home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Kenapa Saya Tiba-tiba Sakit Pinggang Saat Bercinta? (Plus Cara Mengatasinya)

Kenapa Saya Tiba-tiba Sakit Pinggang Saat Bercinta? (Plus Cara Mengatasinya)

Ketika seks seharusnya menjadi aktivitas menyenangkan untuk meredakan stres, beberapa orang justru malah makin stres dibuatnya karena merasa kesakitan di pinggang. Apa penyebabnya nyeri pinggang saat seks dan bagaimana mengatasinya?

Banyak hal bisa menyebabkan nyeri pinggang saat seks

Di mana pun lokasi sakitnya, keluhan rasa sakit saat berhubungan seks cukup umum dialami oleh kebanyakan orang. Penyebabnya pun beragam, mulai dari masalah psikologis seperti sedang stres atau cemas maupun merasa takut untuk berhubungan seks, hingga karena vagina yang kering akibat kurang pelumas atau pemanasan lewat foreplay.

Namun jika Anda secara spesifik mengalami nyeri pinggang saat seks dan tidak menunjukkan masalah-masalah di atas, keluhan tersebut bisa disebabkan oleh:

Penyakit yang dimiliki

Nyeri pinggang saat seks bisa menjadi pertanda penyakit kelamin, seperti gonore, herpes genital, klamidia, trikomoniasis, atau infeksi jamur. Selain itu, infeksi saluran kencing dan irritable bowel syndrome (IBS) juga menjadi penyakit non-seksual penyebab nyeri pinggang saat hubungan seks.

Khususnya pada wanita, keluhan ini juga bisa menjadi pertanda menopause, atau gangguan pada sistem reproduksi seperti kista ovarium, radang panggul (PID), atau endometriosis.

Masalah pada alat kelamin

Pada wanita, rasa nyeri pinggang saat seks bisa disebabkan oleh vaginismus. Vaginismus terjadi ketika otot-otot dinding vagina mengejang sehingga membuat vagina menutup. Akibatnya penetrasi jadi terasa menyakitkan.

Sementara pada pria, rasa nyeri di pinggang selama berhubungan seks bisa terjadi karena paraphimosis. Parafimosis adalah kondisi kulit kulup yang tidak bisa tertarik ke belakang atau mengerut mundur saat ereksi, karena terjebak di belakang kepala penis. Parafimosis membuat penis juga menjadi sangat sensitif setelah orgasme dan ejakulasi, yang dapat membuat hubungan seks selanjutnya terasa menyakitkan.

Apa yang harus dilakukan ketika nyeri pinggang saat seks?

Jika Anda mengalami nyeri pinggang saat seks, disertai dengan keluarnya cairan yang tidak normal, gatal, atau sakit di sekitar alat kelamin, sebaiknya segera periksakan ke dokter. Dokter biasanya akan merekomendasikan untuk melakukan beberapa tes, untuk mendapatkan diagnosis dan perawatan yang tepat.

Selain itu, Anda juga bsia melakukan beberapa hal berikut ini.

  • Gunakan pelumas. Pelumas yang larut dalam air adalah pilihan yang baik jika Anda mengalami iritasi atau sensitivitas vagina. Jangan gunakan petroleum jelly, baby oil, atau minyak esensial dengan kondom, karena dapat melarutkan lateks dan menyebabkan kondom pecah.
  • Tenangkan diri Anda saat berhubungan seks.
  • Bicaralah dengan pasangan Anda. Beritahu pasangan Anda di mana dan kapan Anda merasa sakit, serta hal apa yang Anda anggap menyenangkan.
  • Cobalah aktivitas seksual yang tidak menyebabkan rasa sakit. Misalnya, jika hubungan seksual menyakitkan, Anda dan pasangan Anda mungkin ingin fokus pada seks oral atau masturbasi bersama.
  • Lakukan aktivitas penghilang rasa sakit sebelum berhubungan seks, seperti kosongkan kandung kemih Anda, mandi air hangat, atau minum obat pereda nyeri yang dijual bebas sebelum hubungan seksual.
  • Cobalah mengganti posisi berhubungan seksual yang tidak menyebabkan nyeri pinggang. Salah satunya adalah Anda dapat mencoba posisi di bawah dengan meletakan bantal di bawah punggung Anda. Pasalnya bantal kecil di punggung akan mendukung pinggang.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

When Sex Is Painful https://www.acog.org/Patients/FAQs/When-Sex-Is-Painful#where diakses 6 Oktober 2018.

Pain and Sex: Painful Intercourse Treatment https://www.spinecenterga.com/pain-and-sex/ diakses 6 Oktober 2018.

Painful intercourse (dyspareunia) https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/painful-intercourse/symptoms-causes/syc-20375967 diakses 6 Oktober 2018.

Back Pain After Sex? These Positions May Help https://www.health.com/pain/positions-are-key-when-sex-causes-back-pain diakses 6 Oktober 2018.

Don’t Let Low Back Pain Ruin Sex https://www.webmd.com/back-pain/features/sex-and-low-back-pain#1 diakses 6 Oktober 2018.

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Andisa Shabrina
Tanggal diperbarui 01/03/2021
x