home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Sendawa Saat Dipijat, Apa Sebabnya?

Sendawa Saat Dipijat, Apa Sebabnya?

Sendawa saat dipijat bukan lagi hal yang asing. Sebenarnya, apa yang menyebabkan kita sendawa setiap kali dipijat?

Darimana sendawa berasal?

Sendawa adalah salah satu cara tubuh untuk mengeluarkan gas secara alami. Akumulasi gas dalam tubuh ini dihasilkan dari gas yang terhirup dan tertelan ke dalam tubuh saat kita makan, minum, atau berbicara.

Hubungan pijat dengan sendawa

Saat dipijat, tubuh memberikan dua macam respon. Pertama, respon mekanis sebagai hasil dari tekanan dan pergerakan konstan saat jaringan halus dimanipulasi. Kedua, sebagai respon refleks dari stimulasi saraf. Kedua respon ini bekerja selaras untuk memperlancar aliran darah. Itu sebabnya setelah dipijat Anda akan merasa lebih rileks.

Aliran darah yang kembali lancar akibat stimulasi pijatan bisa membantu meningkatkan aktivitas gerak peristaltik dalam usus besar untuk meringankan sembelit, gas, dan kolik, serta mempromosikan aktivitas sistem saraf parasimpatis, yang merangsang pencernaan.

Bersendawa saat dipijat menunjukkan bahwa sistem pencernaan kembali diaktifkan dengan benar bersamaan dengan organ-organ lain, sehingga bisa lebih baik dalam memompa udara yang mampet untuk keluar, tidak hanya dari perut namun juga kumpulan gas yang terperangkap di persendian atau di lekuk-lekuk terdalam otot.

Jika tidak dikeluarkan, gas yang terakumulasi dalam tubuh bisa menyebabkan perut kembung dan sakit perut (malah, mungkin bisa menyebabkan sejumlah kondisi medis lainnya di kemudian hari). Pijat bisa mengembalikan dan menjaga kadar udara dalam taraf normal yang bisa ditoleransi oleh tubuh Anda.

Kok, tukang pijat saya juga sendawa?

Katanya, tukang pijat bersendawa saat memijat karena insting mereka bisa merasakan energi “buruk” dari gas yang terperangkap dalam tubuh klien pijatnya. Belum ada penelitian medis yang bisa membuktikan keterkaitan antara sendawa dengan tenaga pemijat. Salah satu alasan yang paling mungkin adalah, sendawa yang dialami oleh pemijat Ada semata-mata hanya efek placebo alias sugesti belaka.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Ajeng Quamila Diperbarui 08/01/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Andreas Wilson Setiawan
x