6 Manfaat Minum Kopi untuk Kesehatan

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 28 September 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Zaman sekarang sudah banyak gerai kopi tersebar di seluruh pelosok kota, dijual dari mulai setingkat warung sampai kopi level premium. Kopi sudah bukan hal asing lagi bagi masyarakat. Pria wanita, tua muda semua menggemarinya. Namun, dengan segenap keistimewaan kopi, ada banyak orang yang menghindari kopi bukan karena tak suka dengan rasanya yang pahit cenderung asam, tapi dengan alasan kopi memiliki pengaruh buruk bagi kesehatan. Tapi tahukah Anda bahwa ada banyak manfaat minum kopi untuk kesehatan?  

1. Kopi membuat lebih bertenaga

Pastinya Anda semua tahu bahwa kopi mengandung kafein. Stimulan kafein ini mempengaruhi cara kerja otak dan menghasilkan efek “rangsangan” yang baik bagi tubuh . Efek ini meningkatkan level energi, suasana hati, kesadaran, dan fungsi otak. Dengan meminum kopi, tubuh Anda juga dapat lebih produktif sehari-hari.

2. Menurunkan risiko kematian

Ingin menurunkan risiko kematian? Sebuah National Institutes of Health – AARP Diet dan Studi Kesehatan menyatakan, di antara lebih dari 400.000 responden antara 1995 dan 2008, peserta penelitian yang meminum hanya satu cangkir setiap hari, berdampak mengurangi risiko kematian sebesar 6%. Minum kopi sekitar 2-3 cangkir atau 6 cangkir lebih dapat mengurangi risiko kematian sebesar 10% selama jangka waktu penelitian.

3. Menurunkan berat badan

Tahukah Anda hampir semua suplemen penurun berat badan yang dijual banyak dipasaran ternyata mengandung kafein? Mengapa kafein? Alasannya adalah karena kafein merupakan salah satu dari sedikit zat alami yang terbukti membantu pembakaran lemak.

Beberapa penelitian menunjukan bahwa kafein dapat meningkatkan proses metabolisme sebesar 3-11%. Penelitian lain menunjukan bahwa kafein dapat meningkatkan pembakaran lemak sebesar 10% pada orang yang menderita obesitas dan 29% pada orang yang tidak obesitas.

4. Kopi sumber antioksidan

Antioksidan ditemukan secara alami di banyak makanan dan minuman, dan diduga memberikan manfaat kesehatan dalam mencegah penyakit seperti penyakit jantung dan kanker dengan memerangi kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas merusak zat-zat yang dihasilkan melalui proses tubuh yang normal.

5. Kopi mencegah penyakit Parkinson

Manfaat minum kopi ternyata bisa mengurangi risiko penyakit Parkinson. Penyakit Parkinson merupakan penyakit karena degenerasi fungsi sel saraf yang ditandai dengan rasa gemetaran dan melemahnya saraf-saraf. Penyakit ini biasanya terjadi pada orang lanjut usia. Penelitian yang diterbitkan dengan judul “Journal of American Medical Association” pada tahun 2000 menyatakan bahwa minum kopi bisa menurunkan risiko Parkinson pada usia lanjut.

6. Kopi bisa menangkal diabetes

Penelitian tersebut juga menemukan fakta bahwa minum kopi bisa menurunkan kadar isoprostan dan interleukin. Fakta lain yang ditemukan adalah kopi meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik) dan menurunkan LDL (kolesterol jahat). Sedangkan kandunag kafein di dalam kopi  bukanlah kandungan yang dapat mencegah penyakit diabetes.

Beberapa orang percaya bahwa kafein adalah kandungan yang dapat mencegah penyakit diabetes muncul. Namun sebuah penelitian menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi kopi non kafein, efek mencegah munculnya penyakit diabetes semakin tinggi. Oleh sebab itu, maka kafein bukanlah zat yang dapat mencegah penyakit diabetes namun ada zat lain di dalam kopi yang berfungsi menangkal diabetes.

BACA JUGA:

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

6 Tips Membantu Pasangan yang Malu Berhubungan Intim

Mau coba hal-hal baru di ranjang, tapi pasangan Anda malu berhubungan intim? Tenang, Anda bisa membangkitkan kehidupan seks Anda dengan beragam cara ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Seks & Asmara 28 September 2020 . Waktu baca 4 menit

Begini Cara Menggunakan Tongkat Kruk yang Benar Saat Sedang Cedera Kaki

Ketika Ada mengalami cedera kaki, mungkin Anda akan diminta untuk menggunakan tongkat penyangga (kruk) untuk berjalan. Lalu bagaimana cara menggunakannya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Tips Sehat 28 September 2020 . Waktu baca 4 menit

Psoriasis pada Kulit Kepala

Selain menyebabkan kepala terasa sangat gatal, psoriasis kulit kepala juga bisa bikin rambut Anda jadi cepat rontok dari biasanya. Kenapa begitu, ya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Penyakit Kulit, Psoriasis 28 September 2020 . Waktu baca 7 menit

Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasi Psoriasis pada Kuku

Semua bagian tubuh bisa saja terserang psoriasis, termasuk kuku Anda. Simak ulasan lengkap tentang gejala dan perawatan psoriasis kuku dalam artikel ini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Penyakit Kulit, Psoriasis 28 September 2020 . Waktu baca 7 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Seks dengan Lampu Menyala

6 Alasan Seks Lebih Menyenangkan dengan Lampu Menyala

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 29 September 2020 . Waktu baca 4 menit
teh tanpa kafein

3 Jenis Teh yang Tidak Mengandung Kafein

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 29 September 2020 . Waktu baca 4 menit
Waktu Efektif Minum Kopi

Waktu Paling Sehat untuk Minum Kopi Ternyata Bukan Pagi Hari

Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 29 September 2020 . Waktu baca 4 menit
kebugaran jantung

Cara Mudah Ukur Kebugaran Jantung dan Paru, Tak Perlu Periksa ke Rumah Sakit

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fauzan Budi Prasetya
Dipublikasikan tanggal: 29 September 2020 . Waktu baca 4 menit