Kulkas Bau dan Kotor Itu Sumber Penyakit! Begini 4 Tips Mudah Membersihkannya

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Sesering apa Anda membersihkan kulkas? Apakah seminggu sekali, sebulan sekali, atau bahkan sangat jarang membersihkannya? Selain membuat kulkas lebih awet, membersihkannya dengan rutin juga bikin makanan tetap bersih dan terhindar dari kuman penyakit.  Sayangnya, masih banyak orang yang enggan atau menunda-nunda kegiatan mulia ini karena tidak tahu bagaimana cara membersihkan kulkas yang benar. Ingin kulkas tetap bersih dan terawat? Perhatikan aturan membersihkan kulkas dalam ulasan ini!

Panduan praktis cara membersihkan kulkas agar tetap higienis

Mungkin Anda sudah gemas melihat kulkas yang berisi tumpukan makanan dan berniat untuk membersihkannya. Namun, karena saking banyaknya, Anda bingung mau mulai dari mana. Sekarang, jangan tunda lagi rencana Anda untuk merawat dan menjaga tempat penyimpanan stok makanan harian. Segera praktikan cara membersihkan kulkas berikut ini, ya!

1. Bereskan dulu stok makanan sisa sebelum memasukkan yang baru

membersihkan kulkas

Kebanyakan orang kurang memahami cara membersihkan kulkas karena bingung dengan banyaknya persediaan makanan di dalamnya. Kuncinya, sebaiknya bersihkan kulkas terlebih dahulu sebelum Anda belanja stok makanan beberapa hari atau minggu ke depan.

Tak heran, Anda pasti akan kebingungan bagaimana harus membersihkan kulkas setelah belanja karena ada beragam persediaan makanan yang disimpan. Lain ceritanya kalau kulkas sudah rapi sebelum stok makanan baru datang.

Makanan yang tersisa tentu hanya tinggal sedikit, sehingga lebih memudahkan Anda untuk memilah-milah mana makanan dan minuman yang masih bisa dikonsumsi, dan mana yang sudah kedaluwarsa.

Secara tidak langsung, cara ini akan membuat kulkas selalu terjaga kebersihan dan kerapihannya karena rutin dibersihkan sebelum jadwal belanja datang. Semakin sering kulkas dibersihkan, semakin ringan pula beban Anda saat membersihkannya.

2. Bersihkan secara bertahap

Sumber: Absolute Service

Mulai dari bagian luar terlebih dahulu

Sebelum berkutat dengan bagian dalam kulkas, yang notabene merupakan bagian inti tempat menyimpan stok makanan dan minuman, bersihkan dulu bagian luarnya. Jangan lupa untuk mencabut stok kontak sebelum Anda mulai membersihkan kulkas.

Kemudian lap seluruh bagian luar kulkas, mulai dari depan, atas, hingga ke area belakang yang sering tersimpan banyak debu dan kotoran. Hindari menggunakan lap basah pada bagian kulkas yang banyak terdapat kabel listrik.

Keluarkan semua isi di kulkas

Setelah bagian luar kulkas beres, lanjutkan dengan membersihkan bagian dalamnya dengan mengosongkan makanan dan minuman terlebih dulu.

Melansir dari laman Reader’s Digest, Food and Drugs Administration (FDA) yang setara dengan Badan POM, menyatakan bahwa makanan yang harus dalam keadaan dingin tidak boleh ada di suhu ruang selama lebih dari 2 jam. Itu artinya, pastikan Anda harus selesai membersihkan kulkas kurang dari 2 jam.

Di sini, tugas Anda memeriksa tanggal kedaluwarsa dari setiap produk makanan dan minuman. Pilah-pilih kembali produk mana yang masih layak untuk dikonsumsi, serta mana yang sekiranya harus dibuang.

Lepaskan rak dan laci kulkas

Jika kulkas sudah kosong dan bebas dari produk apa pun, baru Anda boleh mengambil rak dan laci dari dalam kulkas agar lebih mudah ketika dicuci dan dibersihkan.

3. Bersihkan seluruh bagian dalam kulkas

Sumber: Today

Sekarang, saatnya Anda benar-benar membersihkan bagian dalam kulkas. Semprotkan cairan pembersih ke seluruh bagian dalam kulkas, kemudian lap perlahan sampai semua noda dan kotoran hilang. Begitu pula dengan laci dan rak yang telah dikeluarkan sebelumnya.

Cuci semua laci dan rak menggunakan sabun selayaknya Anda sedang mencuci piring, lalu bilas hingga bersih. Pastikan sudah tidak ada lagi kotoran dan sabun yang tersisa. Diamkan hingga rak dan laci kering, sebelum memasukkannya kembali ke dalam kulkas.

4. Tata kembali makanan dan minuman sesuai tempatnya

makanan tidak boleh masuk kulkas

Apabila semua tahapan sebelumnya telah Anda lakukan, kini saatnya menyusun kembali makanan dan minuman yang telah dipilih sebelumnya. Jangan asal taruh, sebaiknya pisahkan makanan dan minuman sesuai dengan jenisnya.

Misalnya letakkan daging mentah di dalam freezer agar tetap beku, sayur dan buah dalam laci paling bawah, botol minuman di rak tersendiri, sementara telur di wadah khusus supaya selalu segar dan tahan lama, dan makan lainnya sesuai jenisnya.

Demi menghindari kontaminasi bakteri, Anda bisa memasukkan setiap makanan ke dalam wadah khusus. Di sisi lain, cara ini akan membuat kulkas lebih rapi sehingga memudahkan Anda saat mencari bahan makanan.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca