• Definisi

Apa itu tersedak?

Tersedak adalah batuk kejang tertahan/seperti tercekik, yang disebabkan masuknya benda padat atau cairan ke pita suara atau ke dalam saluran napas. Biasanya anak-anak tersedak karena sedang minum, dan cairan yang mereka minum turun melalui jalan yang salah. Tersedak juga dapat terjadi setelah muntah.

Apa saja tanda dan gejalanya?

Tanda-tanda dan gejalanya di antaranya adalah: anak tidak dapat bernapas, menangis, atau berbicara. Anak Anda dalam keadaan panik, dan jika apapun itu yang menghalangi nafas mereka tidak segera dikeluarkan dalam 1 atau 2 menit, anak Anda bisa pingsan dan bahkan meninggal.

  • Cara menangani

Apa yang harus saya lakukan?

Paksa untuk batuk: Selama anak Anda masih bernapas dan masih bisa batuk, dorong dia untuk terus batuk hingga apapun yang membuatnya tersedak keluar dari mulutnya. Yakinkan dia bahwa benda itu akan keluar. Tujuan utama dari refleks batuk anak Anda adalah untuk membersihkan tenggorokannya. Jangan tawarkan minuman kepada anak Anda kecuali dia tersedak sesuatu yang kering dan bersisik. Umumnya, cairan hanya memperburuk masalah karena mempersulit aliran udara keluar.

Jika pernapasan berhenti (anak di atas 1 tahun):

Jika anak tidak bisa bernapas, batuk, atau mengeluarkan suara, lakukan manuver Heimlich. Peluk anak dari arah belakang, tepat di bawah tulang rusuk hingga atas pusar. Buat kepalan dengan satu tangan dan lipat sisi lain di atasnya. Buat gerakan menghentak tiba-tiba ke atas dan ke belakang (di sudut 45 derajat) untuk mencoba menekan semua udara keluar dari dada dan mengeluarkan objek dari tenggorokan. Ulangi gerakan mendorong perut ke atas ini 10 kali dalam ritme cepat, sampai objek keluar.

Jika anak terlalu berat bagi Anda, baringkan anak Anda telentang di lantai. Letakkan tangan Anda di kedua sisi perut, tepat di bawah tulang rusuk, dan beri tekanan tiba-tiba ke atas.

Jika pernapasan berhenti (anak di bawah 1 tahun):

  • Coba berikan tepukan keras di punggung dan tekan dada
  • Dudukkan anak Anda di atas lutut atau di lengan Anda, dengan posisi 60 derajat dan kepala menghadap ke bawah
  • Coba beri 5 tepukan keras dalam ritme cepat dengan tangan Anda di area antara tulang belikat
  • Jika pernapasan belum kembali, baringkan anak di lantai dan beri 5 tekanan dada secara cepat di sepertiga bagian bawah tulang dada (sternum) menggunakan 2 jari. Beri pukulan bergantian pada punggung dan dorong dadanya sampai objek keluar. Hindari mendorong perut dan mencoba manuver Heimlich pada anak di bawah 1 karena berisiko melukai liver atau limpa

Kapan saya harus ke dokter?

Segera hubungi nomor gawat darurat atau larikan ke rumah sakit jika anak dalam keadaan tersedak benda padat. Secara umum, tersedak cairan biasanya bersifat sementara dan tidak berbahaya. Untuk kasus tersedak cairan, segera larikan ke rumah sakit jika anak Anda berubah menjadi biru, lemas, atau pingsan.

  • Pencegahan

Tersedak dapat berbahaya untuk anak Anda, jadi cobalah untuk mencegah hal ini terjadi Tersedak makanan dapat mengakibatkan kematian, jumlahnya setara dengan kematian anak-anak yang keracunan makanan.

Makanan yang kemungkinan tersedot ke dalam paru-paru  adalah kacang dari jenis apapun, biji bunga matahari, biji jeruk, biji ceri, biji semangka, permen karet, permen keras, popcorn, wortel mentah, kacang polong mentah, dan seledri mentah. Makanan keras tersebut tidak boleh diberikan kepada anak-anak di bawah usia 4 tahun karena gigi geraham dibutuhkan untuk mengunyah makanan tersebut dan anak-anak di bawah 4 tahun belum punya gigi geraham. Selain itu, ajari mereka untuk mengeluarkan makanan yang terlalu keras dikunyah sehingga mereka tidak menelannya.

Makanan lunak yang paling sering menyebabkan tersedak adalah hot dog, sosis, potongan besar daging apapun, anggur, dan permen kenyal (terutama jika anak terburu-buru). Makanan lunak ini harus dicincang sebelum disajikan.

Peringatkan pengasuh bayi dan kakak mereka untuk tidak berbagi makanan tersebut dengan anak-anak kecil.

Ajarkan anak Anda untuk mengunyah makanan secara menyeluruh sebelum menelan. Jangan biarkan anak Anda memasukan makanan terlalu banyak ke dalam mulut mereka. Ajari mereka untuk makan sedikit-sedikit dan pelan-pelan.

Tersedak balon karet adalah penyebab utama kematian akibat benda selain yang disebabkan oleh makanan. Kebanyakan insiden ini terjadi ketika anak-anak mengunyah balon kempis dan tiba-tiba menelannya. Peringatkan anak Anda agak tidak boleh mengunyah atau mengisap balon karet. Bahkan dalam satu kasus ada remaja yang meninggal karena kecelakaan mengunyah balon karet tersebut. Penggunaan balon karet harus diawasi orang tua.

Jangan berikan mainan yang mudah terurai bagian-bagiannya pada anak kecil. Biasanya dalam waktu 5 menit Anda akan menemukan bagian yang hilang di mulut mereka (jika Anda beruntung mereka tidak menelannya).

Secara berkala, periksalah lingkungan anak Anda untuk  mencari  benda kecil ( dengan diameter kurang dari 2 cm) yang bisa membuat anak Anda tersedak.

Ingatkan juga orang lain untuk tidak bermain atau melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga sambil mengunyah permen karet.

Yang juga perlu Anda baca