backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

Jangan Dilewatkan, Ini 10 Manfaat Minum Air Hangat Saat Haid

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Putri Ica Widia Sari · Tanggal diperbarui 15/04/2024

Jangan Dilewatkan, Ini 10 Manfaat Minum Air Hangat Saat Haid

Banyak anggapan bahwa minum air hangat saat haid dapat membantu mengurangi berbagai keluhan terkait menstruasi. Namun, benarkah bahwa air hangat dapat memberikan manfaat bagi tubuh saat wanita sedang haid? Lalu, apakah minum air hangat bisa meredakan nyeri haid? Simak ulasan berikut untuk mengetahui jawabannya. 

Apakah boleh minum air hangat saat haid? 

Jawaban singkatnya adalah boleh. Wanita yang sedang haid atau menstruasi boleh mengonsumsi air hangat. 

Minum air putih, termasuk yang hangat, saat haid termasuk kebiasaan baik yang dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan selama periode menstruasi.

Apalagi, melansir Helping Women Period, selama menstruasi tubuh wanita cenderung kehilangan lebih banyak cairan dari biasanya melalui perdarahan. 

Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa tubuh tetap terhidrasi dengan baik dengan cara mengonsumsi cukup air putih, termasuk air hangat. 

Ini artinya, air hangat dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi wanita yang sedang haid dan sah-sah saja untuk dikonsumsi selama menstruasi. 

Beragam manfaat minum air hangat saat haid 

Manfaat terapi air putih

Disarankan untuk para wanita, berikut ini adalah beberapa manfaat minum air putih hangat saat haid. 

1. Meredakan kram perut 

Kram perut saat haid merupakan salah satu kondisi yang umum terjadi. Kondisi ini dapat membuat wanita merasa tidak nyaman, sehingga dapat mengganggu aktivitasnya. 

Nah, mengonsumsi air hangat dipercaya dapat membantu meredakan kram perut. Sebab suhu hangat dari air tersebut dapat memberikan efek relaksasi pada otot-otot perut yang tegang. 

2. Meringankan nyeri haid

Selain meredakan kram perut, minum air hangat dapat membantu meringankan nyeri yang terjadi selama menstruasi. Kenapa air hangat bisa meredakan nyeri haid?

Saat menstruasi, otot rahim akan berkontraksi untuk mengeluarkan darah. Hal ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan menimbulkan rasa nyeri pada area perut. 

Seperti penjelasan sebelumnya, suhu hangat dapat memberikan efek relaksasi pada otot yang tegang dan berkontraksi yang menimbulkan rasa nyeri.

3. Melancarkan aliran darah 

Selama menstruasi, terutama bila Anda mengalami kram dan nyeri, sirkulasi darah di area perut dan panggul dapat terganggu. 

Minum air hangat dipercaya dapat membantu memperbaiki sirkulasi darah yang terganggu selama menstruasi, sehingga bisa melancarkan aliran darah saat haid.

Ini bisa terjadi karena efek vasodilator dalam air hangat dapat melebarkan pembuluh darah, termasuk yang ada di sekitar perut dan panggul. Dengan begitu aliran darah ke area tersebut lebih lancar. 

4. Mengurangi rasa kembung 

Pada sebagian wanita, perut kembung saat menstruasi bisa terjadi. Rasa kembung ini bisa muncul karena perubahan hormon yang memengaruhi sistem pencernaan, seperti peningkatan produksi gas dan retensi cairan. 

Nah, air putih termasuk air hangat dapat membantu sistem pencernaan berfungsi lebih baik, sehingga dapat mengurangi terjadinya kembung karena tubuh terhidrasi dengan baik. 

5. Mencegah sembelit 

Perubahan hormon selama menstruasi dapat memengaruhi sistem pencernaan, yang kemudian bisa membuat buang air besar menjadi lebih sulit dan terjadi sembelit

Nah, mengonsumsi air putih hangat secara teratur adalah cara terbaik untuk mencegah sembelit, terutama saat mensturasi.

Hal ini karena air putih dapat membantu melunakkan tinja dan memperlancar proses pencernaan, sehingga membuatnya lebih mudah dikeluarkan oleh tubuh. 

6. Menenangkan saraf

Manfaat minum air hangat saat haid yang selanjutnya adalah dapat membantu menenangkan saraf.

Apalagi selama menstruasi, banyak wanita yang mengalami gejala ketegangan saraf, sehingga dapat memperburuk rasa tidak nyaman yang dirasakan. 

Nah, minum air hangat dapat membantu menenangkan sistem saraf dan meredakan ketegangan yang dirasakan. 

7. Meningkatkan energi

Minum air hangat saat menstruasi juga dapat memberikan dorongan energi yang dibutuhkan untuk mengatasi kelelahan yang sering kali terjadi selama menstruasi. 

Hal ini karena air putih dapat merangsang sistem pencernaan dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Proses ini dapat memberikan dorongan energi tambahan karena tubuh lebih efisien dalam memecah makanan dan menghasilkan energi. 

8. Mencegah dehidrasi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa selama menstruasi tubuh wanita cenderung kehilangan banyak cairan dari biasanya yang dapat memicu terjadinya dehidrasi

Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa Anda terhidrasi dengan baik selama menstruasi guna mencegah atau mengurangi dehidrasi. 

9. Mengatasi mual 

Minum air hangat secara cukup dapat menghidrasi tubuh, yang kemudian bisa membantu meredakan mual saat haid pada beberapa wanita.

Selain itu, tubuh yang terhidrasi dengan baik juga dapat membantu melunakkan mukosa lambung dan mengurangi iritasi yang dapat menyebabkan mual. 

10. Mengurangi keinginan untuk mengonsumsi makanan tidak sehat

Manfaat minum air hangat saat haid yang tidak kalah penting adalah dapat mengurangi keinginan untuk mengonsumsi makanan tidak sehat selama menstruasi

Hal ini karena minum air hangat sebelum atau sesudah makan dapat memberikan sensasi kenyang.

Dengan begitu, Anda tidak merasa terlalu lapar dan mengurangi keinginan untuk mengonsumsi makanan berkalori tinggi atau tidak sehat. 

Itulah beberapa manfaat dari mengonsumsi air hangat saat haid. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda perlu mengetahui cara minum air hangat yang benar.

Misalnya dengan memilih air putih hangat, bukan yang terlalu panas. Konsumsi juga air putih hangat sesuai kebutuhan dan tidak berlebihan. 

Kesimpulan

Minum air putih, termasuk air hangat, aman dan justru disarankan untuk dilakukan saat haid. Apalagi, air hangat dapat memberikan manfaat bagi tubuh wanita, terutama saat menstruasi. Beberapa manfaatnya mulai dari meredakan nyeri dan kram perut, melancarkan aliran darah, hingga mengurangi keinginan untuk mengonsumsi makanan tidak sehat. 

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Carla Pramudita Susanto

General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Putri Ica Widia Sari · Tanggal diperbarui 15/04/2024

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan