Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Tidak Ingin Sakit Saat Musim Pancaroba? Yuk, Coba 4 Tips Ini

Tidak Ingin Sakit Saat Musim Pancaroba? Yuk, Coba 4 Tips Ini

Saat musim pancaroba, beberapa virus dan bakteri mulai gencar menyerang tubuh Anda. Alhasil, sistem imun jadi melemah dan Anda lebih mudah jatuh sakit. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Yuk, ikuti beberapa tips berikut untuk menjaga kesehatan tubuh di musim pancaroba.

Tips mencegah sakit pada musim pancaroba

makan salad untuk otak sehat

Musim pancaroba adalah peralihan antara musim penghujan dengan musim kemarau. Musim ini ditandai dengan cuaca yang kadang mendung, hujan, berangin, atau bahkan sangat panas.

Cuaca yang tidak menentu ini biasanya akan mengundang bakteri dan virus untuk menginfeksi tubuh sehingga menyebabkan pilek, flu, batuk, hingga sakit tenggorokan.

Meskipun semua penyakit musim pancaroba tersebut dapat diobati dengan mudah, gejala yang ditimbulkan tetap saja mengganggu kenyamanan Anda dalam beraktivitas.

Siapa pun tentu tidak ingin sakit, bukan? Nah, kunci untuk menjaga kesehatan di musim pancaroba adalah meningkatkan sistem imun.

Meningkatnya sistem imun membuat tubuh lebih responsif terhadap zat asing. Selain itu, antibodi yang dihasilkan untuk melawan patogen (bibit penyakit) pun akan jauh lebih kuat.

Untuk mendukung sistem imun, berikut berbagai cara yang bisa Anda lakukan.

1. Tingkatkan asupan makanan bergizi

Tidak hanya menjaga organ tubuh agar bekerja secara normal, beberapa makanan bisa mencegah penyakit karena kandungan vitamin C, zat besi, dan protein di dalamnya ternyata secara khusus dapat mendukung sistem kekebalan tubuh.

Anda dapat memenuhi kebutuhan gizi tersebut dari berbagai makanan, seperti jeruk, daging merah, telur, ikan, dan sayuran hijau.

Sebaliknya, kurangi asupan makanan yang mengandung lemak tinggi, pengawet, atau pemanis buatan. Terlalu banyak mengonsumsi jenis makanan tersebut dapat memicu peradangan dalam tubuh.

2. Minum air putih yang cukup

minum air putih mencegah flu

Tips selanjutnya yang perlu Anda lakukan untuk menjaga kesehatan di musim pancaroba adalah mencukupi kebutuhan air setiap hari. Air tidak hanya meredakan dahaga, tapi juga menjaga kelembapan tubuh dan menjadi komponen utama dari pembentukan plasma darah.

Selain itu, air membantu mengedarkan oksigen ke seluruh bagian tubuh dan membantu mengeluarkan zat yang tidak dibutuhkan tubuh.

Jika tubuh kekurangan cairan, organ tubuh tidak dapat bekerja dengan efektif, termasuk sistem kekebalan tubuh Anda. Untuk itulah, mencukupi kebutuhan air sangat penting untuk mencegah sakit.

Namun, kebutuhan air setiap orang itu berbeda-beda, tergantung dengan usia, kondisi kesehatan, dan aktivitas yang dilakukan. Kisaran banyaknya air yang harus dipenuhi anak-anak dan orang dewasa setiap hari yaitu 1200 hingga 2000 mL atau sekitar delapan gelas sehari.

3. Cukup tidur

Jika nutrisi dan air sudah tercukupi, Anda harus sempurnakan dengan tidur yang cukup. Tidur merupakan waktu bagi organ tubuh Anda untuk beristirahat.

Jika Anda sering begadang dan kurang tidur, organ tubuh akan kelelahan. Akibatnya, sistem kekebalan tubuh akan melemah dan membuat Anda lebih mudah jatuh sakit di musim pancaroba.

Cobalah untuk mengatur kembali jam tidur dan bangun Anda. Hindari aktivitas yang bisa mengganggu tidur, seperti main ponsel atau makan tengah malam.

4. Olahraga

Cuaca tidak menentu selama musim pancaroba mungkin membuat Anda malas untuk berolahraga. Namun, jangan jadikan ini sebagai alasan.

Pasalnya, olahraga merupakan aktivitas yang menyehatkan tubuh Anda. Tentunya kegiatan ini akan sangat bermanfaat bila Anda ingin menjaga kesehatan di musim pancaroba.

Olahraga akan merangsang produksi hormon dopamin. Hormon ini bertugas untuk memperbaiki suasana hati dengan membuat perasaan Anda jadi lebih senang dan bahagia.

Selain itu, dopamin juga digunakan oleh sel-sel kekebalan untuk mengatur respons tubuh terhadap infeksi.

Tidak perlu memilih jenis latihan yang sulit, Anda bisa mencoba untuk lari, jogging, jalan santai, atau bersepeda.

Perlukah dibantu dengan minum suplemen?

Khasiat Ekstrak Sambiloto dan Sistem Imun dalam Melawan COVID-19

Boleh-boleh saja jika Anda minum suplemen sebagai pelindung ganda agar tidak mudah sakit di musim pancaroba, asal dokter sudah memberikan Anda lampu hijau.

Jika kebutuhan gizi sudah tercukupi, suplemen sebenarnya tidak dibutuhkan. Terkecuali jika Anda memang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, minum suplemen tentu akan sangat bermanfaat.

Namun, bila Anda tetap ingin mengonsumsi suplemen, biasanya dokter merekomendasikan vitamin C, zat besi, dan vitamin B6 untuk mempertahankan daya tahan tubuh.

Pilihan lainnya adalah mengonsumsi satu sendok madu. Madu mengandung antioksidan serta dapat memberikan efek antiperadangan. Madu juga mengaktifkan respons sistem imun terhadap infeksi sehingga baik untuk menjaga kesehatan Anda di musim pancaroba.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

What to Eat to Boost Your Immune System? (2021). Cleveland Clinic. Retrieved 4 February 2022, from https://health.clevelandclinic.org/food-to-boost-your-immune-system/

Samarghandian, S., Farkhondeh, T., & Samini, F. (2017). Honey and Health: A Review of Recent Clinical Research. Pharmacognosy research, 9(2), 121–127. Retrieved 4 February 2022.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Winona Katyusha Diperbarui Mar 02
Ditinjau secara medis oleh dr. Michael Norman Jusman, Sp.BS