home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Ini Penjelasan Kenapa Setelah Orgasme, Penglihatan Pria Bisa Terganggu

Ini Penjelasan Kenapa Setelah Orgasme, Penglihatan Pria Bisa Terganggu

Sebuah kasus di Inggris cukup menjadi sorotan dunia ketika seorang lelaki 29 tahun datang ke dokter dan menyatakan bahwa penglihatannya terganggu setelah berhubungan seksual dan mencapai orgasme. Pria ini mengatakan bahwa malam sebelumnya ia mengalami ejakulasi yang cukup kuat akibat orgasme dan terbangun dengan penglihatan yang kabur di mata kirinya. Setelah diperiksakan ke dokter, penyebabnya yaitu perdarahan di mata sehingga sebagian penglihatannya terganggu.

Apa yang terjadi pada tubuh di kala orgasme?

Ejakulasi merupakan proses keluarnya cairan mani yang mengandung sel sperma dari penis. Sering kali ejakulasi disamakan dengan orgasme. Faktanya, dua hal ini berbeda. Pria mencapai orgasme melalui serangkaian proses yang melibatkan sejumlah organ, hormon, pembuluh darah, dan saraf yang bekerja sama. Hasil akhirnya adalah ejakulasi.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa orgasme adalah puncak kenikmatan dan ejakulasi merupakan hasil akhir dari proses tersebut, yaitu titik di mana penis mengeluarkan air mani yang mengandung sperma melalui kontraksi otot yang dahsyat.

Bagaimana ejakulasi bisa berefek pada penglihatan?

Pada kasus pria Inggris tersebut, dokter menduga adanya manuver valsalva yang dilakukan ketika pria tersebut orgasme. Manuver valsalva adalah proses membuang napas secara paksa padahal kondisi mulut dan hidung tertutup. Prosesnya mirip seperti ketika seseorang lompat ke dalam air untuk menyelam.

Biasanya manuver valsalva dilakukan bagi pasien penderita kelainan jantung untuk mengevaluasi kondisi jantung. Terkadang cara ini juga dilakukan untuk sebagai pengobatan untuk memperbaiki irama jantung yang tidak normal atau menghilangkan nyeri dada.

Efek yang ditimbulkan dari manuver valsalva biasanya pasien merasa pusing atau pingsan (hilang kesadaran). Proses ini juga bisa menyebabkan terlepasnya gumpalan darah, perdarahan, dan irama abnormal yang berasal dari bilik jantung yang berfungsi untuk memompa darah keluar dari jantung.

Dokter yang menangani pria Inggris tersebut menyatakan bahwa manuver valsalva yang tidak disadari terjadi pada saat orgasme inilah yang menjadi penyebab penglihatan dapat terganggu. Secara refleks, beberapa pria mungkin menahan napasnya saat berhubungan intim guna menunda ejakulasi. Hal ini bisa mengakibatkan otot perut menegang, juga berujung pada penumpukan tekanan yang dihasilkan yang akan berefek pada pembuluh darah.

Selama orgasme, manuver valsalva meningkatkan tekanan pada pembuluh vena di retina mata secara tiba-tiba. Tekanan berlebih inilah yang bisa menyebabkan pecahnya pembuluh darah pada mata. Pembuluh darah yang pecah inilah yang mengakibatkan perdarahan di mata dan mengganggu penglihatan.

ejakulasi orgasme gangguan penglihatan
Men’s Health

Adakah pengobatan khusus yang perlu dilakukan?

Tidak perlu pengobatan khusus untuk kasus ini. Beberapa penelitian menunjukkan perdarahan ini bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari atau minggu. Anda hanya perlu menunggu agar penglihatan kembali normal. Namun, bila Anda benar-benar merasa tidak nyaman atau tidak bisa melihat, segera periksakan diri ke dokter mata.

Mencegah gangguan penglihatan karena seks

Orgasme dan ejakulasi jarang sekali menyebabkan kerusakan yang membahayakan. Hanya saja, yang perlu diperhatikan adalah jangan terlalu memaksakan diri. Nikmati saja prosesnya.

Bila memang sudah saatnya berejakulasi, jangan ditahan dengan cara menahan napas. Sedangkan kalau Anda menahan ejakulasi karena Anda punya masalah ejakulasi dini, segera hubungi dokter untuk menangani masalah Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

This Guy’s Powerful Orgasm Made Him Lose Vision In One Eye. https://www.menshealth.com/sex-women/orgasm-strong-blind-postcoital-visual-loss diakses pada 29 November 2017

Michaels, Luke. et al. 2014. Case Report: Postcoital Visual Loss Due to Valsalva Retinopathy: United Kingdom

Valsalva Manuever. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/2347534 diakses pada 29 November 2017

https://medical-dictionary.thefreedictionary.com/Valsalva+maneuver diakses pada 29 November 2017

Thomas D. Duane MD, Valsava Hemorrhagic Retinopathy.  https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1310456/pdf/taos00029-0319.pdf  diakses pada 29 November 2017

Understanding The Male Climax. https://www.everydayhealth.com/sexual-health/the-male-orgasm.aspx diakses pada 29 November 2017

10 Things about Orgasm. https://www.menshealth.com/sex-women/10-things-about-orgasms/slide/5 diakses pada 29 November 2017

Foto Penulis
Ditulis oleh Widya Citra Andini Diperbarui 04/12/2017
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x