5 Manfaat Seks Setelah Olahraga Ini Bikin Anda Makin Semangat Latihan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Setelah “babak belur” mengikuti kelas olahraga di gym, banyak orang ingin bergegas pulang agar bisa segera beristirahat dan tidur. Namun, tahukah Anda seks setelah olahraga ternyata menawarkan segudang manfaat luar biasa yang sayang untuk Anda lewatkan? Apa saja manfaatnya? Simak ulasannya di bawah ini.

Manfaat seks setelah olahraga

1. Gairah memuncak

Penelitian menunjukkan bahwa olahraga dapat meningkatkan gairah seksual seseorang. Hal ini karena olahraga dapat meningkatkan aliran darah ke setiap bagian tubuh, termasuk ke vagina dan penis.

Pada pria, seks setelah olahraga akan membuat ereksi lebih keras karena darah mengalir ke penis pada tingkat yang lebih tinggi. Sementara pada wanita, peningkatan aliran darah ke vagina dan klitoris membuat mereka menghasilkan lebih banyak pelumas alami.

Bahkan, data penelitian dari University of Texas di Amerika Serikat (AS) menunjukkan bahwa berolahraga selama 20 menit secara intens dapat membuat tubuh wanita lebih bergairah, sehingga ketika mereka berhubungan seksual, tubuhnya akan merespon rangsangan lebih baik lagi.

2. Meningkatkan rasa percaya diri

Bentuk tubuh adalah salah satu faktor pendorong yang dapat meningkatkan gairah seksual wanita. Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Guelph, Kanada menemukan bahwa wanita yang merasa tidak puasa dengan bentuk tubuhnya cenderung kurang bergairah saat berhubungan seksual.

Olahraga adalah cara terbaik untuk membentuk tubuh. Anda bisa melakukan jenis olahraga apa saja yang Anda gemari agar dapat mendapatkan tubuh yang Anda impikan – sehingga rasa kepercayaan diri untuk berhubungan intim pun semakin meningkat.

3. Merasa lebih rileks

Stres dapat menurunkan gairah seksual, sedangkan olahraga mampu mengatasinya. Ya, ketika Anda berolahraga, akan terjadi peningkatan hormon endorfin yang berfungsi untuk mengurangi rasa sakit. Nah, hormon endorfin inilah yang menjadi kunci mengapa olahraga dapat menurunkan kadar stres sehingga membuat Anda lebih rileks dan bergairah saat berhubungan seksual.

Selain meningkatkan hormon endorfin, olahraga ternyata juga dapat meningkatkan hormon-hormon dalam tubuh lainnya, seperti dopamin dan serotonin. Dopamin sering kali disebut hormon kebahagiaan, karena memang akan menyebabkan Anda merasa lebih bahagia. Sementara serotonin berfungsi untuk mengatur emosi, daya ingat, dan menurunkan kadar stres pada tubuh akibat kelelahan fisik.

Selain itu, peningkatan hormon testosteron alami juga terjadi dalam waktu satu jam setelah berolahraga. Testosteron adalah hormon reproduksi pria yang mendorong gairah seksual pria.

4. Memperkuat bonding dengan pasangan

Menghabiskan waktu berdua untuk memperkuat bonding dengan pasangan tidak harus makan di restoran saja, lho. Olahraga bersama bisa jadi cara memperkuat bonding sekaligus sebagai pemanasan untuk sesi seks yang lebih menggairahkan.

Jane Greer, Ph.D. seorang terapis seks dan penulis buku mengatakan pada Health bahwa pasangan yang menghabiskan waktu berdua dalam kegiatan yang menarik dilaporkan memiliki tingkat kepuasaan tinggi dalam kehidupan seks. Pasalnya, ketika seseorang berbagi pengalaman dengan pasangannya, Anda merasa lebih bersemangat dan bergairah. Termasuk ketika Anda dan pasangan berolahraga bersama.

Lakukan latihan kekuatan yang membangun otot inti dan otot dasar panggul. Pada wanita, latihan otot dasar panggul baik untuk meningkatkan orgasme.

5. Mengurangi efek samping obat-obatan

Bagi banyak wanita, mengonsumsi obat antidepresan diperlukan untuk menjaga suasana hati mereka tetap stabil. Satu kelemahan dari penggunaan obat-obatan antidepresan adalah dapat menurunkan gairah seksual. Jika Anda salah satu orang yang khawatir dengan efek samping ini, jangan ragu untuk berolahraga.

Pasalnya, olahraga merupakan salah satu cara untuk mengurangi kecemasan terkait efek samping yang ditimbulkan dari obat antidepresan terhadap kehidupan seks Anda. Bahkan, hasil penelitian pun mengatakan hal serupa.

Berdasarkan penelitian kecil yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Texas dan Indiana University, berolahraga sebelum berhubungan intim selama tiga kali seminggu dilaporkan dapat meningkatkan gairah seksual pada wanita yang menggunakan obat antidepresan. Jadi, jangan ragu untuk berolahraga guna mendapatkan kehidupan seks yang lebih menggairahkan.

Yang perlu diperhatikan, Anda tidak akan mendapatkan berbagai manfaat seks setelah olahraga seperti yang sudah disebutkan di atas hanya dalam satu sesi olahraga saja. Pasalnya, manfaat ini akan dirasakan dalam jangka panjang. Jadi, Anda tetap diharuskan untuk rutin dan konsisten ketika berolahraga.

Kalkulator Masa Subur

Ingin Cepat Hamil? Cari tahu waktu terbaik untuk bercinta dengan suami lewat kalkulator berikut.

Kapan Ya?
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Benarkah Wanita Berbulu Lebat Nafsu Seksnya Tinggi?

Yang jelas, bulu alias rambut halus yang lebat ini diakibatkan tingginya hormon testosteron. Tapi apakah ini berarti nafsu seksualnya juga lebih tinggi?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Satria Perdana
Kesehatan Seksual, Tips Seks 25 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

6 Jenis Pendinginan yang Wajib Dilakukan Setelah Lari

Meluangkan waktu untuk melakukan pendinginan setelah lari bisa menghindari Anda dari risiko cedera. Bagaimana caranya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Olahraga Kardio, Kebugaran 25 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

Mengenal Jenis-Jenis Yoga dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Yoga adalah salah satu jenis olahraga yang diminati banyak orang. Tapi, apakah Anda tahu apa saja manfaat yoga untuk kesehatan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fitriana Deswika
Latihan Kelenturan, Kebugaran 25 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Tiba-tiba Keluar Air Mani Padahal Tidak Terangsang, Kok Bisa?

Pernahkah Anda tiba-tiba mengeluarkan air mani meski tak menerima rangsangan apapun? Berikut ini penjelasannya secara medis.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Pria, Penyakit pada Pria 24 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

apakah petting bisa hamil

Mungkinkah Hamil Akibat Saling Menggesekkan Alat Kelamin (Petting)?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit
nafsu seks wanita paling tinggi

Psstt… Di Waktu Inilah Wanita Akan Paling Merasa Paling Bergairah

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 3 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit
bdsm adalah

BDSM, Praktik Seksual yang Melibatkan Permainan Peran dan Kekerasan

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Dipublikasikan tanggal: 3 Maret 2021 . Waktu baca 7 menit
Olahraga di tempat tidur

8 Olahraga yang Bisa Dilakukan di Tempat Tidur

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Dipublikasikan tanggal: 1 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit