Kenapa Punggung Bawah Saya Sakit Saat Batuk?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Saat batuk, tubuh terutama punggung akan ikut bergetar. Dalam kondisi ini, batuk juga akan menggerakkan punggung bagian bawah. Biasanya punggung akan bergerak condong ke arah depan ketika batuk. Dikarenakan batuk memengaruhi posisi tubuh Anda, kemungkinan untuk merasakan sakit pada punggung cukup besar. Sebagian orang bahkan merasakan sakit pada punggung bagian bawah atau pinggang. Lantas apa penyebab bagian bawah punggung sakit saat batuk?

Penyebab bagian punggung bawah sakit saat batuk

mengatasi sakit pinggang

Biasanya hanya orang-orang dengan batuk kronis yang akan mengalami rasa sakit yang yang cukup menusuk di punggung bagian bawah atau pinggang. Batuk kronis adalah batuk yang berlangsung selama delapan minggu atau lebih. Kondisi ini tak hanya melelahkan tetapi juga bisa membebani punggung dan menyebabkan kontraksi yang lebih dari biasanya.

Ketika punggung sakit saat batuk kronis, penyebabnya adalah tekanan berlebih pada bagian belakang tubuh. Saat batuk berangsur sembuh, maka biasanya nyeri punggung bawah juga akan hilang dengan sendirinya.

Namun, ketika Anda hanya mengalami batuk ringan tetapi punggung bagian bawah terasa sakit, kemungkinan besar ada masalah lain. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh masalah pada tulang belakang atau otot yang akan bertambah parah saat batuk. Sakit punggung bawah dapat disebabkan oleh beberapa kondisi seperti:

1. Herniated disk

Kondisi ini terjadi saat bantalan karet (cakram) yang berada di antara tulang belakang ini menonjol keluar atau pecah dan menekan akar saraf. Herniated disk ini juga bisa terjadi saat Anda mengalami batuk kronis akibat terlalu banyak membungkuk sehingga menekan tulang belakang Anda.

2. Cedera otot

Cedera otot bisa terjadi saat Anda melakukan aktivitas fisik melebihi kemampuan Anda. Selain itu, cedera juga bisa terjadi saat otot punggung terkilir ataupun menegang. Akibatnya, ligamen atau bagian yang menghubungkan tulang dan sendiri robek.

3. Kejang otot

Kejang otot bisa terjadi saat otot mengalami kontraksi secara berlebihan dan tiba-tiba, termasuk saat batuk. Biasanya, kejang akan berlangsung selama beberapa detik dan otot akan menegang.

4. Kualitas kasur yang buruk

Kondisi kasur yang sudah terlalu lama tidak diganti juga bisa menyebabkan sakit punggung bawah. Pasalnya, punggung membutuhkan bantalan yang empuk saat tidur untuk menunjang kesehatan. Akibatnya, ketika punggung tidak ditopang oleh kasur yang tepat maka nyeri punggung bawah akan semakin kuat ketika Anda sedang batuk kronis.

Apakah harus periksa ke dokter?

Granuloma Inguinale adalah

Anda perlu segera pergi ke dokter jika nyeri punggung tak kunjung membaik dalam dua minggu. Selain itu, gejala lainnya yang menandai bahwa Anda memiliki kondisi serius lain dari sekedar kontraksi punggung saat batuk, yaitu:

  • Demam
  • Rasa sakit semakin terasa di malam hari
  • Kehilangan kendali kandung kemih (sering mau mengompol)
  • Mati rasa, lemas, dan kesemutan pada satu kaki atau keduanya.
  • Rasa sakit yang muncul setelah trauma seperti setelah terjatuh.
  • Rasa sakit dan berdenyut pada perut.
  • Berat badan turun secara tiba-tiba tanpa alasan yang jelas.

Perhatikan juga apakah batuk kronis yang Anda alami membaik seiring dengan berjalannya waktu. Pasalnya, mengobati batuk harusnya membantu meredakan rasa sakit pada punggung bawah Anda yang ternyata bermasalah.

Agar terhindar dari rasa sakit akibat tekanan dan postur yang salah, usahakan untuk tetap menjaga agar kondisi tulang belakang Anda tidak terlalu membengkok termasuk condong ke depan. Sebaiknya usahakan posisi bahu rileks menghadap ke bawah agar punggung tidak berkontraksi secara berlebih saat batuk.

Baca Juga:

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca