradangan seperti kortikosteroid yang diaplikasikan langsung ke lidah atau antihistamine kumur.
  • Menghindari makanan yang memicu iritasi menjadi lebih parah seperti makanan yang terlalu panas, pedas, dan asam.
  • Mengonsumsi vitamin B dan suplemen Zinc.

Meskipun lidah geografis mungkin terlihat mengkhawatirkan, tetapi kondisi peradangan lidah tidak menjadi pertanda masalah kesehatan tertentu dan juga tidak terkait dengan infeksi atau kanker tertentu. Namun, ada baiknya untuk tetap menjaga kesehatan lidah dengan tidak lupa membersihkannya dengan pembersih lidah khusus untuk membantu mencegah berbagai masalah pada lidah.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan