Liburan Cuma di Rumah? Usir Rasa Bosan dengan 5 Kegiatan Seru Ini

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 25/05/2020 . 4 menit baca
Bagikan sekarang

Menghabiskan liburan di rumah tak harus membuat Anda merasa bosan dan kesepian. Dengan aktivitas yang tepat, liburan bisa tetap menyenangkan meski tidak pergi ke melanglang buana. Beberapa kegiatan di rumah pun usut punya usut dapat menyehatkan tubuh dan pikiran. Ingin tahu apa saja kegiatan tersebut?

Beragam aktivitas seru saat liburan di rumah

Liburan adalah momen yang tepat untuk mencoba berbagai hal yang belum sempat Anda lakukan karena sibuk bekerja. Anda bisa menjalani hobi baru, memasak resep yang rumit dan menantang, menelepon keluarga, dan masih banyak lagi.

Berikut adalah beberapa kegiatan yang dapat Anda lakukan selama menikmati hari-hari libur di rumah:

1. Memasak hidangan yang berbeda dari biasanya

Jika biasanya Anda hanya punya cukup waktu untuk memasak singkat, liburan di rumah dapat menjadi momen untuk memasak hidangan yang baru. Cobalah membuat hidangan barat, Asia, atau mungkin Timur Tengah dengan rempahnya yang beragam.

Anda juga bisa mengajak siapa pun yang tinggal di rumah untuk memasak bersama. Anak-anak biasanya paling senang bila dilibatkan dalam kegiatan seperti ini. Ajak mereka melakukan hal dasar seperti mengupas bawang, menghias makanan, atau menyajikannya.

2. Mengajak teman-teman berkunjung ke rumah

Agar liburan tidak terasa sepi, ajaklah teman-teman Anda berkunjung ke rumah. Minta mereka membawa makanan masing-masing dan adakan pesta barbeku kecil-kecilan. Atau, cobalah permainan papan seperti catur, monopoli, dan sebagainya. Aktivitas ini akan meningkatkan kualitas hubungan Anda dan teman-teman.

Tidak punya alat-alat yang diperlukan? Tenang, Anda masih dapat menikmati liburan di rumah dengan menginap bersama. Anda bisa berkaraoke sepanjang hari, lalu memandangi awan dan bintang, membuat api unggun kecil, atau bertukar cerita seram menjelang tidur.

3. Bersih-bersih dan mengatur ulang interior rumah

bersih-bersih rumah

Kegiatan yang satu ini tidak sekadar menjadikan liburan terasa menyenangkan, tapi juga membuat Anda lebih sehat. Pasalnya, Anda jadi aktif bergerak dan setiap sudut rumah yang lama menjadi sarang kuman serta kotoran akhirnya kembali bersih.

Awali dengan membersihkan sudut-sudut rumah dari debu, lalu bereskan semua tumpukan barang. Pindahkan posisi furnitur agar Anda bisa membersihkan lantai dengan leluasa. Setelah semuanya bersih, Anda pun dapat mengecat dinding rumah untuk menciptakan suasana baru.

4. Movie marathon

Liburan di rumah tidak lengkap tanpa maraton film atau series TV favorit. Ketika liburan, Anda dapat menonton film apa pun dan selama apa pun yang Anda inginkan.

Ingin menikmati pengalaman nonton film yang lebih seru? Coba sewa proyektor film kecil dan arahkan ke dinding rumah yang berwarna terang. Matikan semua lampu, siapkan camilan sehat, dan ajak teman-teman terdekat Anda menikmati momen ini bersama.

5. Membuat kerajinan tangan

merajut
Sumber: L-informatique

Aktivitas seperti menjahit, merajut, menyusun manik-manik, dan sejenisnya ibarat meditasi bagi otak dan tubuh. Kegiatan ini membantu meredakan stres, menjernihkan pikiran, membuat tubuh terasa lebih rileks, serta meningkatkan kreativitas Anda.

Melalui kerajinan tangan, liburan di rumah menjadi suatu hal yang menenangkan. Apabila pikiran senantiasa tenang dan tubuh rileks selama liburan, Anda bisa kembali bekerja secara produktif begitu masa liburan sudah usai.

Menikmati hari-hari libur di rumah dapat menjadi pilihan bagi Anda yang mencari me time dan ketenangan. Kegiatan ini pun bisa mendekatkan Anda dengan teman-teman yang juga menikmati liburan dengan cara serupa.

Apa pun kegiatan yang Anda pilih, lakukanlah sepenuh hati agar keseruannya terasa optimal. Jangan lupa cukupi kebutuhan tidur agar Anda dapat menikmati hari-hari libur dengan mood yang baik dan tubuh yang fit.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Pentingnya Flossing Saat Liburan untuk Gigi yang Lebih Sehat

Flossing biasanya dianggap sebagai metode tambahan untuk menjaga kebersihan gigi. Maka itu, banyak orang yang bertanya perlukah flossing saat liburan?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 08/01/2020 . 4 menit baca

Pulang Liburan, Perlukah Anda Rutin Menggunakan Masker Wajah?

Terik matahari dan cuaca kering selama liburan dapat menyebabkan wajah kusam. Ini sebabnya Anda perlu menggunakan masker setelah liburan.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Hidup Sehat, Kecantikan 05/01/2020 . 3 menit baca

4 Tips Agar Tetap Sehat Setelah Liburan Usai

Banyak orang yang mengalami sakit setelah liburan. Untuk itu, ikuti 4 tips dasar berikut agar tetap sehat selama dan setelah liburan.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kebugaran, Hidup Sehat 05/01/2020 . 4 menit baca

Waspada Tidur Larut Malam saat Liburan, Ini Risikonya

Risiko tidur larut malam saat liburan perlu Anda perhatikan, mengingat jadwal padat yang sudah Anda rancang dari jauh-jauh hari.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Hidup Sehat, Fakta Unik 01/01/2020 . 4 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

mengatasi kulit lengket

Tips Mengatasi Kulit Lengket Setelah Berenang di Laut

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Dipublikasikan tanggal: 17/02/2020 . 4 menit baca
Terserang penyakit saat liburan

Berhati-hatilah, Kelima Jenis Penyakit Ini Sering Menyerang Saat Anda Bepergian

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Dipublikasikan tanggal: 16/02/2020 . 5 menit baca
liburan kanker kulit

5 Tips Liburan Nyaman untuk Pasien Kanker Kulit

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 15/02/2020 . 4 menit baca
olahraga setiap hari saat liburan

Bolehkah Bayar Utang Olahraga Sekaligus Langsung di Hari Libur?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 31/01/2020 . 4 menit baca