Ini Penjelasan Kenapa Setelah Orgasme, Penglihatan Pria Bisa Terganggu

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 7 Desember 2017 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Sebuah kasus di Inggris cukup menjadi sorotan dunia ketika seorang lelaki 29 tahun datang ke dokter dan menyatakan bahwa penglihatannya terganggu setelah berhubungan seksual dan mencapai orgasme. Pria ini mengatakan bahwa malam sebelumnya ia mengalami ejakulasi yang cukup kuat akibat orgasme dan terbangun dengan penglihatan yang kabur di mata kirinya. Setelah diperiksakan ke dokter, penyebabnya yaitu perdarahan di mata sehingga sebagian penglihatannya terganggu.

Apa yang terjadi pada tubuh di kala orgasme?

Ejakulasi merupakan proses keluarnya cairan mani yang mengandung sel sperma dari penis. Sering kali ejakulasi disamakan dengan orgasme. Faktanya, dua hal ini berbeda. Pria mencapai orgasme melalui serangkaian proses yang melibatkan sejumlah organ, hormon, pembuluh darah, dan saraf yang bekerja sama. Hasil akhirnya adalah ejakulasi.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa orgasme adalah puncak kenikmatan dan ejakulasi merupakan hasil akhir dari proses tersebut, yaitu titik di mana penis mengeluarkan air mani yang mengandung sperma melalui kontraksi otot yang dahsyat.

Bagaimana ejakulasi bisa berefek pada penglihatan?

Pada kasus pria Inggris tersebut, dokter menduga adanya manuver valsalva yang dilakukan ketika pria tersebut orgasme. Manuver valsalva adalah proses membuang napas secara paksa padahal kondisi mulut dan hidung tertutup. Prosesnya mirip seperti ketika seseorang lompat ke dalam air untuk menyelam.

Biasanya manuver valsalva dilakukan bagi pasien penderita kelainan jantung untuk mengevaluasi kondisi jantung. Terkadang cara ini juga dilakukan untuk sebagai pengobatan untuk memperbaiki irama jantung yang tidak normal atau menghilangkan nyeri dada.

Efek yang ditimbulkan dari manuver valsalva biasanya pasien merasa pusing atau pingsan (hilang kesadaran). Proses ini juga bisa menyebabkan terlepasnya gumpalan darah, perdarahan, dan irama abnormal yang berasal dari bilik jantung yang berfungsi untuk memompa darah keluar dari jantung.

Dokter yang menangani pria Inggris tersebut menyatakan bahwa manuver valsalva yang tidak disadari terjadi pada saat orgasme inilah yang menjadi penyebab penglihatan dapat terganggu. Secara refleks, beberapa pria mungkin menahan napasnya saat berhubungan intim guna menunda ejakulasi. Hal ini bisa mengakibatkan otot perut menegang, juga berujung pada penumpukan tekanan yang dihasilkan yang akan berefek pada pembuluh darah.

Selama orgasme, manuver valsalva meningkatkan tekanan pada pembuluh vena di retina mata secara tiba-tiba. Tekanan berlebih inilah yang bisa menyebabkan pecahnya pembuluh darah pada mata. Pembuluh darah yang pecah inilah yang mengakibatkan perdarahan di mata dan mengganggu penglihatan.

ejakulasi orgasme gangguan penglihatan
Men’s Health

Adakah pengobatan khusus yang perlu dilakukan?

Tidak perlu pengobatan khusus untuk kasus ini. Beberapa penelitian menunjukkan perdarahan ini bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari atau minggu. Anda hanya perlu menunggu agar penglihatan kembali normal. Namun, bila Anda benar-benar merasa tidak nyaman atau tidak bisa melihat, segera periksakan diri ke dokter mata.

Mencegah gangguan penglihatan karena seks

Orgasme dan ejakulasi jarang sekali menyebabkan kerusakan yang membahayakan. Hanya saja, yang perlu diperhatikan adalah jangan terlalu memaksakan diri. Nikmati saja prosesnya.

Bila memang sudah saatnya berejakulasi, jangan ditahan dengan cara menahan napas. Sedangkan kalau Anda menahan ejakulasi karena Anda punya masalah ejakulasi dini, segera hubungi dokter untuk menangani masalah Anda.

Kalkulator Masa Subur

Ingin Cepat Hamil? Cari tahu waktu terbaik untuk bercinta dengan suami lewat kalkulator berikut.

Kapan Ya?
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

4 Jenis Olahraga yang Aman Dilakukan di Malam Hari

Olahraga malam hari bisa membantu Anda tidur nyenyak dan menghindarkan diri dari sengatan sinar matahari. Berikut 4 olahraga untuk dilakukan di malam hari.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Olahraga Lainnya, Kebugaran 21 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

Sakit Kepala Setelah Makan? Ini 4 Hal yang Bisa Jadi Penyebabnya

Ngantuk atau lemas habis makan adalah hal yang biasa. Lalu, bagaimana kalau Anda justru sakit kepala setelah makan? Cari tahu penyebabnya di sini, yuk.

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Otak dan Saraf, Sakit Kepala 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Cara Menahan Rasa Lapar Saat Melakukan Diet

Sering kali diet Anda gagal karena Anda tak bisa menahan lapar dan akhirnya menyerah dan kembali makan dengan porsi besar. Begini cara mengatasinya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Tips Berat Badan Turun, Nutrisi 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Baru Pakai Skincare Antiaging Usia 50 Tahun ke Atas, Bermanfaatkah?

Produk skincare antiaging fungsinya adalah mencegah penuaan dini. Namun, kalau baru pakai antiaging di usia 50 tahun ke atas, apa hasilnya akan sama?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan Lansia, Gizi Lansia 21 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

kelopak mata bengkak, apa penyebabnya

Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Tepat Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
penis bengkok

Bisakah Penis yang Bengkok Diluruskan Kembali?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
memotong kuku

Kuku Pendek vs Kuku Panjang: Mana yang Lebih Baik untuk Kesehatan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
Mengurangi Bau Badan

Deodoran Tidak Mempan Kurangi Bau Badan? Atasi Dengan Bahan Alami Berikut Ini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Marsha Desica Arsanta
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit