Mandi Saat Tubuh Berkeringat, Memangnya Boleh?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 24 Agustus 2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Harvard Medical School menyebutkan bahwa tubuh yang berkeringat sering kali menjadi salah satu alasan untuk mandi. Tubuh yang penuh peluh juga memicu bau badan, itu sebabnya banyak yang memilih untuk langsung mandi. Namun, apakah boleh jika langsung mandi saat tubuh masih berkeringat?

Bolehkah langsung mandi saat tubuh berkeringat?

Keringat membuat kulit jadi lengket. Selain itu, memberi peluang bagi kotoran, seperti debu menempel di kulit, keringat yang keluar dari sekitar ketiak, selangkangan, dan dada cenderung menyebabkan bau badan.

Pada beberapa kasus, keringat bisa menciptakan kelembapan yang merangsang pertumbuhan jamur atau bakteri yang ada di kulit.

Semua pertimbangan itulah yang membuat sebagian besar ahli kesehatan menyarankan untuk mandi setelah beraktivitas seharian. Contohnya, mandi setelah kegiatan yang cenderung membuat tubuh berkeringat, seperti setelah berolahraga atau melakukan aktivitas seharian di luar ruangan.

Mandi atau tidak ketika saat kondisi kulit masih berkeringat sebenarnya adalah pilihan Anda. Namun, kebanyakan orang akan memilih untuk mandi karena merasa tidak nyaman. Lantas, apa benar mandi saat keringat masih mengucur deras itu aman?

Sebelum menjawab boleh atau tidak mandi saat tubuh berkeringat, Anda perlu memahami proses pengaturan temperatur dalam tubuh (thermoregulation/regulasi temperatur). Regulasi temperatur tubuh merupakan kemampuan tubuh untuk mempertahankan suhu internal.

Salah satu faktor yang memengaruhi regulasi suhu tubuh adalah aktivitas. Semakin tinggi aktivitas yang Anda lakukan, suhu tubuh akan semakin meningkat.

Nah, untuk menormalkan kembali suhu tubuh, sistem saraf pusat akan mendinginkan kulit dengan mengeluarkan keringat. Itulah sebabnya tubuh akan berkeringat saat Anda aktif bergerak.

Setelah olahraga atau beraktivitas, tubuh akan terus menghasilkan panas untuk mengisi kembali cadangan energi dan menormalkan kembali sirkulasi darah. Proses ini membuat suhu inti tubuh tetap tinggi beberapa saat dan memicu keringat tetap keluar walaupun Anda sudah berhenti beraktivitas.

Seorang ahli fisiologi olahraga di San Fransisco, yakni Stacy Sims, PhD, menyarankan untuk tidak langsung mandi saat tubuh berkeringat. Terutama mandi dengan air yang sangat dingin.

“Suhu dingin dapat mempersempit pembuluh darah dan memicu suhu tubuh terus naik, ” ujar Stacy. Hal ini dapat menyebabkan panas tubuh tertahan dan gangguan pada pembuluh darah.

keringat berlebihan

Tips aman mandi saat tubuh berkeringat

Mandi saat tubuh berkeringat tak direkomendasikan, apalagi jika menggunakan air dingin. Daripada langsung mandi, sebaiknya turunkan dulu suhu tubuh Anda sebelum memutuskan untuk membersihkan diri.

Bila tubuh Anda berkeringat karena pulang dari kantor dengan berjalan kaki, jangan langsung bergegas untuk membersihkan tubuh. Cobalah untuk duduk dan atur pernapasan lebih dulu sesampainya di rumah. Anda juga minum segelas air untuk membantu menormalkan suhu tubuh sekaligus mencegah dehidrasi.

Sementara, apabila Anda berkeringat banyak setelah olahraga, baiknya lakukan latihan pendinginan lebih dahulu dibanding langsung mandi. Jangan lupa, minumlah segelas air untuk memulihkan tubuh dari rasa lelah. Setelah 15-20 menit setelahnya, barulah Anda mandi.

Selain memberi jeda waktu untuk menormalkan suhu tubuh, ada tips lain yang perlu Anda perhatikan jika tidak tahan dan ingin mandi setelah tubuh berkeringat. Pilih suhu air yang sesuai yang cocok dengan kondisi tubuh.

Mandi air dingin atau air hangat, keduanya baik untuk tubuh, asal air tidak terlalu panas atau terlalu dingin.

Mandi dengan air yang terlalu panas bisa membuat kulit Anda kering. Ketimbang memilih air panas, lebih baik Anda pilih air hangat. Suhu air yang hangat bisa mengurangi kekejangan pada otot setelah seharian beraktivitas.

Sementara, mandi air dingin bisa melegakan otot dari kelelahan atau cedera. Namun, mandi dengan air yang terlalu dingin di waktu malam bisa membuat tubuh menggigil. Tubuh yang kedinginan bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh sehingga berisiko membuat pilek atau flu.

Sekali lagi, sebaiknya Anda tidak langsung mandi saat tubu masih berkeringat deras. Jika tidak tahan, ingatlah untuk memilih suhu air yang tepat saat mandi sesuai kebutuhan Anda. Jangan terlalu dingin, jangan pula terlalu panas..

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kapan Harus Menggunakan Obat Antijamur Saat Muncul Gatal pada Kulit?

Gatal-gatal dapat mengganggu aktivitas harian. Temukan kapan obat oles atau salep berguna untuk mengatasi gatal-gatal karena jamur kulit.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Konten Bersponsor
ilustrasi wanita terkena infeksi jamur kulit yang dapat diatasi dengan obat oles atau salep jamur kulit
Dermatologi, Health Centers 22 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit

Alasan Merasa Segar Setelah Mandi, Sehat untuk Tubuh Kita

Merasa segar setelah mandi adalah satu dari banyak manfaat yang bisa Anda peroleh dari mandi. Namun, mengapa kesegaran tersebut bisa terasa?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Hidup Sehat, Fakta Unik 2 April 2020 . Waktu baca 4 menit

4 Kondisi yang Menjadi Penyebab Bercak Putih pada Kulit Bayi

Bercak putih pada kulit bayi bisa menandakan masalah kesehatan. Apa saja, ya? Lantas, bagaimana cara mengibatinya? Baca di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Bayi, Perawatan Bayi, Parenting 28 Februari 2020 . Waktu baca 6 menit

5 Tips Aman Berdandan Bagi Wajah yang Mudah Berkeringat

Keringat bisa melunturkan makeup. Jika wajah Anda mudah berkeringat, ikuti tips menggunakan makeup berikut ini agar tetap aman.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Hidup Sehat, Kecantikan 22 November 2019 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara membuat deodoran alami yang bisa dicoba di rumah

Cara Membuat Deodoran Alami yang Bisa Anda Coba di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 15 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit
cara memandikan bayi yang baru lahir

Agar Tidak Bingung, Berikut Cara Memandikan Bayi Baru Lahir

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 25 Juni 2020 . Waktu baca 9 menit
bau kaki

Penyebab Bau Kaki Tidak Sedap (dan Cara Mengusirnya)

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 15 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit
gonta-ganti sabun mandi

Efek Sering Gonta-Ganti Sabun Mandi Terhadap Kesehatan Kulit

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 24 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit