Adalah pekerjaan sistem kekebalan tubuh untuk melindungi Anda dari zat-zat asing yang dapat membuat Anda sakit, dilakukan dengan menciptakan antibodi.

Kadang-kadang sistem kekebalan tubuh Anda mengidentifikasi benda asing sebagai benda berbahaya, meskipun sebenarnya tidak. Alergen umum yaitu racun lebah, serbuk sari, dan bulu hewan peliharaan. Alergen makanan umum yaitu kacang, susu, produk gandum, kerang, dan stroberi.

Reaksi berlebihan ini dapat menyebabkan gejala ringan seperti iritasi kulit, mata berair, atau bersin. Namun, juga dapat menyebabkan anaphylaxis, reaksi parah yang dapat menyebabkan kegagalan pernapasan dan serangan jantung.

Mengidentifikasi reaksi alergi

Gejala tergantung pada alergi dan dapat bervariasi dari orang ke orang. Reaksi alergi dapat menyebabkan gatal-gatal, ruam, dan iritasi kulit lainnya. Beberapa alergi makanan dapat menyebabkan diare, kembung, dan masalah pencernaan lainnya. Tanda-tanda lain dari alergi meliputi mata dan hidung yang bengkak, tersumbat, dan berair.

Reaksi alergi yang paling serius menyebabkan anafilaksis. ini adalah keadaan darurat medis.

Tanda-tandanya termasuk kepala ringan, mual, dan nadi lemah. Pembengkakan pada saluran udara bisa mengganggu pernafasan. Anaphylaxis yang tidak diobati dapat menyebabkan hilangnya kesadaran, gangguan pernapasan, dan serangan jantung.

Mengobati gejala ringan

Reaksi alergi ringan dapat aman diobati di rumah. Antihistamin dan decongestan dapat mengurangi hidung tersumbat dan masalah pernapasan. Obat-obat ini umumnya berbentuk tablet, tetes mata, dan semprotan hidung.

Pembengkakan, kemerahan, dan gatal-gatal dapat dikurangi dengan penggunaan es dan topikal krim yang mengandung corticosteroids.  Acetaminophen dapat mengurangi rasa sakit. Jika gejalanya menetap, dokter dapat meresepkan obat yang lebih kuat.

Epinephrine untuk anafilaksis

Anafilaksis adalah suatu kondisi yang mengancam jiwa. Hubungi petugas darurat segera. Petugas darurat biasanya memberikan epinephrine (adrenaline) secepatnya. Semakin cepat Anda menerima dosis epinephrine, semakin besar kesempatan Anda untuk bertahan hidup.

Setelah Anda mengalami anafilaksis, dokter dapat memberikan resep epinephrine darurat (EpiPen®) sehingga Anda dapat membawanya dengan Anda. Autoinjector diberikan dengan dosis tunggal dan disuntikkan ke paha Anda. Jangan lupa untuk mengganti obat jika sudah tanggal kedaluwarsa. Mengajarkan keluarga dan teman-teman terdekat Anda mengenai  bagaimana cara menggunakan obat di keadaan darurat.

CPR untuk anafilaksis

Anafilaksis dapat menyebabkan hilangnya kesadaran, pernapasan, dan serangan jantung. Hubungi petugas darurat segera. Kemudian, periksa napas, pernapasan, dan sirkulasi darah pasien. Jika perlu, lakukan pernapasan penyelamatan dan CPR.

Cobalah untuk menjaga orang-orang tetap tenang. Jangan pernah mencoba untuk memberikan obat oral untuk seseorang yang mengalami kesulitan bernapas atau menempatkan sesuatu di bawah kepala mereka. Angkat kaki orang tersebut sekitar 12 inci dan selimuti mereka.

Tanaman beracun

Seseorang terkena reaksi alergi berikut karena paparan racun ivy, racun oak, dan racun sumac. Gejala dapat bervariasi dari kemerahan yang ringan dan gatal sampai lecet dan bengkak.

Jika Anda terkena tanaman beracun, jangan digaruk. Hindari sabun dan mandi lah menggunakan air dingin. Manjakan kulit Anda dengan produk oatmeal koloid atau krim hidrokortison.

Antihistamines dapat mengurangi gatal dan peradangan. Jika gejala parah, dokter mungkin meresepkan steroid oral atau krim yang lebih kuat.

Sengatan serangga

Sebagian besar dari kita memiliki reaksi kecil dari gigitan serangga. Jika Anda digigit oleh serangga menyengat, bersihkan sengatan menggunakan benda berujung lurus (seperti kartu kredit) dan gerakkan menyikat. Menarik atau meremas dapat melepaskan lebih banyak racun ke tubuh Anda.

Benar-benar mencuci bersih dengan sabun dan air. Tempelkan es untuk mengurangi pembengkakan. Anda dapat menggunakan acetaminofen untuk nyeri.

Sengatan ubur-ubur

Sebuah sengatan ubur-ubur dapat merusak hari santai Anda di pantai. Kulit di sekitar sengatan bisa menjadi bengkak dan merah, menyebabkan rasa sakit dan gatal.

Jika Anda sudah terkena sengatan ubur-ubur, cuci dengan air laut atau cuka selama 30 menit. Ini akan menetralkan racun. Es dapat menenangkan kulit Anda dan mengurangi rasa sakit. Gunakan krim hidrokortison dan antihistamin untuk mengurangi pembengkakan.

British Red Cross  menyarankan bahwa mengencingi sengatan ubur-ubur tidak akan membantu dan dapat meningkatkan rasa sakit dan menyebabkan luka.

Setelah pertolongan pertama

Setelah Anda mengalami reaksi alergi, penting untuk mengidentifikasi sumber sehingga Anda dapat menghindarinya di masa depan. Anda harus:

  • Periksa bahan dari produk di sekitar rumah Anda. Banyak mengandung wewangian atau pewarna dapat membuat kulit Anda iritasi.
  • Pastikan untuk membaca label makanan dengan hati-hati. Makanan kemasan sering mengandung bahan-bahan yang mengejutkan.
  • Stock lemari obat Anda dengan pengobatan topikal tanpa resep, antihistamin, dan penghilang rasa sakit.
  • Tanyakan kepada dokter untuk meresepkan epinephrine darurat jika Anda pernah mengalami anaphylaxis. Anafilaksis merupakan keadaan darurat medis, yang harus selalu diikuti dengan perawatan medis.

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca