Saat ini, HP sudah jadi benda yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Tidak terkecuali saat ingin ke toilet. Banyak orang yang main HP di toilet, entah itu untuk mendengarkan musik, browsing, terima telepon, balas chat atau e-mail, ataupun sekedar cek sosial media. Namun, tahukah Anda jika kebiasaan satu ini nyatanya berbahaya?

Kenapa main HP di toilet itu tidak baik untuk kesehatan?

Salah satu cara termudah dari penularan penyakit adalah lewat sentuhan. Pasalnya, tangan merupakan salah satu rumah ternyaman bagi bakteri, kuman, dan virus penyebab penyakit. Sekitar 5ribu bakteri menghuni kedua tangan Anda setiap waktu. Oleh karena itu, sentuhan tangan, baik secara langsung dengan kulit orang lain maupun memegang benda, dapat menjadi sarana penyebaran bakteri.

Handphone adalah perpanjangan tangan Anda. Bakteri dan kuman yang seharian ada di tangan Anda bisa berpindah ke permukaan handphone. Kamar mandi sendiri merupakan ladang bakteri. Mulai dari tuas pembilas (flush), pegangan pintu, kran air, hingga di dudukan toilet, semua mengandung bakteri. Memegang benda-benda ini dan kemudian lanjut memegang hape selama menuntaskan “urusan kamar mandi” bisa memindahkan bakteri ke hape Anda.

Terlebih, saat Anda membilas toilet, air toilet akan bercampur dengan zat sisa urine dan feses yang bisa terciprat hingga 2 meter ke segala arah. Satu gram kotoran manusia bisa berisi satu triliun kuman. Cipratan air tersebut akan menguap dan bakteri yang dibawanya akan menempel di permukaan hape tanpa pernah Anda sadari. Mereka juga bisa merambat ke tangan bahkan setelah Anda cuci tangan, karena setelah cuci tangan Anda pasti akan kembali memegang hape. Bayangkan ada berapa banyak bakteri yang Anda angkut dari hape bergabung dengan bakteri yang sudah tinggal lama di tangan?

Mungkin Anda tidak akan langsung makan usai dari kamar mandi, tapi bakteri yang menempel di permukaan handphone akan dengan mudah berpindah tangan ke benda-benda lainnya yang Anda pegang, di luar kamar mandi. Bukannya tidak mungkin jika bakteri tersebut masuk ke dalam makanan Anda. Pasalnya, hampir semua orang pasti pernah iseng main HP saat makan – sekadar untuk cek linimasa atau balas e-mail si bos.

Yang bisa dilakukan untuk mencegah paparan bakteri dari HP

Periset di University of Arizona menemukan bahwa main HP di toilet diketahui bisa membawa bakteri sebanyak sepuluh kali lipat lebih banyak dibanding dudukan toilet. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Annals of Clinical Microbiology and Antimicrobials menemukan bahwa 95 persen HP para petugas kesehatan diketahui terpapar bakteri. Bahkan beberapa di antaranya berpotensi menyebabkan infeksi, seperti infeksi bakteri staph.

Untuk mengurangi kemungkinan Anda terinfeksi penyakit dari kebiasaan main HP di toilet, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dan lakukan, yaitu:

1. Cuci tangan

Cuci tangan merupakan hal yang mudah dilakukan tetapi sayangnya jarang dipraktikan. Pun sekalinya dipraktikkan, banyak orang yang tidak melakukan teknik cuci tangan dengan benar. Padahal, dengan cuci tangan yang benar, risiko penyebaran kuman dapat dikurangi. Jika Anda berada dalam keadaan mendesak dan memang tidak ada pilihan lain untuk cuci tangan, Anda bisa menggunakan hand sanitizer.

2. Rutin membersihkan ponsel

Jangan sampai keasikan main hape jadi membuat Anda lupa untuk menjaga kebersihan perangkat elektronik yang satu ini. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, HP Anda merupakan sarang bakteri dan kuman yang bisa meningkatkan risiko infeksi. Itu sebabnya, penting bagi Anda untuk merawat dan menjaga kebersihan HP Anda sendiri.

Idealnya, Anda bisa membersihkan dengan alkohol atau cairan antiseptik, namun mengingat HP Anda merupakan salah satu alat elektronik mahal, Anda harus menggunakan cara lain. Sebagai gantinya, Anda bisa membersihkan HP Anda menggunakan kain bersih yang lembut setiap hari. Atau jika perlu, pertimbangkan untuk menggunakan pembersih khusus untuk layar atau perangkat HP Anda secara keseluruhan.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca