home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Manfaat Seks Setelah Olahraga Ini Bikin Anda Makin Semangat Latihan

5 Manfaat Seks Setelah Olahraga Ini Bikin Anda Makin Semangat Latihan

Setelah “babak belur” mengikuti kelas olahraga di gym, banyak orang ingin bergegas pulang agar bisa segera beristirahat dan tidur. Namun, tahukah Anda seks setelah olahraga ternyata menawarkan segudang manfaat luar biasa yang sayang untuk Anda lewatkan? Apa saja manfaatnya? Simak ulasannya di bawah ini.

Manfaat seks setelah olahraga

1. Gairah memuncak

Penelitian menunjukkan bahwa olahraga dapat meningkatkan gairah seksual seseorang. Hal ini karena olahraga dapat meningkatkan aliran darah ke setiap bagian tubuh, termasuk ke vagina dan penis.

Pada pria, seks setelah olahraga akan membuat ereksi lebih keras karena darah mengalir ke penis pada tingkat yang lebih tinggi. Sementara pada wanita, peningkatan aliran darah ke vagina dan klitoris membuat mereka menghasilkan lebih banyak pelumas alami.

Bahkan, data penelitian dari University of Texas di Amerika Serikat (AS) menunjukkan bahwa berolahraga selama 20 menit secara intens dapat membuat tubuh wanita lebih bergairah, sehingga ketika mereka berhubungan seksual, tubuhnya akan merespon rangsangan lebih baik lagi.

2. Meningkatkan rasa percaya diri

Bentuk tubuh adalah salah satu faktor pendorong yang dapat meningkatkan gairah seksual wanita. Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Guelph, Kanada menemukan bahwa wanita yang merasa tidak puasa dengan bentuk tubuhnya cenderung kurang bergairah saat berhubungan seksual.

Olahraga adalah cara terbaik untuk membentuk tubuh. Anda bisa melakukan jenis olahraga apa saja yang Anda gemari agar dapat mendapatkan tubuh yang Anda impikan – sehingga rasa kepercayaan diri untuk berhubungan intim pun semakin meningkat.

3. Merasa lebih rileks

Stres dapat menurunkan gairah seksual, sedangkan olahraga mampu mengatasinya. Ya, ketika Anda berolahraga, akan terjadi peningkatan hormon endorfin yang berfungsi untuk mengurangi rasa sakit. Nah, hormon endorfin inilah yang menjadi kunci mengapa olahraga dapat menurunkan kadar stres sehingga membuat Anda lebih rileks dan bergairah saat berhubungan seksual.

Selain meningkatkan hormon endorfin, olahraga ternyata juga dapat meningkatkan hormon-hormon dalam tubuh lainnya, seperti dopamin dan serotonin. Dopamin sering kali disebut hormon kebahagiaan, karena memang akan menyebabkan Anda merasa lebih bahagia. Sementara serotonin berfungsi untuk mengatur emosi, daya ingat, dan menurunkan kadar stres pada tubuh akibat kelelahan fisik.

Selain itu, peningkatan hormon testosteron alami juga terjadi dalam waktu satu jam setelah berolahraga. Testosteron adalah hormon reproduksi pria yang mendorong gairah seksual pria.

4. Memperkuat bonding dengan pasangan

Menghabiskan waktu berdua untuk memperkuat bonding dengan pasangan tidak harus makan di restoran saja, lho. Olahraga bersama bisa jadi cara memperkuat bonding sekaligus sebagai pemanasan untuk sesi seks yang lebih menggairahkan.

Jane Greer, Ph.D. seorang terapis seks dan penulis buku mengatakan pada Health bahwa pasangan yang menghabiskan waktu berdua dalam kegiatan yang menarik dilaporkan memiliki tingkat kepuasaan tinggi dalam kehidupan seks. Pasalnya, ketika seseorang berbagi pengalaman dengan pasangannya, Anda merasa lebih bersemangat dan bergairah. Termasuk ketika Anda dan pasangan berolahraga bersama.

Lakukan latihan kekuatan yang membangun otot inti dan otot dasar panggul. Pada wanita, latihan otot dasar panggul baik untuk meningkatkan orgasme.

5. Mengurangi efek samping obat-obatan

Bagi banyak wanita, mengonsumsi obat antidepresan diperlukan untuk menjaga suasana hati mereka tetap stabil. Satu kelemahan dari penggunaan obat-obatan antidepresan adalah dapat menurunkan gairah seksual. Jika Anda salah satu orang yang khawatir dengan efek samping ini, jangan ragu untuk berolahraga.

Pasalnya, olahraga merupakan salah satu cara untuk mengurangi kecemasan terkait efek samping yang ditimbulkan dari obat antidepresan terhadap kehidupan seks Anda. Bahkan, hasil penelitian pun mengatakan hal serupa.

Berdasarkan penelitian kecil yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Texas dan Indiana University, berolahraga sebelum berhubungan intim selama tiga kali seminggu dilaporkan dapat meningkatkan gairah seksual pada wanita yang menggunakan obat antidepresan. Jadi, jangan ragu untuk berolahraga guna mendapatkan kehidupan seks yang lebih menggairahkan.

Yang perlu diperhatikan, Anda tidak akan mendapatkan berbagai manfaat seks setelah olahraga seperti yang sudah disebutkan di atas hanya dalam satu sesi olahraga saja. Pasalnya, manfaat ini akan dirasakan dalam jangka panjang. Jadi, Anda tetap diharuskan untuk rutin dan konsisten ketika berolahraga.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Couples’ shared participation in novel and arousing activities and experienced relationship quality. – https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/10707334 diakses pada 24 Mei 2018

Exercise Improves Sexual Function in Women Taking Antidepressants: Results from a Randomized Crossover Trial – https://onlinelibrary.wiley.com/doi/full/10.1002/da.22208 diakses pada 24 Mei 201

Exercise and Sexual Arousal in Women – https://labs.la.utexas.edu/mestonlab/?page_id=1434 diakses pada 24 Mei 2018

The Best Time to Have Sex is Right After a Workout – Here’s Why – http://www.health.com/sex/have-sex-after-workout diakses pada 24 Mei 2018

 

 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Risky Candra Swari Diperbarui 15/10/2020
Ditinjau secara medis oleh dr Tania Savitri
x