Sejak dahulu kala, totok sudah dikenal sebagai salah satu langkah ampuh untuk menyembuhkan penyakit. Seiring perkembangan zaman, kini totok telah bertransformasi menjadi perawatan kecantikan yang kian banyak digandrungi para wanita. Selain bisa dilakukan pada tubuh, totok juga bisa dilakukan di wajah yang tak kalah bermanfaat dari segi kesehatan dan kecantikan. Mulai tertarik untuk mencobanya? Simak dulu semua hal yang perlu Anda tahu seputar totok wajah.

Apa itu totok wajah?

cara memakai serum wajah

Totok wajah adalah satu perawatan tubuh yang sudah lama dipercaya berkhasiat baik di negara asalnya, Tiongkok (RRC). Negara yang kerap mendapat julukan tirai bambu ini memadukan dua metode sebagai cikal bakal totok wajah.

Kedua hal tersebut yaitu pijat akupresur dan tekanan energi tenaga dalam, yang kemudian dialirkan secara bersamaan ke seluruh tubuh agar membuat penikmatnya merasa lebih rileks. Menurut ilmu pengobatan tradisional, manfaat totok muka didapat melalui pijatan di sepanjang jalur meridian tubuh.

Sebenarnya cara kerja totok tidak jauh berbeda dengan akunpuntur, yakni sama-sama melibatkan tekanan di beberapa titik-titik tertentu pada tubuh. Fungsinya untuk memancarkan energi yang penting untuk tubuh nantinya, yang disebut sebagai “chi” atau “qi”.

Bukan hanya itu saja. Jalur meridian yang dimulai dari ujung jari tangan dan kaki Anda ini juga turut terhubung langsung dengan otak dan berbagai organ, sehingga diyakini bisa membantu mengatur sistem komunikasi antar jaringan di dalam tubuh.

Manfaat totok wajah untuk kecantikan

facial wajah

Bagi para penggiat kecantikan, perawatan wajah yang satu ini punya beragam manfaat baik untuk memberikan kulit wajah yang senantiasa segar, bercahaya, dan awet muda.

Dendy Engelman, MD, seorang dokter spesialis kulit di New York City, mengungkapkan bahwa totok wajah dapat membantu melancarkan peredaran darah dan memperbaiki drainase sistem limfatik.

Sistem limfatik tubuh memiliki peran penting untuk menyerap maupun menghilangkan kelebihan cairan, protein, racun, serta limbah yang mengendap di dalam tubuh. Alhasil, peredaran darah yang lancar ini nantinya akan meningkatkan proses penghantaran oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit wajah.

Selain itu, perawatan wajah yang satu ini juga akan membantu proses pengeluaran racun dari dalam kulit (detoksifikasi), menyamarkan kerutan, dan mengencangkan kulit wajah. Itulah mengapa usai melakukan totok, biasanya wajah Anda akan terasa lebih segar, halus, dan sehat.

Manfaat totok wajah untuk kesehatan

Uniknya lagi, energi yang dihantarkan dari tekanan pijat akupresur pada wajah tersebut akan memicu munculnya efek positif tidak hanya bagi tubuh saja, tapi juga untuk pikiran Anda.

Ya, perawatan kecantikan ini juga dipercaya bisa menjadi cara yang cukup efektif untuk melepas stres dan memperbaiki suasana hati (mood). Bahkan, tidak sedikit yang menggunakan totok atau pijatan pada titik akupresur di wajah untuk membantu meredakan sakit kepala.

Terlepas dari manfaatnya yang tidak main-main bagi wajah dan kecantikan, totok yang dilakukan di beberapa bagian tubuh juga memberikan manfaat yang tidak kalah baiknya. Misalnya untuk meredakan mual dan muntah karena mabuk perjalanan, setelah operasi, setelah kemoterapi, dan kondisi lainnya.

Bagaimana cara totok wajah dilakukan?

mengatasi sinusitis

Perawatan kecantikan yang satu ini dilakukan oleh seorang terapis atau praktisi akupresur yang telah ahli di bidangnya. Jadi, Anda tidak perlu khawatir dengan keamanannya. Bukan seperti akunpuntur yang menggunakan media jarum untuk pengobatannya.

Praktisi akupresur untuk totok wajah biasanya memakai jari tangan, telapak tangan, atau suatu alat khusus guna memberikan tekanan di titik-titik akupresur pada jalur meridian tubuh. Tak jarang, beberapa di antaranya juga melibatkan pijatan selama proses totok muka berlangsung.

Selama perawatan ini berlangsung, Anda akan diminta untuk duduk atau berbaring di atas kasur pijat yang telah disediakan. Praktisi akan menekan beberapa titik akupresur pada wajah secara perlahan. Sesi totok muka ini biasanya memakan waktu kurang lebih 60 menit lamanya, dengan beberapa pembagian waktu di masing-masing pijatan area wajah.

Anda mungkin membutuhkan beberapa kali sesi totok wajah sampai mendapatkan hasil dan manfaat optimalnya.

Bisakah melakukan perawatan ini sendiri?

Meski lebih sering dilakukan di klinik-klinik kecantikan, sebenarnya Anda juga bisa melakukan totok wajah sendiri di rumah. Namun, alangkah baiknya untuk tetap berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahlinya demi memperoleh instruksi yang tepat.

Tidak jauh berbeda dengan totok wajah yang dilakukan oleh seorang praktisi. Ketika dilakukan sendiri, perawatan kecantikan ini juga melibatkan tekanan dari jari dan telapak tangan pada titik-titik di wajah. Cara melakukannya yakni dengan memberikan tekanan pada satu area selama 30 detik.

Semakin mendekati hitungan ke-30, usahakan untuk semakin menambahkan sedikit demi sedikit kekuatan pada tekanan tersebut. Selanjutnya, turunkan kekuatan pada tekanan secara bertahap selama 30 detik.

Ulangi hal tersebut pada titik akupresur wajah yang sama sebanyak 3-5 kali. Lakukan kembali pada titik akupresur wajah yang lainnya dengan metode dan hitungan yang sama. Berikut beberapa gerakan totok muka dengan berfokus pada titik akupresur yang bisa Anda lakukan di rumah:

1. Tengah dahi

Sumber: Health

Totok ini berpusat tepat di tengah antara kedua alis Anda, alias di mana pangkal hidung bertemu dengan pusat dahi.

Tekanan di bagian ini dapat merangsang kerja kelenjar endokrin dan hipofisis pada otak yang diyakini akan meningkatkan tampilan keseluruhan kulit.

Di samping itu, pijat akupresur di bagian ini juga bisa membantu meredakan kelelahan pada mata dan sinus yang sering mengakibatkan sakit kepala.

2. Tulang pipi

Sumber: Health

Totok muka ini dilakukan pada bagian tulang pipi, tepatnya di bagian samping hidung. Tujuannya untuk membantu melancarkan aliran darah, yang nantinya akan menyamarkan noda hitam dan keriput di wajah.

3. Samping cuping hidung

Sumber: Health

Turun sedikit dari tulang pipi ke samping cuping hidung, tekanan totok di area wajah ini bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah, menyamarkan kerutan, sekaligus mengatasi pembengkakan pada wajah.

Adakah kemungkinan efek samping dari totok wajah?

Normalnya, totok muka merupakan prosedur yang aman untuk dilakukan. Hanya saja, beberapa orang mungkin mengalami reaksi yang berbeda-beda usai melakuan perawatan wajah ini.

Baik itu timbul rasa nyeri, memar pada kulit, hingga pusing untuk sementara wajah. Jika Anda mengalami hal tersebut atau reaksi lainnya yang tidak biasa, segera sampaikan pada terapis Anda.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca