6 Penyebab Kedutan di Alis dari Hal Sepele Hingga Penyakit

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Banyak yang beranggapan jika alis mata kedutan adalah pertanda akan ada rezeki yang datang. Faktanya, tidak demikian. Alis kedutan erat kaitannya dengan kondisi tubuh dan kebiasaan sehari-hari yang Anda lakukan. Jadi, apa saja sih penyebab kedutan di alis? Yuk, cari tahu jawabannya supaya Anda tidak lagi keliru.

Berbagai penyebab kedutan di alis

Kedutan menandakan bahwa otot di sekitar jaringan menegang. Gerakan yang tidak diinginkan ini bisa terjadi pada seluruh bagian tubuh Anda, termasuk kelopak mata.

Nah, otot kelopak mata yang menegang ini bisa menggerakan kulit di sekitar alis sehingga Anda akan merasakan kedutan di alis. Pada kebanyakan kasus, alis kedutan akan terjadi dalam beberapa detik, menit, atau jam dan akan hilang dengan sendirinya.

Meski tidak menimbulkan rasa nyeri, alis yang terus berkedut pasti menimbulkan rasa tidak nyaman. Supaya dapat diatasi, Anda perlu tahu apa penyebab kedutan di alis. Ada berbagai hal yang kelihatannya sepele namun dapat menjadi penyebab alis kedutan. Bisa juga terjadi karena tanda penyakit yang serius.

Berbagai hal sepele dan kondisi tertentu yang menyebabkan alis Anda berkedut, antara lain:

1. Terlalu banyak kafein

Anda penggemar kopi? Ya, kopi mengandung kafein. Begitu juga dengan teh, soda, dan minuman energi lainnya. Kafein pada minuman tersebut memang membuat Anda lebih waspada. Namun, jika diminum terlalu banyak, otot tubuh akan mengejang. Jadi, perhatikan kembali asupan kopi dan minuman berkafein lainnya yang Anda minum.

2. Minum alkohol dan merokok

Sama seperti efek kafein, minuman beralkohol dan rokok juga merangsang otot tubuh jadi tegang dan berkedut. Jika kebiasaan ini terus dilakukan, alis kedutan pun akan sering terjadi.

Penggunaan alkohol dan menghirup asap rokok dalam jangka panjang berdampak buruk pada kesehatan tubuh Anda. Untuk itu, mengurangi asupan alkohol dan berhenti merokok bukan hanya mencegah alis kedutan tapi menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

3. Pakai obat-obatan tertentu

Penyebab kedutan di alis lainnya adalah obat-obatan. Obat antipsikotik dan obat antiepileptik sering kali menyebabkan otot menegang dan tremor (tubuh gemetaran). Penggunaan obat diuretik juga bisa menyebabkan tubuh kekurangan magnesium. Akibatnya, otot tubuh akan rentan mengejang.

Jika Anda mencurigai obat-obatan tersebut yang menyebabkan alis berkedut, jangan hentikan pengobatan tanpa izin dokter. Jadi, selalu dahulukan konsultasi dokter. Dokter mungkin akan meresepkan Anda obat jenis lain atau menurunkan dosisnya.

4. Mata lelah

Menghabiskan banyak waktu menatap layar ponsel atau komputer pasti membuat Anda lelah. Pada saat itu, mata harus bekerja sangat keras sehingga akan menegang dan berkedut. Supaya mata tidak lelah, pastikan mata beristirahat di sela-sela kerja dan pastikan jarak mata ketika melihat benda juga sesuai.

Selain terlalu lama melihat layar, kelelahan mata juga bisa disebabkan oleh orang dengan masalah refraksi seperti, rabun dekat, rabun jauh, atau silinder berusaha melihat tanpa bantuan kacamata.

5. Stres dan kurang tidur

Stres sering kali membuat tidur Anda terganggu. Anda akan bangun kesiangan dan mata juga terasa lelah. Mata yang lelah ini jika dipaksakan untuk bekerja bisa menegang. Pada akhirnya, akan menyebabkan kedutan di alis. Jika penyebab kedutan di alis memang hal ini, coba perbaiki lagi waktu tidur dan kurangi stres yang Anda hadapi.

6. Punya masalah medis tertentu

Penyebab kedutan di alis ini bisa muncul karena adanya masalah pada tubuh. Beberapa masalah kesehatan yang membuat alis kedutan, antara lain:

  • Tubuh kekurangan magnesium dan kalium. Mineral ini berperan penting pada kesehatan otot dan saraf. Jika Anda kurang mengonsumsi pisang, alpukat, dark chocolate, dan kacang-kacangan, kedutan di mata bisa terjadi.
  • Alergi. Orang yang alergi sangat rentan dengan kedutan di alis. Peneliti percaya bahwa histamin yang dilepaskan akan membuat area sekitar mata akan gatal. Gerakan menggosok mata terus-menerus dapat memicu mata dan alis berkedut.
  • Bell’s pallsy. Kondisi ini menyebabkan kelumpuhan sementara pada otot-otot di wajah. Nah, salah satu gejalanya adalah adanya kedutan di wajah, baik itu alis, mata, atau bibir.
  • Dystonia. Kondisi yang mengacu pada kejang otot tidak terkendali menyebabkan otot bergerak melambat. Biasanya kondisi ini terjadi pada orang yang memiliki penyakit Parkinson, radang otak, aneurisma otak, atau ensefalopati.
  • Multiple sclerosis. Penyakit ini memengaruhi otak dan sumsum tulang belakang. Selain gangguan bicara, kelelahan tubuh ekstrem, kesulitan untuk mengingat, penyakit ini juga menjadi penyebab kedutan di alis sering terjadi.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca