5 Penyebab Mengapa Tangan Tiba-tiba Membengkak di Pagi Hari

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Ketika bangun di pagi hari, bukannya perasaan semangat dan segar setelah tidur nyenyak semalaman, Anda malah merasakan ada yang tidak beres dengan tangan Anda. Ya, ternyata ternyata tangan Anda bengkak-bengkak. Penyebab tangan bengkak biasanya terjadi karena cairan, garam, maupun hormon yang menumpuk. Namun, kalau penyebab tangan bengkak adalah karena penyakit, biasanya turut disertai dengan rasa nyeri sebagai pelengkapnya.

Apa saja penyebab tangan bengkak di pagi hari?

jari bengkak

Kadang kala, tangan bengkak adalah tanda dari penyakit atau kondisi tertentu, seperti:

1. Arthritis

Tangan bengkak dan kaku, terutama di pagi hari, bisa disebabkan oleh arthritis atau peradangan sendi. Ada berbagai jenis arthritis yang dapat menjadi penyebab tangan bengkak saat baru bangun tidur, yakni:

  • Osteoarthritis, keadaan di mana sendi anggota tubuh terasa nyeri dan kaku.
  • Rheumatoid arthritis (RA), merupakan penyakit autoimun yang terjadi ketika sendi mengalami peradangan sehingga menimbulkan rasa nyeri, kaku yang lebih lama, dan bengkak.

2. Scleroderma

Scleroderma adalah penyakit autoimun yang terjadi ketika kulit dan jaringan ikat di dalamnya mengencang dan mengeras. Gejala awal scleroderma umumnya akan menyebabkan tangan dan jari-jari tangan bengkak di pagi hari karena adanya pengerasan pada area kulit tersebut.

3. Masalah ginjal

Salah satu penyebab tangan bengkak di pagi hari yang mesti Anda waspadai adalah gangguan fungsi ginjal. Ya, tangan yang bengkak mungkin menandakan ada yang tidak beres pada organ ginjal Anda.

Normalnya, ginjal bertugas untuk membuang racun serta kelebihan cairan dalam tubuh. Namun, ketika ginjal tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya, maka cairan bisa saja menumpuk di salah satu bagian tubuh Anda, termasuk tangan.

4. Carpal tunnel syndrome

Carpal tunnel syndrome adalah penyakit yang mengganggu saraf pergelangan dan sepanjang tangan Anda. Kondisi ini umumnya terjadi karena kedua tangan sering melakukan kegiatan berulang dalam waktu yang lama.

Ambil contoh, seperti mengetik, menyapu, memotong, dan lain sebagainya. Akibatnya, tangan mengalami mati rasa, kesemutan, nyeri yang menusuk, hingga pembengkakan.

5. Salah posisi tidur

Selain karena kondisi yang cukup serius, penyebab tangan bengkak yang Anda alami bisa saja karena posisi tidur yang kurang tepat. Jika Anda tidur dengan posisi tangan berada di bawah badan atau tertekuk semalaman, jelas saja Anda bangun di pagi hari dengan kondisi tangan yang sudah terasa nyeri, pegal, dan, membengkak.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Desember 14, 2018 | Terakhir Diedit: Desember 5, 2018

Sumber
Yang juga perlu Anda baca