Operasi Ambeien: Apakah Harus Dilakukan Agar Sembuh Dari Ambeien?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Ambeien (juga dikenal sebagai wasir atau hemoroid) adalah penyakit yang sering terjadi pada pria dan wanita. Namun, ambeien lebih sering terjadi pada ibu hamil dan pasien dengan sembelit (susah buang air besar) atau diare kronis. Ambeien bisa disebabkan oleh berbagai banyak hal, salah satunya akibat mengejan terlalu keras, duduk terlalu lama, hingga bisa terjadi karena faktor keturunan. Ada beberapa pilihan pengobatan untuk ambeien. Namun, apakah harus operasi ambeien untuk sembuh dari penyakit ini? Cari tahu jawabannya di sini.

Mengenal ambeien

Ambeien adalah pembengkakan vena di daerah anus atau di bawah anus. Pembengkakan ini seperti daging yang muncul di daerah anus, bisa terbentuk dalam berbagai ukuran mulai sebesar biji buah sampai seukuran buah anggur. Hal ini bisa meyebabkan perdarahan ketika Anda buang air besar dan membuat Anda merasa tidak nyaman.

Sekitar 50 persen orang dewasa mengalami gejala ambeien pada usia 50 tahun. Umumnya, ambeien disebabkan karena sering mengejan saat BAB. Ambeien (hemoroid) memiliki dua jenis yang dibagi berdasarkan letaknya, yaitu:

  • Hemoroid internal. Ambeien yang berada di dalam anus dan tidak terlihat dari luar. Biasanya hemoroid internal tidak menimbulkan rasa sakit, tapi menyebabkan pendarahan.
  • Hemoroid eksternal. Ambeien ini dapat terlihat dari luar, karena berada di bawah kulit sekitar anus. Hemoroid eksternal mungkin terasa gatal atau nyeri, bikin Anda kesulitan duduk, dan terkadang bisa robek sampai berdarah.

Haruskah melakukan operasi ambeien?

Operasi ambeien akan disarankan jika pengobatan lain untuk ambeien tidak berhasil. Jadi, ketika dokter mendiagnosis ambeien, Anda belum tentu membutuhkan operasi. Operasi ambeien akan dilakukan untuk ambeien/ hemoroid eksternal yang besar dan ambeien/ hemoroid internal yang telah keluar dari dinding rektum ke anus. Ada dua prosedur operasi ambeien, yaitu:

1. Hemoroidektomi

Hemoroidektomi adalah cara paling efektif untuk mengobati ambien yang berat dan berulang. Hemoroidektomi akan mengangkat jaringan berlebih yang menyebabkan perdarahan. Operasi ambeien ini dapat dilakukan dengan anestesi lokal yang dikombinasikan dengan sedasi, anestesi spinal, atau anestesi umum.

Kebanyakan orang akan mengalami rasa sakit setelah operasi ambeien ini. Anda bisa mengonsumsi obat penghilang rasa sakit untuk mengatasinya. Waktu pemulihan biasanya sekitar dua minggu, tapi mungkin bisa lebih lama sekitar tiga sampai enam minggu untuk beraktivitas normal.

2. Hemorrhoidopexy

Hemorrhoidopexy atau disebut sebagai stapling/ menjepit ambeien yang keluar dari dinding rektum ke anus sehingga dapat kembali ke tempatnya di dalam rektum Anda dan memotong aliran darah sehingga jaringan akan menyusut dan diserap kembali.

Waktu pemulihan operasi ambeien ini lebih cepat dari hemoroidektomi. Anda juga bisa kembali bekerja lebih cepat, yaitu sekitar tujuh hari setelah pelaksanaan operasi. Prosedur ini juga tidak terlalu menyakitkan.

Apa saja pengobatan untuk ambeien?

Mengonsumsi makanan berserat tinggi dan minum delapan sampai sepuluh gelas air per hari dapat membantu Anda mengatasi gejala dengan membantu gerakan usus lebih lembut dan lebih teratur.

Dokter Anda mungkin merekomendasikan krim atau salep untuk mengurangi gatal, rasa sakit, atau pembengkakan sesekali. Obat penghilang rasa sakit seperti aspirin, ibuprofen, dan paracetamol juga mungkin akan disarankan oleh dokter Anda. Selain itu, ada beberapa pilihan pengobatan untuk ambeien, antara lain:

  • Ligasi pita karet (menghilangkan ambeien tanpa pembedahan)
  • Skleroterapi
  • Kompres air dingin
  • Sitz bath dengan air hangat

Sebaiknya diskusikan dengan dokter Anda cara mana yang paling tepat untuk mengatasi kondisi Anda, dan apakah Anda benar-benar membutuhkan operasi. Tak ada salahnya untuk minta pendapat dari dokter lain (second opinion) jika Anda masih ragu untuk menjalani operasi ambeien.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Februari 23, 2018 | Terakhir Diedit: Februari 22, 2018

Sumber
Yang juga perlu Anda baca