Nama Generik: Sambiloto

Manfaat

Untuk apa sambiloto?

Andrographis atau sambiloto adalah tanaman asli negara-negara Asia Selatan seperti India dan Sri Lanka. Daun dan batang bawah tanahnya digunakan untuk membuat obat. Sambiloto dapat digunakan untuk mengobati:

  • pilek dan flu (influenza)
  • sakit tenggorokan, batuk, amandel bengkak, bronkitis, dan alergi
  • diare, sembelit, kembung, kolik, dan sakit perut
  • pembesaran hati, penyakit kuning, dan kerusakan hati
  • kusta, pneumonia, tuberkulosis, gonore, sifilis, malaria, kolera, rabies, sinusitis, dan HIV/ AIDS
  • luka, bisul, dan gatal-gatal
  • gigitan ular dan serangga

Bagaimana cara kerjanya?

Belum ada penelitian yang cukup tentang cara kerja suplemen herbal ini. Silakan berdiskusi dengan ahli herbal atau dokter untuk informasi lebih lanjut. Namun, ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa sambiloto digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati penyakit infeksi dan demam.

Sambiloto adalah tanaman yang memiliki zat antibakteri, antioksidan, antiradang, antikanker, dan sifat merangsang kekebalan tubuh (imun). Baik sendiri, atau dalam kombinasi dengan herbal lain, sambiloto telah terbukti mengurangi durasi dan keparahan infeksi saluran pernapasan atas (ISPA).

Ekstrak sambiloto dapat bermanfaat bagi pasien dengan kolitis ulserativa. Herbal ini juga mengurangi gejala rematik. Namun, pasien harus berhati-hati sebelum menggunakan ramuan ini karena dapat berinteraksi dengan banyak obat.

 

Dosis

Informasi yang disediakan di bawah ini bukanlah pengganti rekomendasi medis. Selalu konsultasikan dengan herbalis atau dokter Anda sebelum mengonsumsi obat ini.

Berapa dosis yang biasa digunakan untuk sambiloto untuk orang dewasa?

Sambiloto adalah tanaman jamu yang bisa dimanfaatkan untuk pilek, sinusitis, dan radang amandel. Gunakan pada dosis 60 mg. Dosis 10 mg/ kg mengakibatkan penghentian uji klinis karena efek samping. Uji klinis pada anak dengan infeksi saluran pernapasan atas melaporkan penggunaan sambiloto adalah 30 mg setiap hari selama 10 hari.

Dosis untuk suplemen herbal ini mungkin berbeda untuk setiap pasien. Dosis yang dipakai tergantung pada usia Anda, kesehatan, dan beberapa kondisi lain. Suplemen herbal tidak selalu aman. Silakan berdiskusi dengan ahli herbal atau dokter untuk dosis yang tepat bagi Anda.

Dalam bentuk apa saja sambiloto tersedia?

Suplemen herbal ini mungkin tersedia dalam bentuk kapsul atau tingtur herbal. 

Efek Samping

Apa efek samping sambiloto?

Sambiloto adalah herbal dapat menyebabkan beberapa efek samping di antaranya:

  • hipotensi (tekanan darah turun)
  • mual, muntah, dan gejala gangguan pencernaan lainnya
  • infertilitas

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak tercantum di atas. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang efek samping, silakan berkonsultasi dengan ahli herbal atau dokter.

Keamanan

Apa yang harus saya ketahui sebelum mengonsumsi sambiloto?

Simpan andrographis atau sambiloto di tempat kering yang jauh dari sinar matahari langsung. Berhati-hatilah jika Anda menggunakan sambiloto dengan antikoagulan, antiplatelets, imunosupresan, dan obat hipertensi.

Regulasi yang mengatur penggunaan suplemen herbal tidak terlalu ketat dibandingkan dengan peraturan penggunaan obat. Dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menentukan keamanannya. Sebelum menggunakan suplemen herbal, pastikan manfaatnya lebih banyak dibandingkan dengan risikonya. Konsultasilah dengan ahli herbal dan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Seberapa amankah sambiloto?

Data yang tersedia tidak cukup untuk menentukan seberapa aman penggunaan sambiloto pada wanita hamil dan menyusui. Sambiloto adalah herbal yang dapat digunakan oleh anak-anak di bawah pengawasan ahli herbal profesional.

Akan tetapi, sambiloto adalah herbal yang tidak boleh digunakan oleh orang yang memiliki hipersensitivitas.
Jangan gunakan pada penyakit kantung empedu, gangguan perdarahan, hipotensi, hyperacidity, dan ulkus duodenum.

Interaksi

Interaksi seperti apakah yang mungkin terjadi ketika saya mengonsumsi sambiloto?

Suplemen herbal ini dapat berinteraksi dengan obat Anda saat ini atau kondisi medis. Konsultasikan dengan ahli herbal atau dokter sebelum menggunakan.
Jika Anda mengambil obat untuk menurunkan tekanan darah, antikoagulan, dan obat antiplatelet, sambiloto dapat meningkatkan efek obat ini.

Andrographolide, kandungan dalam sambiloto, memiliki efek antioksidan yang dapat mengganggu tindakan dari beberapa obat kemoterapi. Menggunakan sambiloto jangka panjang dapat menurunkan aksi penekanan sistem kekebalan tubuh. Sambiloto adalah herbal yang bisa meningkatkan kadar enzim di hati.

 

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: April 19, 2018 | Terakhir Diedit: April 19, 2018

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan