Seberapa Sering Anda Harus Membersihkan Kulkas?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Menjaga kebersihan dari benda sehari-hari yang Anda pakai merupakan langkah awal dari usaha untuk meningkatkan kesehatan. Sebab, ada banyak kuman menempel pada benda-benda tersebut yang bisa memengaruhi kesehatan Anda. Salah satu benda yang harus Anda jaga kebersihannya adalah kulkas. Sebenarnya, seberapa sering kita harus membersihkan kulkas? Temukan jawabannya disini.

Kulkas adalah rumah bagi bakteri yang masuk melalui sayuran, buah, atau makanan mentah

Kulkas merupakan salah satu benda yang bekerja paling keras di dapur Anda. Tugasnya menjaga persediaan makanan Anda tetap segar dan awet. Jadi, sudah sewajarnya bila lemari pendingin ini pun dirawat dengan baik. 

Kulkas yang senantiasa bersih tak hanya enak dilihat melainkan juga bisa menjaga keawetan makanan dengan baik karena berfungsi maksimal. Lantas, seberapa sering seharusnya membersihkan kulkas?

Academy of Nutrition and Dietetics menyarankan untuk membersihkan kulkas secara ringan seminggu sekali. Ini termasuk melihat masa kadaluwarsa dan kondisi makanan yang Anda simpan di dalamnya. Dengan begitu Anda meminimalisir risiko keracunan makanan serta bau tak sedap di dalam kulkas.

Saat membersihkan kulkas setiap minggu, Anda pun perlu membersihkan tumpahan makanan di rak kulkas agar tak menyebabkan kontaminasi bakteri terhadap makanan lainnya. Demikian pula dengan pegangan pintu kulkas. Anda perlu rutin membersihkannya karena area ini rentan terpapar kuman.

Bila Anda telah rutin membersihkan kulkas setiap minggu, bukan berarti kemudian Anda tak perlu membersihkannya secara menyeluruh. Tanpa Anda tahu, lemari es adalah rumah bagi bakteri yang masuk melalui sayuran, buah, atau makanan mentah yang disimpan di dalamnya. Lemari es sebaiknya dibersihkan 3 sampai 6 bulan atau setidaknya empat kali dalam setahun. Membersihkan kulkas secara menyeluruh perlu dilakukan.

Ketika melakukannya, Anda perlu mengeluarkan semua isi kulkas dan mematikan aliran listriknya termasuk dengan membuang semua makanan yang sudah kadaluwarsa serta membersihkan bagian luar kulkas.

Produk apa yang sebaiknya digunakan untuk membersihkan kulkas?

Anda bisa membersihkan bagian permukaan kulkas dan raknya dengan spons bersih, baking soda, dan air. Atau Anda pun bisa menggunakan pembersih alami yang berupa campuran cuka, lemon, dan air.

Menyimpan sebotol bubuk baking soda dalam kondisi terbuka di salah satu rak kulkas juga merupakan ide baik. Ini akan menghindarkan kulkas dari bau tak sedap. Ganti baking soda setiap tiga bulan sekali agar tetap segar.

Sebenarnya, produk yang cocok untuk membersihkan lemari es adalah produk-produk yang biasa Anda pakai di dapur. Sabun cuci piring cair lebih aman dipakai dibandingkan produk pembersih lain semisal deterjen.

Cairan cuci piring memang didesain untuk mencuci peralatan makan dan memasak. Kulkas bisa kita masukkan ke dalam kategori ini karena bersentuhan dengan masakan dan bahan makanan. Lap yang dipakai juga sebaiknya yang khusus dan bersih. Spons lembut cuci piring atau kain serbet halus bisa menjadi pilihan.

Cara terbaik membersihkan kulkas

Setelah semua produk pembersih dan perlengkapan siap, saatnya memikirkan cara membersihkan lemari es. Berikut ini langkah-langkah yang dapat memandu Anda membersihkan kulkas.

  • Walau terdengar sepele, keluarkan semua makanan sebelum Anda mulai membersihkan lemari es. Sekalipun Anda menggunakan produk alami, Anda tentu tidak ingin kegiatan bersih-bersih menjadi tidak leluasa. Kulkas kosong mempermudah pekerjaan membersihkannya dan memperkecil kemungkinan kontaminasi.
  • Keluarkan semua bagian yang bisa dilepas, seperti laci dan rak. Isilah sebuah baskom dengan air hangat dan sabun cuci piring, untuk merendam bagian-bagian tersebut sebelum dilap dan dibilas.
  • Lap seluruh permukaan luar dan bagian dalam kulkas menggunakan tisu basah atau lap bersih yang dibasahi campuran sabun cuci piring dan air hangat. Gunakan kain mikrofiber atau spons berkualitas agar tidak meninggalkan serpihan-serpihan serat di dalam kulkas.
  • Untuk noda membandel, campur sedikit bubuk soda kue dengan sedikit air untuk menghasilkan campuran kental. Oleskan campuran ini pada noda dan diamkan selama satu jam sebelum mengelapnya menggunakan spons atau kain lembap. Bubuk soda kue membuat noda lebih mudah diseka bersih.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca