Benarkah Obat Semprot Hidung Ampuh Mengatasi Gejala Alergi?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 20/06/2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Obat semprot hidung atau nasal spray adalah salah satu pengobatan paling umum untuk mengatasi gejala alergi. Obat ini mengandung ragam bahan yang mampu meredakan hidung tersumbat, bersin, hingga pembengkakan bagian dalam hidung yang menjadi keluhan utama penderita alergi.

Cara kerja obat semprot hidung untuk alergi

cara pakai obat semprot hidung

Saat alergi kambuh, obat semprot hidung dapat menjadi solusi cepat untuk mengatasi gejalanya. Obat ini bekerja dengan melembapkan bagian dalam hidung serta menjaga lendir di dalamnya tetap mengalir.

Lendir akan membersihkan debu, bakteri, serta pemicu alergi lainnya yang menempel pada dinding hidung. Dengan begitu, kotoran dan kuman-kuman tersebut tidak akan menyebabkan reaksi peradangan dan alergi separah sebelumnya.

Ada berbagai jenis obat semprot hidung untuk mengatasi gejala alergi. Meskipun cara kerjanya mirip, setiap jenisnya memiliki fungsi tersendiri, yakni sebagai berikut.

1. Obat semprot hidung dekongestan

Obat semprot dekongestan ampuh untuk mengatasi hidung mampet. Obat ini biasanya mengandung oxymetazoline hydrochloride atau phenylephrine hydrochloride. Keduanya dapat mempersempit pembuluh darah dan meredakan bengkak pada jaringan hidung.

Perlu diingat bahwa obat semprot hidung dekongestan untuk alergi tidak boleh dipakai lebih dari tiga hari. Penggunaan jangka panjang justru dapat membuat hidung Anda semakin mampet. Obat ini hanya aman dan efektif bila digunakan sesuai anjuran.

2. Obat semprot hidung antihistamin

Ketika pemicu alergi masuk ke dalam tubuh, sistem kekebalan tubuh akan melepaskan histamin. Senyawa inilah yang menyebabkan reaksi alergi seperti bengkak pada hidung dan tenggorokan, rasa gatal pada mulut, hidung meler, serta mata berair.

Obat semprot antihistamin bekerja dengan menghambat efek histamin sehingga gejala alergi berangsur mereda. Efek obat ini termasuk yang paling cepat di antara jenis obat semprot lain, tapi Anda mungkin akan mengantuk setelah memakainya.

3. Obat semprot hidung steroid

Obat semprot steroid merupakan jenis yang paling ampuh untuk mengatasi gejala alergi, terutama hidung mampet, bersin, dan mata berair. Ini disebabkan karena steroid bekerja langsung dengan meredakan peradangan pada jalur pernapasan.

Obat ini juga sering direkomendasikan karena tidak meninggalkan bau dan rasa yang tidak enak. Efeknya pun bertahan cukup lama dibandingkan jenis lain. Namun, Anda mungkin harus bersabar selama seminggu sebelum betul-betul merasakan hasilnya.

4. Obat semprot hidung cromolyn sodium

Obat semprot mengandung cromolyn sodium bekerja dengan cara mencegah produksi histamin dan melegakan hidung mampet. Obat ini aman bagi kebanyakan orang dan efeknya terbilang cepat, yakni sekitar 30 menit setelah pemakaian.

Jika Anda akan bepergian ke tempat yang bisa memicu alergi, sebaiknya gunakan obat ini satu minggu sebelumnya. Cromolyn sodium memang minim efek samping, tapi obat ini tidak seampuh obat semprot hidung steroid.

5. Obat semprot hidung ipratropium

Obat semprot ipratropium terbagi menjadi dua jenis dengan peruntukan yang berbeda. Obat semprot ipratropium 0,06% digunakan untuk meredakan hidung meler akibat pilek atau rhinitis alergi, sedangkan ipratropium 0,03% digunakan untuk jenis alergi lain.

Ipratropium bekerja dengan menghambat produksi lendir pada hidung. Obat ini efektif untuk mengatasi hidung meler, tapi tidak cukup ampuh untuk mengatasi hidung mampet dan bersin-bersin.

Apakah obat semprot bisa mengatasi gejala alergi dengan baik?

manfaat nasal spray powder

Jawabannya tergantung pada jenis obat semprot yang Anda gunakan. Obat semprot dekongestan yang bisa dibeli bebas di apotek memang bisa melegakan hidung dengan cepat, tapi obat ini menyebabkan efek samping bila digunakan terlalu lama.

Penggunaan obat semprot secara berlebihan bisa mengakibatkan kerusakan jaringan dan pembengkakan pada bagian dalam hidung. Akibatnya, Anda malah mengalami mampet yang lebih parah. Kondisi ini disebut sebagai rhinitis medicamentosa.

Jika Anda mencari obat yang cepat bereaksi, antihistamin atau steroid mungkin pilihan yang tepat. Namun, obat ini harus digunakan dengan resep dokter. Pemakaian secara sembarangan bisa memicu efek samping seperti hidung kering, gatal, hingga mimisan.

Cara menggunakan obat semprot hidung juga berpengaruh pada keampuhannya. Jadi, pastikan Anda sudah berkonsultasi dengan dokter dan memahami seluk-beluknya sebelum menggunakan obat semprot hidung dengan jenis apa pun.

Lebih baik cuci hidung

sakit hidung

Jika Anda belum yakin ingin menggunakan obat semprot, cuci hidung bisa menjadi cara alternatif untuk mengatasi gejala alergi. Namun, Anda sebaiknya berkonsultasi dahulu dengan dokter untuk memahami prosedurnya.

Siapkan cairan pencuci hidung berupa larutan natrium klorida (NaCL) 0,9% dan mangkuk, kemudian ikuti langkah berikut.

  1. Tuangkan cairan pencuci hidung ke dalam wadah.
  2. Tutup lubang hidung sebelah kanan.
  3. Hirup cairan pencuci hidung hingga ke bagian atas hidung, lalu biarkan mengalir.
  4. Bersihkan sisa cairan dengan tisu.
  5. Ulangi tiga kali pada masing-masing lubang hidung.

Obat semprot hidung bisa ampuh mengatasi gejala alergi bila Anda memilih jenis yang sesuai. Akan tetapi, obat ini juga punya kekurangan. Anda harus memakainya secara rutin dengan cara yang tepat untuk mendapatkan hasil terbaik.

Jika Anda kesulitan memilih dan menggunakan obat semprot hidung, cuci hidung bisa menjadi alternatif terbaik. Jangan lupa menjaga kebersihan tangan dan alat-alat yang digunakan untuk menghindari infeksi kuman.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mengenal Beragam Jenis Obat Topikal (Obat Oles) dan Beda Fungsinya

Obat topikal hadir dalam berbagai jenis dengan fungsinya masing-masing. Berikut adalah berbagai bentuk obat topikal dan karakteristiknya.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Hidup Sehat, Fakta Unik 19/12/2019 . Waktu baca 4 menit

7 Obat Pilihan untuk Mengatasi Alergi

Aergi dapat membuat mata merah berair, pilek, dan bersin-bersin di waktu yang tidak tepat. Obat apa yang bisa cepat mengatasi gejala alergi saat kumat?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Alergi, Health Centers 17/11/2019 . Waktu baca 7 menit

Benarkah Seseorang Bisa Menderita Lebih Dari Satu Alergi?

Bagi sebagian orang mungkin menyangka satu alergi sudah cukup dalam kehidupan mereka. Akan tetapi, mungkinkah seseorang mempunyai banyak alergi?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Alergi & Penyakit Autoimun, Alergi, Health Centers 17/11/2019 . Waktu baca 4 menit

Atarax

Atarax adalah obat gatal sekaligus obat penenang. Cari tahu informasi tentang fungsi, dosis, efek samping, dan interaksi obat ini di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Obat A-Z, Obat-obatan & Suplemen A-Z 01/11/2019 . Waktu baca 8 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Konten Bersponsor
penyebab hidung meler

Beragam Penyebab Hidung Meler Terus Padahal Tidak Sedang Flu

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 13/05/2020 . Waktu baca 4 menit
Konten Bersponsor
hidung

Keunggulan Nasal Spray Powder untuk Melindungi Hidung

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 24/04/2020 . Waktu baca 4 menit
jenis obat sirup yang harus dikocok

Mengapa Obat Sirup Harus Dikocok Sebelum Diminum?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 04/04/2020 . Waktu baca 4 menit
cara mengatasi sekaligus mengobati alergi

7 Cara Mengatasi Gejala Alergi yang Kumat

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 24/01/2020 . Waktu baca 7 menit