Mau Coba Seks Anal yang Pertama Kalinya? Intip Dulu 6 Tips Ini!

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 12 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Seks anal atau hubungan seks melalui anus adalah aktivitas seksual yang melibatkan masuknya penis ke dalam anus. Perlu diketahui juga, saat melakukan hubungan lewat anal, anus penuh dengan ujung saraf, sehingga bagian ini sangat sensitif. Untuk beberapa penerima seks anal, anus bisa menjadi zona sensitif yang merespon rangsangan seksual dengan baik.

Untuk pasangan yang memberikannya, seks anal bisa memberikan sensasi yang nikmat di sekitar penis. Meski banyak orang menganggap hal ini menyenangkan, aktivitas ini memiliki sejumlah risiko dan tentunya memerlukan tips khusus bagi Anda yang baru saja melakukan seks anal pertama kali.

Tips melakukan seks anal pertama kali

1. Bicarakan dulu dengan pasangan Anda

Seks anal yang pertama kali sebaiknya dilakukan dengan adanya kesepakatan antar kedua pasangan. Pastikan Anda serta pasangan sama-sama setuju melakukan aktivitas seks yang cukup berisiko ini. Yakinkan diri juga untuk melakukan hubungan seks melalui penetrasi anus ini, mengingat adanya risiko yang bisa Anda dapatkan ketika atau setelah melakukannya.

2.  Bersihkan diri dan alat kelamin

Ava Cadell, seorang seksolog dan penulis buku Neuroloveology menyarankan jika ingin melakukan seks anal pertama kali dengan pasangan baiknya diawali dengan mandi. Mandi bersama pasangan sembari saling membasuh, membelai, dan membilas tubuh masing-masing bisa membangkitkan gairah seksualitas pasangan.

Cadell juga menyarankan Anda dan pasangan untuk saling membersihkan alat kelamin dan anus masing-masing sebelum memulainya. Proses mandi bersama ini juga akan membantu Anda berdua merasa saling lebih bersih dan nyaman sebelum memulai seks anal.

Pastikan juga pasangan dan diri Anda memiliki kuku yang telah dipotong bersih sebelum memulai eksplorasi. Hal ini dilakukan untuk menghindari masuknya bakteri. Setelah Anda melakukan seks anal, hindari memasukkan penis ke dalam mulut atau vagina sebelum pasangan Anda memakai kondom yang baru atau membersihkan diri.

3. Pakai pelumas

Hal ini penting, karena anus tidak memiliki lubrikasi alami seperti pada vagina. Oleh karena itu, pasangan Anda perlu menggunakan pelumas untuk memberikan kenyamanan. Perlu diingat bahwa pelumas yang berbahan dasar minyak dapat merusak kondom lateks. Akan lebih baik lagi jika menggunakan pelumas khusus anus yang mengandung benzocaine. Pelumas khusus ini dapat mengurangi rasa sakit dan membuat penetrasi lebih nikmat.

4. Mulai pelan-pelan

Ini sangat penting, terutama bagi Anda yang hendak melakukan seks anal pertama kalinya. Lakukanlah langkah demi langkah ketika menjelajahi daerah anus. Anda dapat memulainya dengan menggunakan jari tangan pasangan Anda. Dengan mencoba memasukkan satu jari perlahan ke dalam anus. Kalau pasangan Anda merasa tidak apa dan bisa dilanjutkan, cobalah dengan dua jari, dan seterusnya hingga melakukan penetrasi dengan penis.

Berhentilah jika Anda atau pasangan merasa sangat kesakitan ketika melakukannya. Jika Anda mengalami perdarahan setelah seks anal atau menemukan luka atau bengkak di sekitar anus, periksalah ke dokter sesegera mungkin.

5. Seks anal tidak selalu kotor, kok

Menurut seksolog Dr. Kat Van Kirk, seks anus tidak kotor seperti yang dibayangkan. Pasalnya, anus dan bagian bawah dubur sebetulnya memiliki kotoran yang sedikit–tidak seperti yang banyak diperkirakan. Jadi, bisa dibilang masih aman saat Anda melakukannya dengan bersih dan hati-hati.

6. Komunikasikan apa pun yang terjadi

Dari semua hal, penting untuk mengomunikasikan apa pun yang terjadi saat Anda melakukan seks anal pertama kali. Kadang kala, beberapa orang mengalami sedikit ketidaknyamanan saat mereka mulai bermain dengan area anus mereka. Oleh karena itu, penting untuk selalu bersikap komunikatif tentang bagian mana yang sakit, apa yang Anda suka saat melakukan seks anal dan apa yang tidak disuka. Dengan begitu, seks anal akan terasa menjadi menyenangkan bagi Anda dan pasangan.

Nah, siap untuk mempraktikan panduan melakukan seks ini untuk pertama kalinya?

Kalkulator Masa Subur

Ingin Cepat Hamil? Cari tahu waktu terbaik untuk bercinta dengan suami lewat kalkulator berikut.

Kapan Ya?
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Pedoman Praktis Makanan untuk Anak Usia 1-3 Tahun

Banyak ibu yang bingung memberikan anaknya makan ketika sudah memasuki usia 1 tahun. Jangan cemas, berikut pedoman praktis makanan anak 1-3 tahun.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Anak 1-5 Tahun, Parenting, Perkembangan Balita 8 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

Benarkah Asam Lambung Naik Bisa Sebabkan Kanker Kerongkongan?

Asam lambung naik atau refluks yang terjadi secara kambuhan, kemungkinan bisa sebabkan kanker kerongkongan. Cari tahu alasannya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Penyakit Kanker Lainnya 8 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

8 Tips Menjaga Bakteri Baik dalam Usus

Tahukah Anda bahwa di dalam tubuh terdapat 100 triliun bakteri usus? Bakteri ini baik untuk mencerna makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Kesehatan Pencernaan 8 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit

Buat Para Suami, Ini 7 Tips Pijat Payudara untuk Seks yang Lebih Panas

Bosan dengan ritual seks yang itu-itu saja? Coba dulu trik pijat payudara yang bisa membuat Anda dan pasangan tambah panas berikut ini!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Tips Seks 5 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

kondom dipakai dua kali

Kondom Dipakai Dua Kali, Apa Saja Risiko yang Mungkin Terjadi?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 8 Maret 2021 . Waktu baca 7 menit
lidah gatal

7 Kondisi Penyebab Lidah Anda Terasa Gatal, dari Masalah Ringan Hingga Serius

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 8 Maret 2021 . Waktu baca 8 menit
setelah cabut gigi

7 Makanan dan Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi Setelah Cabut Gigi

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 8 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit
posisi tidur

Posisi Tidur Mana yang Lebih Baik: Miring ke Kiri Atau Kanan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 8 Maret 2021 . Waktu baca 3 menit