Plus Minus Mengobati Asam Lambung (GERD) Dengan Baking Soda

Oleh

Apakah Anda salah satu pengidap refluks asam lambung, atau yang dikenal dengan penyakit asam lambung naik alias GERD? Jika ya, bagaimana cara Anda mengatasi kenaikan asam lambung ini? Baking soda sudah lama diyakini sebagai salah satu obat asam lambung yang dapat digunakan untuk mengatasi naiknya asam lambung. Namun apakah pengobatan baking soda ini aman untuk dilakukan? Adakah efek samping yang bisa dialami akibat penggunakan baking soda sebagai obat asam lambung?

Kenapa asam lambung bisa naik?

Pintu masuk perut Anda adalah sebuah katup berupa otot dengan bentuk cincin yang dikenal dengan sebutan lower esophageal sphincter (LES). Normalnya, LES ini akan segera tertutup setelah makanan lewat. Namun pada beberapa kondisi, LES tidak menutup atau malah terbuka terlalu sering, sehingga asam yang dihasilkan oleh lambung Anda naik menuju kerongkongan.

Kondisi ini dapat menimbulkan heartburn atau rasa panas pada ulu hati, dan bila terjadi lebih dari dua kali dalam seminggu, kondisi ini dapat memicu terjadinya penyakit asam lambung (GERD).

Bagaimana cara menggunakan baking soda sebagai obat asam lambung?

Didukung dari sejumlah penelitian yang telah dilakukan, baking soda diyakini memiliki fungsi yang sama dengan antasida, yaitu untuk menetralkan asam lambung. Baking soda atau yang juga dikenal dengan sodium bikarbonat, adalah bubuk berwarna putih yang tidak berbau dan merupakan kombinasi dari sodium dan hidrogen karbonat .Sodium bikarbonat ini bahkan juga ditemukan terkandung dalam antasida yang dijual di apotik. Bubuk putih ini memiliki rasa yang pahit dan cenderung bersifat basa.

Cara menggunakan baking soda sebagai obat asam lambung adalah dengan cara dicampurkan dengan air hingga larut. Suatu penelitian pada tahun 2015 berhasil mengungkapkan bahwa kombinasi baking soda dengan omeprazole, obat penghalang asam lambung, berhasil mengurangi gejala akibat asam lambung naik, dalam 30 menit dibandingkan dengan hanya menggunakan omeprazole saja.

Efek samping menggunakan baking soda sebagai obat asam lambung

Kadar garam yang tinggi

Seperti yang telah disebutkan di atas, baking soda mengandung garam dengan kadar yang cukup tinggi. Sehingga meminum baking soda mungkin tak dianjurkan apabila Anda memiliki tekanan darah tinggi atau sedang menjalani diet rendah garam.

Kadar gas yang tinggi

Baking soda juga mengandung kadar gas yang cukup tinggi, hal ini mungkin akan menyebabkan Anda buang gas lebih sering setelah menggunakan pengobatan baking soda. Efek samping ini sesuai dengan buku Take Care of Yourself yang menuliskan bahwa, pengobatan baking soda bekerja dengan melepaskan gas yang terjebak dalam perut Anda untuk menetralisir asam lambung yang naik.

Jadi, apakah baking soda aman sebagai obat asam lambung?

Karena adanya potensi efek samping dari pengobatan baking soda ini, Anda sebaiknya berdiskusi dengan dokter sebelum benar-benar menggunakannya sebagai obat asam lambung. Bila Anda bahkan mengalami asam lambung naik dengan frekuensi dengan cukup sering, akan lebih baik bila Anda segera memeriksakan ke dokter terlebih dahulu dibandingkan berinisiatif untuk melakukan pengobatan baking soda sendiri.

Baca Juga:

Yang juga perlu Anda baca