8 Langkah Cuci Muka yang Benar Agar Kulit Terbebas dari Debu dan Kotoran

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15/11/2019
Bagikan sekarang

Sudah pakai segudang produk pembersih wajah, tapi wajah masih terasa kurang bersih dan masalah kulit justru tambah banyak? Bisa jadi Anda tidak cuci muka dengan benar. Banyaknya produk pembersih wajah yang digunakan sebenarnya bukan jaminan untuk mendapatkan kulit yang bersih dan bebas dari kotoran. Lalu, bagaimana cara cuci muka yang benar? Simak tipsnya di bawah ini.

Cara cuci muka yang benar

Sudah benarkah cara Anda membersihkan muka selama ini? Berikut panduan cara cuci muka yang benar yang penting untuk diketahui.

1. Cuci tangan

cuci tangan sebelum seks

Banyak orang lalai dalam hal ini. Padahal cara cuci muka yang benar adalah dengan mencuci tangan terlebih dahulu. Tangan yang kotor justru dapat menyebabkan kotoran di kulit semakin menumpuk.

Hal inilah yang kemudian berpotensi menimbulkan jerawat. Jadi sebelum cuci muka, pastikan Anda mencuci tangan sampai bersih terlebih dahulu.

2. Bersihkan makeup dulu

makeup remover

Ada baiknya Anda jangan langsung cuci muka pakai sabun setelah seharian pakai makeup. Bersihkan dulu makeup Anda dengan pembersih khusus (misalnya micellar water) sampai benar-benar bersih. Setelah itu, basuh wajah Anda dengan kain lap lembut yang sudah dibasahi air hangat.

3. Pakai air hangat

sering cuci muka bikin jerawat

Hindari menggunakan air panas untuk cuci muka. Pasalnya, air panas justru akan membuat kulit Anda kering dan rentan mengalami iritasi. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan air hangat suam-suam kuku untuk membersihkan wajah.

4. Coba pembersih wajah dalam bentuk gel atau krim

krim malam

Sabun dapat menyebabkan kulit kering dan tidak bisa menghapus seluruh kotoran di wajah. Sabun yang terlalu keras untuk kulit akan mengangkat lapisan minyak alami kulit dan justru memperjelas garis-garis halus di wajah.

Sebagai gantinya, gunakan pembersih wajah berbentuk krim atau gel. Pembersih wajah jenis ini berfungsi untuk membantu pengelupasan kulit, membersihkan sisa make up, serta pori-pori yang tersumbat.

5. Pijat wajah dengan lembut

Jangan terburu-buru ketika mencuci muka. Pasalnya, hal tersebut membuat kotoran dan minyak tidak hilang sempurna.

Jika ingin mendapatkan kulit wajah yang bersih dan bebas kotoran, luangkan waktu setidaknya beberapa detik untuk memberi pijatan lembut pada wajah Anda. Pijat daerah sekitar hidung dan dahi yang cenderung berminyak. Setelah itu, bilas dengan air sampai bersih.

6. Gunakan lap untuk mengeringkan wajah

manfaat hyaluronic acid adalah

Lap yang lembut dapat membantu pengelupasan kulit-kulit mati, membersihkan makeup, dan kotoran yang menempel di wajah.

Setiap malam, celupkan kain lap dalam air hangat, peras sedikit, serta tempelkan pada wajah, leher, dan dada untuk membuka pori-pori. Bersihkan bagian-bagian tersebut secara perlahan. Jangan lupa bersihkan dahi dan bagian belakang leher.

Ingat, jangan menggosokkan handuk ke wajah saat mengeringkan muka. Karena hal ini dapat mengancam elastisitas kulit wajah. Biarkan wajah mengering dengan sendirinya atau tepuk-tepuk muka dengan handuk bersih. Tepuk-tepuk kain lap yang lembap pada kulit dengan gerakan menyapu ke bawah.

7. Pakai toner

Setelah cuci muka, pakai toner sesuai dengan jenis kulit Anda. Toner dapat membersihkan semua bekas makeup, debu, dan minyak yang umumnya tidak bisa dibersihkan secara optimal oleh pembersih biasa.

Tak hanya itu saja, toner juga dapat mengangkat sisa sabun, mengecilkan pori-pori, menghilangkan kelebihan minyak, serta menghaluskan kulit Anda.

8. Krim mata merupakan teman terbaik

krim mata

Daerah halus di sekitar mata adalah kulit tertipis yang perlu perhatian ekstra. Maka itu, Anda sebaiknya pakai krim mata setiap hari. Jika mata Anda sensitif dan rentan bengkak,  carilah krim mata yang mengandung peptida dan bahan-bahan herbal.

Ambil sedikit krim dengan ujung jari, kemudian oleskan ke bagian mata dalam hingga sudut terluar. Tekan perlahan area yang dioleskan krim dengan ujung jari, supaya krim merata.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mana yang Lebih Baik: Eksfoliasi Pakai Chemical Peeling atau Scrub?

Mungkin Anda bingung lebih baik pilih chemical peeling atau scrub untuk perawatan kulit. Ternyata perawatan kulit perlu menyesuaikan kondisi kulit Anda.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda

4 Trik Mengatasi Kulit Kering di Bawah Mata

Mengatasi kulit kering di bawah mata dapat dilakukan dengan perawatan dan konsumsi asupan bernutrisi untuk menjaga kelembapan kulit.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda

Harus Pakai Skin Care Berapa Lama Hingga Hasilnya Terlihat?

Kira-kira, berapa lama produk skin care akan menunjukkan hasil dan perubahan pada kulit wajah Anda? Untuk tahu jawabannya, simak artikel berikut ini.

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Shylma Na'imah

Manfaat Skin Care Berbahan Alpha Arbutin untuk Kulit Wajah

Alpha arbutin adalah pilihan yang aman untuk Anda yang ingin mencerahkan kulit wajah. Apa saja manfaat dari alpha arbutin untuk wajah?

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Shylma Na'imah

Direkomendasikan untuk Anda

Skin care dengan asam aktif

Manfaat dan Cara Aman Pakai Skin Care yang Mengandung Asam Aktif

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Dipublikasikan tanggal: 08/05/2020
perbedaan hydrating dan moisturizing

Apa Bedanya Skincare yang Hydrating dan Moisturizing untuk Kulit Anda?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 08/05/2020
glass skin

5 Langkah Wujudkan Kulit Bening Bercahaya ala Glass Skin

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 03/05/2020
kulit rusak saat puasa

7 Kesalahan yang Membuat Kulit Rentan Rusak Selama Bulan Puasa

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 02/05/2020