Apa Kata Dunia Medis Tentang Manfaat Sari Pati Ayam untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 23 Maret 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang



Sari pati ayam sudah lama diketahui memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Sari pati ayam adalah ekstrak yang didapat dari proses pemanasan ayam sedemikian rupa, sehingga memunculkan asam amino dan peptida yang terbukti memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Berbeda dengan makan daging ayam atau kaldu ayam biasa, “minum ayam” lebih sehat karena sari pati ayam mengandung lebih tinggi konsentrasi asam amino peptidanya, namun bebas lemak dan bebas kolesterol sehingga tidak memiliki efek samping.

Sari pati ayam ini sudah lama dipercaya sebagai minuman untuk menjaga kesehatan, di Eropa maupun di Asia. Memangnya apa saja manfaat sari pati ayam yang sudah teruji secara medis?

1. Meningkatkan fokus dan konsentrasi otak

Orang yang sedang mengalami stres atau kelelahan tentu akan sulit memusatkan perhatian, entah saat belajar atau melakukan pekerjaan sehari-hari saat mengejar deadline. Bila Anda mengalami hal yang sama, ini bisa disiasati dengan minum sari pati ayam.

Sari pati ayam mengandung asam amino yang bermanfaat untuk mengatasi rasa cemas akibat stres. Sebuah penelitian oleh Zain AM dan timnya yang diterbitkan pada Malaysian Journal of Medicine and Health Sciences pada 2008 melaporkan bahwa sari pati ayam memberikan hasil positif pada kinerja otak yang diukur melalui EEG.

Gelombang alfa dan beta pada target penelitian yang diberikan sari pati ayam menunjukkan adanya peningkatan di layar EEG. Ini artinya, pelepasan hormon stres dalam tubuh menjadi lebih maksimal, sehingga stres pun lebih cepat diatasi.

Sari pati ayam juga terbukti meningkatkan aliran oksigen ke otak sehingga membuat kinerja otak lebih optimal, sehingga setelah minum ayam, Anda lebih mudah berkonsentrasi penuh terhadap apa pun yang sedang Anda kerjakan.

Pada grafik di atas, gambar sebelah kiri menunjukkan kondisi otak responden yang diberi protein, sedangkan gambar yang kanan menunjukkan otak responden yang diberi sari pati ayam. Terlihat bahwa setelah minum sari pati ayam, tingkat oxy-haemoglobin di otak responden jauh lebih meningkat dibanding responden yang diberi protein biasa. Ini artinya, setelah minum sari pati ayam, level konsentrasi dan fokus otak seseorang bisa meningkat pesat.

2. Mengurangi kelelahan tubuh

Salah satu khasiat terbaik dari sari pati ayam adalah meningkatkan laju metabolisme tubuh. Hal ini telah dibuktikan oleh Takeshi Ikeda dan timnya pada jurnal yang diterbitkan pada Bioscience, Biotechnology, and Biochemistry tahun 2001, dengan melakukan uji sari pati ayam terhadap disfungsi metabolik akibat stres.

Laju metabolisme adalah jumlah kalori yang harus dibakar guna menjalankan fungsi tubuh. Jika tingkat metabolisme tubuh cepat, maka proses pembakaran kalorinya menjadi lebih efisien sehingga mengurangi jumlah lemak di tubuh. Nah, konsumsi sari pati ayam telah terbukti meningkatkan laju metabolisme, sehingga pasokan energi tubuh menjadi lebih maksimal dan Anda pun tidak mudah lelah.

Dalam sebuah studi yang dilakukan pada 17 responden sehat, konsumsi sari pati ayam dapat meningkatkan laju metabolisme istirahat. Selain itu, bahan alami ini dapat mengurangi kadar lipid dalam plasma dan meningkatkan aktivitas lipoprotein lipase. Peningkatan metabolisme plasma lipid ini dapat dimanfaatkan sebagai energi tubuh untuk kembali beraktivitas.

Dalam grafik di atas, terlihat bahwa laju metabolisme responden setelah minum sari pati ayam (digambarkan dalam grafik hijau) menjadi lebih cepat dibanding responden yang diberi plasebo (digambarkan dalam grafik merah).

3. Mempercepat pemulihan setelah berolahraga

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada The Chinese Journal of Physiology tahun 2006, sari pati ayam terbukti dapat mempercepat pemulihan otot tubuh setelah berolahraga. Hsin-I Lo dan tim dalam risetnya mencatat bahwa kandungan bahan alaminya terbukti dapat meningkatkan pembuangan laktat dan amonia dalam plasma tubuh.

Studi ini melibatkan 12 partisipan untuk menjalankan olahraga tunggal hingga mengalami kelelahan. Dalam waktu 5 menit setelah latihan selesai, sebagian partisipan diberikan protein dan sebagian lainnya diberikan sari pati ayam untuk dikonsumsi secara langsung. Selanjutnya dilakukan pengambilan sampel darah selama masa pemulihan untuk mengetahui efek kedua bahan tersebut terhadap konsentrasi laktat dan amonia.

Hasilnya, tingkat amonia dan laktat pada kelompok yang mengonsumsi sari pati ayam ternyata lebih rendah dibandingkan dengan kelompok yang diberi protein. Artinya, minum sari pati ayam terbukti mampu mempercepat pemulihan tubuh yang lelah setelah beraktivitas.

Dari mana mendapatkan sari pati ayam?

Meski terbuat dari ayam alami (yang tidak disuntik hormon), sari pati ayam bukan sesuatu yang bisa Anda buat sendiri dengan mudah. Untuk mendapatkan manfaat sari pati ayam, perlu dilakukan proses pemanasan double-boiling selama 10-12 jam dengan suhu tinggi, menggunakan teknologi tertentu. Proses ini juga penting untuk memastikan ayam tidak lagi mengandung lemak dan kolesterol.

Untungnya saat ini sudah tersedia produk sari pati ayam yang siap minum. Namun pastikan Anda memilih produk sari pati ayam yang kandungannya 100% ayam, tanpa bahan pengawet dan bahan kimia tambahan. Anda juga tak perlu khawatir, karena minum ayam terbukti sehat dan aman bagi semua orang termasuk ibu hamil dan anak-anak di atas usia 6 bulan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Benarkah Pasak Bumi Bisa Bikin Pria Tahan Lama? Ini Bukti-buktinya

Pasak bumi dikenal masyarakat dapat mingikatkan gairah seksual dan menjadikan seorang pria tahan lama. Apa klaim tersebut sudah terbukti secara medis?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fauzan Budi Prasetya
Konten Bersponsor
pasak bumi bikin pria tahan lama
Hidup Sehat, Seks & Asmara 28 September 2017 . Waktu baca 4 menit

Benarkah Suplemen Vitamin C Bisa Meningkatkan Stamina?

Apakah Anda salah satu orang yang rutin mengonsumsi suplemen vitamin C? Tapi, apakah benar suplemen tersebut bisa menambah stamina Anda?

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Nutrisi, Hidup Sehat 27 Januari 2017 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

senam kegel pria

Manfaat Senam Kegel untuk Stamina Seks Pria dan Cara Melakukannya

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 9 September 2020 . Waktu baca 4 menit
manfaat ginseng buat pria

Ginseng Korea: Benarkah Ampuh Atasi Berbagai Masalah Seksual Pria?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 5 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit
cara meningkatkan stamina

4 Cara Meningkatkan Stamina Tubuh Agar Tak Gampang Lesu

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 15 Agustus 2019 . Waktu baca 4 menit
agar kuat lari

Ingin Stamina Tetap Prima Saat Lari? Yuk, Coba 5 Cara Mudah Ini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 1 Januari 2019 . Waktu baca 4 menit