Cara Kerja Baking Soda untuk Membantu Memutihkan Gigi

Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 30 Juli 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Memiliki gigi yang sehat dan putih merupakan idaman semua orang. Tak hanya alasan kesehatan, gigi yang putih dapat membuat Anda lebih percaya diri. Cara menjaga agar gigi tetap putih yang paling sederhana adalah dengan rutin menggosok gigi. Namun, terdapat cara lain yang dipercaya dapat membantu memutihkan gigi, yaitu dengan menggunakan baking soda. Bagaimana bisa baking soda digunakan untuk membuat gigi jadi lebih putih? Ini dia penjelasan yang perlu Anda tahu.

Efektivitas penggunaan baking soda dalam pasta gigi

Beberapa penelitian telah meninjau kandungan baking soda dalam pasta gigi dan menghasilkan kesimpulan yang positif termasuk manfaatnya untuk membantu memutihkan gigi. Salah satunya adalah jurnal yang diterbitkan Journal of American Dental Association (JADA) menemukan bahwa pasta gigi yang mengandung baking soda lebih efektif dalam mengurangi noda dan meningkatkan warna putih pada gigi.

Selain terbukti efektif dalam menghilangkan noda dan memutihkan gigi, kandungan baking soda dalam pasta gigi juga aman untuk digunakan sehari-hari. Dikutip dari jurnal tahun 2017 yang juga diterbitkan oleh JADA, baking soda merupakan satu dari beberapa kandungan pasta gigi abrasif yang paling lembut jika dibandingkan seperti dengan kandungan silika.

Cara kerja baking soda untuk membantu memutihkan gigi

Baking soda atau sodium bicarbonate (NaHCO3) sudah lama digunakan dalam pasta gigi karena memiliki sifat abrasif sehingga dapat menghilangkan noda pada gigi. Berdasarkan jurnal terbitan Journal of Clinical and Experimental Dentistry, senyawa lain yang bersifat abrasif seperti silika dan natrium bikarbonat memang dapat juga membantu menghilangkan noda, tetapi tidak sebaik baking soda.

Masih dari jurnal yang sama menemukan bahwa menyikat gigi menggunakan pasta gigi yang mengandung baking soda selama 30 detik dapat menghilang noda dan memutihkan gigi. Hal ini tentu terjadi berkat sifat abrasif dari baking soda.

Membuat campuran baking soda sendiri yang aman

Baking soda memang aman dan efektif dalam membersihkan gigi. Namun, jika ingin membuat pasta gigi sendiri, Anda perlu memperhatikan takarannya. Terlalu banyak atau menggunakan baking soda tanpa takaran dapat mengikis enamel gigi.

Apabila Anda mendapati gigi mulai berwarna kuning setelah menyikat gigi menggunakan pasta gigi buatan sendiri, artinya enamel gigi telah terkikis dan telah mencapai lapisan dalam gigi bernama dentin.

Untuk itu, pastikan untuk memakai baking soda secukupnya dan jangan berlebihan. Berikut resep pasta gigi dari baking soda dari Dentaly.org yang mungkin dapat menjadi referensi Anda:

  • 100 gram baking soda (kurang dari setengah cangkir)
  • 10-15 tetes minyak alami dengan rasa sesuai selera
  • Air purifikasi
  • 1 sendok teh garam laut

Campurkan baking soda, garam, dan minyak alami sambil menambahkan air sedikit demi sedikit hingga pasta terbentuk. Anda dapat menyesuaikan konsistensi dari pasta gigi sesuai keinginan. Garam laut bermanfaat untuk menambah mineral, tetapi jika tidak suka dengan rasanya, Anda boleh untuk tidak menggunakannya.

Manfaat baking soda untuk membantu gigi kembali putih sudah dibuktikan oleh berbagai jurnal dan penelitian. Tentu Anda dapat membuat pasta gigi sendiri seperti dengan resep yang sudah dijelaskan sebelumnya. Hanya, tetap perhatikan jumlah baking soda yang digunakan agar tidak menimbulkan efek samping.

Anda juga dapat menambahkan minyak kelapa (coconut oil) dalam campuran pasta gigi racikan sendiri. Perpaduan baking soda dan minyak kelapa dapat menghasilkan pasta atau busa yang aman dan lembut untuk gigi. Selain itu, minyak kelapa dikenal dapat meningkatkan kesehatan mulut dan gigi serta berpotensi melawan bakteri penyebab kerusakan gigi.

Cara yang lebih praktis jika ingin mendapat manfaat dari baking soda adalah dengan memilih pasta gigi yang mengandung senyawa ini. Satu hal yang perlu dipertimbangkan adalah Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu apabila memiliki kondisi gigi sensitif atau masalah kesehatan mulut dan gigi lainnya.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut di Masa Pandemi

Berikut beberapa alasan mengapa penting untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut mengingat pandemi COVID-19 masih berlangsung, serta tips untuk melakukannya.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Konten Bersponsor
cara menjaga kesehatan gigi
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 30 Juni 2020 . Waktu baca 4 menit

Adakah Cara untuk Memperbaiki Lapisan Enamel Gigi yang Rusak?

Enamel merupakan lapisan gigi yang ketika rusak tidak bisa kembali normal dengan sendirinya. Lalu, adakah cara untuk memperbaiki kerusakan pada enamel gigi?

Ditulis oleh: Roby Rizki
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 17 Juni 2020 . Waktu baca 4 menit

3 Langkah Mencegah Ngilu Akibat Gigi Sensitif Saat Puasa

Ngilu akibat gigi sensitif dapat kambuh saat berbuka dan sahur saat puasa. Agar makan dan minum tetap nikmat, yuk ketahui cara mengcegah gigi ngilu ini!

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Konten Bersponsor
mencegah gigi ngilu
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 20 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit

4 Cara Ampuh Mengatasi Sakit Gigi Saat Sedang Puasa

Puasa saat sakit gigi? Jangan khawatir! pasalnya ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meredakan sakit gigi saat puasa tanpa harus menelan obat!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Hari Raya, Ramadan 5 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

tips menjaga kesehatan gigi dan mulut

11 Prinsip Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Sehari-hari

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 16 Oktober 2020 . Waktu baca 6 menit
sakit gigi atau gigi sakit

Sakit Gigi

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 16 Oktober 2020 . Waktu baca 11 menit
perawatan gigi ke dokter

12 Jenis Perawatan Gigi Melalui Prosedur Medis

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Agina Naomi
Dipublikasikan tanggal: 14 September 2020 . Waktu baca 8 menit
kesehatan gigi dan mulut

3 Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut demi Senyum yang Indah

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Agina Naomi
Dipublikasikan tanggal: 14 September 2020 . Waktu baca 5 menit