4 Cara Cepat dan Ampuh untuk Mengobati Gusi Bernanah di Rumah

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Gusi bernanah harus cepat diobati supaya infeksi tidak semakin parah. Namun, masalah ini tidak bisa langsung dibawa ke dokter selama masih menimbulkan rasa sakit. Sembari menunggu jadwal konsultasi ke dokter, ada banyak cara rumahan yang bisa dicoba untuk meredakan rasa tidak nyaman di gusi. Yuk, simak berbagai cara rumahan untuk mengobati gusi bernanah dalam ulasan berikut.

Beragam cara mengobati gusi bernanah

Gusi bernanah akan menimbulkan rasa nyeri yang tak tertahankannya. Kondisi ini pun biasanya disertai dengan pembengkakan yang semakin membuat rasa tidak nyaman di mulut. Nah, supaya tidak semakin melemahkan, berbagai cara rumahan berikut bisa dicoba untuk mengobati gusi yang bernanah.

1. Kumur air garam

obat kumur

Salah satu cara termudah dan tercepat untuk mengobati gusi bernanah di rumah adalah dengan berkumur air garam. Sejak dulu, manfaat garam untuk kesehatan mulut sudah tidak diragukan lagi.

Penelitian melaporkan bahwa garam mampu meredakan peradangan akibat infeksi sekaligus mempercepat proses penyembuhan luka. Hal ini karena sifat antibakteri dan antiradang yang dimilikinya.

Anda cukup mencampurkan 1/2 sendok garam ke dalam segelas air hangat. Lalu berkumurlah dengan air garam setidaknya 3 kali sehari.

2. Kompres es batu

mengunyah es batu

Supaya rasa nyeri dan gusi yang bengkak cepat mereda, lakukan kompres dingin dengan es batu. Suhu dingin dari es batu dapat mengembaskan saraf pemicu nyeri. Alhasil, Anda akan terbebas dari sensasi nyut-nyutan untuk sementara waktu.

Di samping itu, dinginnya es batu juga dapat membantu memperlambat aliran darah menuju area yang bermasalah sehingga peradangan dan pembengkakan di gusi pun juga perlahan akan mereda.

Cara mengobati gusi bernanah satu ini mudah. Anda hanya perlu membungkus beberapa bongkah es batu dengan kain lap yang bersih. Setelah itu tempelkan di sisi pipi yang terasa sakit selama beberapa menit. Lakukan cara ini beberapa kali sampai rasa sakitnya agak berkurang.

3. Baking soda

6 manfaat baking soda untuk kecantikan

Selain garam, Anda juga bisa berkumur dengan baking soda untuk mengobati gusi bernanah.

Sebuah tinjauan pustaka dalam Journal of the American Dental Association melaporkan bahwa baking soda membantu meredakan peradangan gusi (gingivitis) sekaligus meningkatkan kesehatan gusi. Penelitian lain juga mengungkakan bahwa baking soda membantu merontokkan plak yang menempel di gigi.

Campurkan 1/2 sendok baking soda dan sejumput garam ke dalam segelas air hangat. Setelah itu berkumurlah setidaknya 5 menit dan buang airnya. Ulangi cara ini maksimal 2 kali dalam sehari.

4. Minum obat pereda nyeri

meminum-obat-batuk

Cara lain yang bisa Anda coba untuk mengobati gusi bernanah adalah minum obat pereda nyeri. Obat pereda nyeri bekerja dengan cara menghentikan produksi zat kimiawi yang memicu rasa sakit di otak. Dengan minum obat pereda nyeri, sensai nyut-nyutan di gusi pun perlahan akan mereda.

Paracetamol merupakan salah satu obat pereda nyeri yang cukup populer. Obat ini bisa didapatkan dengan mudah di apotek atau bahkan warung tanpa harus menembus resep dokter.

Meski begitu, Anda sebaiknya tetap berhati-hati ketika menggunakan obat-obatan bebas. Sama seperti obat pada umumnya, obat pereda nyeri yang dijual bebas juga berpotensi menyebabkan efek samping dari ringan hingga berat.

Maka dari itu, sebelum minum obat jenis apa pun, ada baiknya selalu baca aturan pakainya terlebih dulu. Jangan ragu untuk bertanya langsung ke dokter maupun apoteker bila Anda merasa kebingungan dengan aturan pakainya.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: November 28, 2019 | Terakhir Diedit: Oktober 28, 2019

Sumber
Yang juga perlu Anda baca