Semua Hal yang Harus Anda Tahu Seputar Gigi Gingsul

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 21/04/2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Gigi gingsul memang menjadi keunikan tersendiri. Jika senyum, memang akan menambah manis senyuman sesorang. Tetapi dilema gigi gingsul bisa saja terjadi, ketika gigi gingsul menimbulkan efek tidak baik bagi pada struktur gigi dan sakit pada area mulu dan rahang Anda. Yuk, simak yang perlu Anda ketahui tentang gingsul di bawah ini.

Apa itu gigi gingsul?

Gingsul pada gigi adalah gigi taring yang telat tumbuh. Gigi taring memiliki rentan waktu yang diperlukan untuk tumbuh yaitu sekitar 10 bulan (dari jarak mulai lepasnya gigi taring dari gigi susu sampai gigi taring permanen). Berbeda dari jarak tanggal gigi yang lain tidak memerlukan waktu yang lama untuk berganti, setelah lepas dari tempatnya bisa ditempati oleh gigi yang baru.

Nah, gigi taring yang telat tumbuhnya ini, disebabkan karena frase pergantiannya lama, sehingga jatah tempat untuk gigi taring baru lebih sering diambil oleh gigi-gigi yang lain di sekitarnya. Akhirnya, di saat si gigi taring mulai muncul ke permukaan, ternyata tempatnya sudah habis. Karena gigi taring itu harus tetap keluar ke permukaan, maka jadilah ia disebut gigi gingsul.

Penyebab gigi gingsul

Gigi gingsul ini tumbuh disebabkan karena gigi susu yang tanggal secara prematur, bisa karena bersinggungan dengan benda keras ataupun karena kecelakaan. Gigi susu yang tanggal prematur itu tidak memberikan ruang yang cukup untuk gigi tetap yang akan tumbuh nantinya, sehingga terjadi penjejalan. Faktor keturunan juga bisa menjadi penyebab tumbuhnya gigi gingsul, begitu juga malnutrisi.

Pada kedokteran gigi, posisi ini disebut ektopik atau menonjol. Sebenarnya, semua gigi berpotensi mengalami ektopik atau gingsul, tetapi gigi taring adalah gigi yang paling sering mengalami keadaan gingsul karena urutan tumbuhnya yang paling akhir.

Apakah gigi gingsul berdampak pada kesehatan?

Gingsul pada gigi memang memiliki dampak negatif yang serius jika hal tersebut tidak dibenahi segera. Gigi tersebut akan menimbulkan dampak seperti gigi impaksi. Impaksi adalah gigi yang tidak tumbuh berkembang dengan baik sehingga akan terasa sangat menyakitkan, jika dilihat dari posisi giginya yang mendorong bahkan menumpuk di beberapa susunan gigi yang lain.

Selain impaksi, Anda juga akan mengalami kesulitan saat membersihkan gigi tersebut, karena gingsul suka berada di posisi menyempil dan menutupi gigi yang lebih dahulu muncul. Kotoran yang sulit dibersihkan akan menumpuk, dan terjadilah bolong atau timbul kikisan pada gigi yang sulit dibersihkan.

Bagaimana cara memperbaiki gigi gingsul supaya rapi?

Ada dua langkah yang harus dilakukan untuk memperbaiki gingsul pada gigi, yaitu melakukan pengawatan pada gigi (biasa dikenal dengan sebutan behel) dengan memberikan ruang baru pada gingsul, tetapi setelah melalui operasi pencabutan gingsul tersebut.

Proses pencabutan gigi gingsul ini sebetulnya masuk pada jajaran  tindakan operasi kecil pada mulut. Meski begitu, operasi gigi ini tetap memiliki risiko, misalnya risiko infeksi. Terutama bila memang Anda memiliki masalah kesehatan sebelumnya. Lebih baik Anda berkonsultasi terlebih dahulu mengenai gigi yang ingin dicabut.

Beberapa kondisi yang bisa meningkatkan risiko Anda untuk mengalami infeksi setelah operasi yaitu penyakit hati, sistem imun terganggu, penyakit sendi, dan cacat jantung bawaan. Dokter mungkin akan memberikan obat antibiotik sebelum dan sesudah pencabutan dilakukan guna menghindari infeksi.

Sebelum gigi Anda dicabut, dokter akan menyuntikkan obat bius lokal di area gusi sekitar gigi yang ingin dicabut. Tenang, pembiusannya tidak terlalu sakit. Usai pencabutan gigi, Anda bisa langsung pulang ke rumah. Dan pemasangan behel dilakukan ketika area gigi yang dicabut sudah pulih untuk meratakan jarak antar ruang gigi yang sebelumnya tertutup oleh gingsul.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

3 Resep Pasta Gandum Rendah Kalori yang Mudah Dimasak

Menu diet tidak harus itu-itu melulu sajiannya. Anda masih bisa makan pasta nikmat dan pastinya rendah kalori. Simak 3 resep pasta gandum pada artikel ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Nutrisi, Hidup Sehat 14/07/2020 . Waktu baca 3 menit

Tips Jaga Diri Saat Merawat Orang Sakit Kronis di Masa Pandemi

Ketika sibuk meluangkan waktu untuk mengasuh anggota keluarga, jangan lupa untuk tetap jaga diri saat merawat orang sakit kronis. Simak caranya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Konten Bersponsor
foto orang yang merawat anggota keluarga yang terkena penyakit kronis; saat mengasuh, penting untuk tetap jaga diri saat merawat orang sakit kronis
Hidup Sehat, Tips Sehat 13/07/2020 . Waktu baca 5 menit

3 Bahan Alami yang Bisa Mengusir Biang Keringat

Tidak menggunakan krim yang menyumbat saluran keringat, mungkin bisa jadi solusi. Namun tahukah Anda, ada bahan alami yang bisa mengusir biang keringat?

Ditulis oleh: Theresia Evelyn
Hidup Sehat, Tips Sehat 13/07/2020 . Waktu baca 3 menit

Apakah Wadah Plastik untuk Makanan Anda Aman Bagi Kesehatan? Cari Tahu Lewat Kode Ini

Saat ini hampir semua tempat makanan atau minuman terbuat dari wadah plastik. Namun, sebelum menggunakannya, ketahui dulu kode dari masing-masing wadah.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Tips Sehat 10/07/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

orgasme tanpa disentuh

3 Hal yang Bisa Membuat Anda Orgasme Tanpa Disentuh

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 14/07/2020 . Waktu baca 4 menit
pasien koma masih sadar atau tidak

Ini yang Terjadi Pada Tubuh dan Pikiran Saat Kita Sedang Koma

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 14/07/2020 . Waktu baca 4 menit
tidak puas dengan pekerjaan berbahaya bagi kesehatan

Tidak Menikmati Pekerjaan di Masa Muda, Bisa Membahayakan Kesehatan di Masa Depan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 14/07/2020 . Waktu baca 4 menit
bercak darah saat tidak sedang haid

Ada Bercak Darah Saat Tidak Sedang Haid? Ini Penyebabnya

Ditulis oleh: Theresia Evelyn
Dipublikasikan tanggal: 14/07/2020 . Waktu baca 3 menit