Sebelum Pasang Behel Gigi, Simak Dulu 5 Fakta Penting Ini

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 20/03/2020 . 4 menit baca
Bagikan sekarang

Saat ini Anda mungkin sedang mempertimbangkan untuk pasang behel gigi. Behel, atau juga dikenal dengan istilah kawat gigi, memang bisa mengubah penampilan Anda dan menyebabkan rasa tidak nyaman di awal pemasangan. Akan tetapi, behel gigi bisa membantu Anda mengatasi berbagai masalah gigi dan mulut. Nah, berikut hal-hal yang harus Anda ketahui sebelum pasang behel gigi. 

1. Behel gigi bukan cuma untuk anak atau remaja

Behel atau kawat gigi sering kali dikaitkan dengan perawatan gigi untuk anak atau remaja. Ini karena biasanya gigi yang kurang rapi baru jelas terlihat pada usia remaja. Meskipun begitu, sebenarnya tidak ada batasan usia untuk menggunakan kawat gigi. Anda dapat menggunakan kawat gigi pada usia berapa saja untuk memperbaiki gigi Anda. Dengan catatan gigi dan gusi Anda masih dalam keadaan sehat dan kuat.

Kawat gigi tidak dianjurkan bagi Anda yang memiliki gusi dan gigi yang tidak sehat karena pemasangan kawat gigi memberikan tekanan berlebih terhadap gusi dan gigi. 

2. Rata-rata orang memakai kawat gigi selama dua tahun

Umumnya orang memakai kawat gigi selama dua tahun. Namun, durasi pemakaian behel masing-masing orang bisa berbeda. Ini tergantung kondisi gigi Anda masing-masing.

Ada pilihan metode terapi gigi yang lebih cepat. Akan tetapi, biasanya pilihan tersebut tidak direkomendasikan kecuali gigi Anda benar-benar dalam keadaan sehat dan kuat. Selain itu, biasanya terapi tersebut lebih menyakitkan dibandingkan terapi kawat gigi pada umumnya. Pasalnya, metode terapi ini melibatkan operasi kecil pada rahang Anda. Jadi, meskipun terapinya berlangsung hanya sekitar enam bulan, proses penyembuhannya lebih tidak nyaman.

3. Usahakan untuk tidak ganti dokter gigi

Lamanya durasi penggunaan behel menyebabkan Anda berisiko ganti dokter gigi.  Apalagi jika Anda harus pindah tempat tinggal. Nah, ganti dokter gigi dapat menyebabkan biaya pemasangan kawat gigi menjadi bertambah.

Sebelum pasang behel gigi, sebaiknya pertimbangkan dulu apakah Anda bisa rutin kontrol ke dokter gigi yang sama dalam jangka waktu yang panjang. Ini lantaran sebelum memasang behel, Anda harus menandatangani perjanjian kontrak dengan dokter gigi pilihan Anda.

Jika Anda ganti dokter gigi, Anda harus bernegosiasi dengan dokter gigi Anda untuk mengakhiri kontrak tersebut. Sebagian besar dokter gigi mau memberikan kelonggaran dalam mengakhiri kontrak tersebut, tapi ada juga yang tidak bersedia.

Setelah kontrak lama diputus, Anda harus membuat kontrak perjanjian baru dengan dokter gigi berikutnya. Sekali lagi, sebagian besar dokter gigi tidak keberatan melanjutkan perawatan yang sudah Anda jalani bersama dokter gigi sebelumnya Namun, ada pula dokter gigi yang mewajibkan untuk memulai terapi lagi dari awal meskipun Anda sudah pernah pasang behel gigi sebelumnya. Ini tentu akan memakan biaya lagi yang tidak murah.

cabut gigi saat puasa

4. Behel plastik yang transparan belum tentu baik buat Anda

Banyak pasien, terutama anak-anak dan remaja, menginginkan behel plastik yang transparan atau “invisible”. Memang ada behel khusus dari plastik yang tidak begitu terlihat ketika dipasang. Namun, tidak semua pasien dianjurkan untuk menggunakan behel plastik tersebut. Bahkan, cuma beberapa orang saja yang giginya memang boleh dipasangi behel plastik transparan.

Akan lebih baik jika Anda mengikuti saran dari dokter gigi daripada memaksakan pakai behel plastik yang transparan. Jika dipaksakan, kemungkinan hasilnya tidak maksimal. Anda pun harus kembali ke jenis kawat gigi yang sesuai dengan kebutuhan gigi Anda. Hal ini tentu membuat durasi perawatan jadi lebih lama.

5. Nyeri setelah pasang behel gigi itu wajar

Rasa sakit saat pasang behel gigi mungkin menghantui benak Anda. Bagaimana pun juga, Anda pasti akan merasa tidak nyaman dengan kawat gigi baru Anda. Proses pemasangan kawat gigi sendiri dapat menimbulkan rasa nyeri dan tidak nyaman akibat tekanan dari kawat untuk memperbaiki atau merapikan gigi Anda.

Namun, jangan khawatir. Dokter gigi akan memberikan obat pereda nyeri untuk membantu Anda mengurangi rasa sakit tersebut. Jadi, bersabarlah karena rasa tidak nyaman ini akan hilang dalam waktu beberapa minggu. Anda pun akan mulai merasa nyaman dengan kawat gigi Anda setelahnya.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kapan Sebaiknya Memasang Behel agar Tetap Aman dan Efektif?

Memasang behel bisa menjadi salah satu keputusan terbaik demi memiliki gigi yang rapi sekaligus sehat. Namun, apa Anda tahu waktu ideal memasang behel?

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 28/06/2020 . 4 menit baca

Khasiat Mujarab Kacang Almond untuk Penderita Hipertensi

Camilan yang gurih memang menggoda. Namun, sebaiknya mulai ganti camilan Anda dengan kacang almond, terutama untuk penderita hipertensi.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hipertensi, Health Centers 25/06/2020 . 5 menit baca

Sudah Benarkah Cara Cuci Tangan Anda?

Cuci tangan bukan sekadar gosok, bilas, dan keringkan. Ada cara cuci tangan yang baik untuk benar-benar efektif bunuh kuman.

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hidup Sehat, Tips Sehat 22/06/2020 . 4 menit baca

Apakah Anda Termasuk Orang yang Cukup Bersih? Cek Dulu di Sini!

Selama ini Anda sudah mahir menjaga kebersihan diri atau belum? Ini dia tips-tips supaya tubuh selalu bersih dan bebas dari penyakit.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Hidup Sehat, Tips Sehat 22/06/2020 . 5 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

gejala penyakit yang diacuhkan

8 Gejala Penyakit Berbahaya yang Sering Anda Abaikan

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 03/07/2020 . 4 menit baca
mengatasi mimpi buruk

Sering Mimpi Buruk? Ini Cara Mengatasinya

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 02/07/2020 . 5 menit baca
cara menjaga kesehatan gigi

Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut di Masa Pandemi

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 30/06/2020 . 4 menit baca
mitos fakta cacingan

Mengungkap Mitos dan Fakta Seputar Masalah Cacingan

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 29/06/2020 . 5 menit baca