backup og meta
Kategori
Cek Kondisi

1

Tanya Dokter
Simpan

10 Rekomendasi Serum untuk Kulit Kombinasi, Wajah Jadi Cerah

Fakta medis diperiksa oleh Hello Sehat Medical Review Team


Ditulis oleh Putri Ica Widia Sari · Tanggal diperbarui 14/06/2024

10 Rekomendasi Serum untuk Kulit Kombinasi, Wajah Jadi Cerah

Kulit kombinasi memiliki karakteristik unik dengan beberapa area wajah yang cenderung berminyak, seperti di T-zone (dahi, hidung, dan dagu), sedangkan area lainnya bisa kering atau normal. Oleh karena itu, produk serum untuk kulit kombinasi yang digunakan pun harus mampu menyeimbangkan kebutuhan kulit tersebut. 

Apa pilihan serum yang cocok dan bagus untuk kulit kombinasi? Simak beberapa rekomendasinya di bawah ini.

Cara kami memilih serum untuk kulit kombinasi 

Merawat kulit kombinasi agar tetap sehat tentu tidak semudah yang dibayangkan. Pasalnya, ciri-ciri kulit kombinasi ini memiliki tipe kulit kering dan kulit berminyak.

Hal ini tentu memerlukan perawatan yang berbeda untuk setiap jenis kulitnya, termasuk dalam pemilihan produk serum.

Melansir The Skin Institute, memilih produk skincare seperti serum yang cocok untuk kulit kombinasi dapat mempertimbangkan beberapa bahan. Berikut pilihan bahannya.

  • Hyaluronic acid. Dapat memberikan hidrasi mendalam tanpa membuat kulit terasa berminyak, cocok untuk bagian wajah yang kering.
  • Niacinamide. Dapat membantu mengontrol minyak berlebih di area T-zone (dahi, hidung, dagu) serta melembapkan area yang kering.
  • Salicylic acid. Ideal untuk kulit kombinasi yang rentan berjerawat, karena membantu membersihkan pori-pori dan mengontrol minyak.

Bagi Anda yang memiliki kulit kombinasi, sebaiknya pilih serum yang memiliki label nonkomedogenik, yang artinya tidak akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. 

Selain memperhatikan bahan aktif yang terdapat dalam serum, memilih tekstur serum yang tepat penting untuk pemilik kulit kombinasi.

Anda disarankan untuk memilih serum dengan tekstur gel atau cair agar lebih ringan dan mudah diserap oleh kulit. 

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor di atas, Anda dapat menemukan serum yang tidak hanya menyeimbangkan kebutuhan kulit kombinasi Anda, tetapi juga memperbaiki kesehatan dan penampilan kulit secara keseluruhan. 

Artikel terkait

10 Rekomendasi serum untuk kulit kombinasi 

serum yang aman untuk ibu hamil

Berdasarkan beberapa pertimbangan di atas, kami telah memilih beberapa jenis serum untuk wajah kombinasi dengan harga yang terjangkau.

Dengan begitu, beberapa produk ini bisa menjadi bahan pertimbangan Anda sebelum membelinya. 

1. SOME BY MI Yuja Niacin Anti Blemish Serum

Rekomendasi serum untuk kulit kombinasi ini datang dari SOME BY MI. Produk ini dirancang untuk membantu mengatasi masalah kulit seperti noda hitam, hiperpigmentasi kulit, dan kulit kusam.

Produk yang populer di pasaran ini memiliki kandungan bahan aktif, seperti niacinamide, glutathione, arbutin, propolis extract, hingga 12 jenis vitamin lainnya. 

Berkat kandungan tersebut, produk dari SOME BY MI ini diklaim dapat membuat kulit menjadi lebih cerah, menyamarkan noda hitam dan bekas jerawat, memperbaiki skin barrier, serta mengatasi hiperpigmentasi atau flek hitam. 

Nomor registrasi BPOM: NA26241900011

2. SKIN1004 Madagascar Centella Tone Brightening Capsule Ampoule 

SKIN1004 Madagascar Centella Tone Brightening Capsule Ampoule memiliki tekstur yang cair dan mengandung kapsul putih MadeWhite, sehingga diklaim lebih mudah menyerap ke kulit, termasuk jenis kulit kombinasi. 

Rekomendasi serum untuk wajah kombinasi ini mengandung ekstrak centella asiatica yang dapat memberikan efek menenangkan pada kulit.

Produk serum dari SKIN1004 ini juga memiliki formula triple complex, yang terdiri dari niacinamide untuk efek mencerahkan, tranexamic acid untuk perawatan skin tone, serta ethyl ascorbic acid sebagai vitamin C.

Nomor registrasi BPOM: NA26211900065

3. True to Skin Niacinamide TXA Brightening Serum

True to Skin Niacinamide TXA Brightening Serum bisa jadi salah satu pilihan serum yang cocok untuk kulit kombinasi, terutama bagi Anda yang punya masalah kulit kusam.

Sebab, fungsi serum ini membantu mencerahkan kulit serta mengatasi masalah hiperpigmentasi dan noda hitam.

Kandungan hyaluronic acid di dalam produk ini dapat memberikan hidrasi mendalam untuk kulit, menjaga kelembapan, dan membuat kulit tampak lebih plump.

Tidak hanya itu, kandungan niacinamide di dalamnya membantu mengontrol produksi sebum, sehingga cocok untuk kulit kombinasi yang memiliki area berminyak.

Nomor registrasi BPOM: NA18221902259 

4. SKINTIFIC Lactic Acid Skin Renewal Exfoliating Serum 

Anda mencari rekomendasi exfoliating serum yang cocok untuk kulit berminyak dan kering? SKINTIFIC Lactic Acid Skin Renewal Exfoliating Serum mungkin bisa menjadi jawabannya.

Kandungan glycolic acid (AHA) di dalam serum ini bekerja sama dengan lactic acid untuk eksfoliasi kulit secara lembut guna mengangkat sel kulit mati tanpa menyebabkan iritasi berlebihan.

Berkat khasiatnya tersebut, serum yang satu ini mungkin cocok untuk penggunaan rutin. 

Tidak hanya itu, kandungan salicylic acid di dalamnya juga dapat membantu membersihkan pori-pori dan mencegah timbulnya jerawat serta komedo.

Nomor registrasi BPOM: NA11230100431

5. Avoskin Your Skin Bae Niacinamide Serum 

Avoskin Your Skin Bae Niacinamide Serum adalah salah satu produk populer dari Avoskin yang dirancang untuk mengatasi berbagai masalah kulit, termasuk pada kulit kombinasi. 

Rekomendasi serum untuk kulit kombinasi ini mengandung centella asiatica yang diklaim dapat menenangkan kulit, mempercepat penyembuhan luka, dan meningkatkan hidrasi.

Centella Asiatica juga membantu mengurangi peradangan dan memperkuat skin barrier.

Dengan kandungan 12% niacinamide, Avoskin ini mengklaim bahwa serum ini dapat mencerahkan dan menyamarkan PIE (post-inflammatory erythema).

Nomor registrasi BPOM: NA18202000278

6. Glad2Glow Pomegranate 10% Niacinamide Power Bright Serum

Dengan kandungan utama niacinamide dan ekstrak delima, Glad2Glow Pomegranate 10% Niacinamide Power Bright Serum disebut dapat mengurangi tampilan pori-pori besar, mengontrol produksi minyak, meratakan warna kulit, dan memperkuat skin barrier.

Kandungan hyaluronic acid di dalamnya pun dapat memberikan hidrasi mendalam tanpa membuat kulit terasa berminyak. 

Ekstrak delima dan vitamin C di dalam serum untuk wajah kombinasi ini juga memberikan perlindungan terhadap kerusakan akibat radikal bebas dan membantu memperbaiki kulit yang rusak.

Nomor registrasi BPOM: NA11221900029

7. Aquila Dazzling Glow Vitamin C Barrier Serum

Sebagai antioksidan kuat, kandungan vitamin C di dalam Aquila Dazzling Glow Vitamin C Barrier Serum diklaim mampu membantu mencerahkan kulit, mengurangi hiperpigmentasi, dan melawan tanda-tanda penuaan seperti garis halus dan kerutan.

Kandungan niacinamide di dalamnya dapat membantu mengontrol produksi sebum, sehingga menjadikan serum ini cocok untuk kulit kombinasi hingga berminyak.

Yang tidak kalah dengan serum lainnya, produk ini juga mengandung hyaluronic acid yang dapat menjaga kelembapan kulit, terutama di area kulit kering pada kulit kombinasi. 

Nomor registrasi BPOM: NA18210111635

8. Whitelab N5-Dose+ Brightening Booster Serum 

Whitelab juga punya produk serum yang diklaim cocok untuk wajah kombinasi dengan beragam manfaat yang ditawarkan.

Konsentrasi niacinamide dalam Whitelab N5-Dose+ Brightening Booster Serum ini membantu mengurangi hiperpigmentasi dan meningkatkan kecerahan kulit.

Selain itu, kandungan peptide complex di dalamnya membantu merangsang produksi kolagen, mengurangi tampilan garis halus dan kerutan, serta meningkatkan elastisitas kulit.

Nomor registrasi BPOM: NA18221902936

9. Wardah Lightening Serum Ampoule 

Wardah Lightening Serum Ampoule bisa jadi pilihan yang menarik untuk Anda yang punya kulit kombinasi. 

Niacinamide (vitamin B3) yang terkandung di dalamnya adalah bahan yang sangat baik untuk kulit kombinasi karena dapat mengurangi produksi minyak berlebih di area berminyak, tetapi tetap memberikan kelembapan yang cukup di area yang kering.

Dari segi konsistensi serum, produk ini disebut tidak memberikan rasa berat atau greasy pada kulit, sehingga cocok untuk kulit kombinasi yang cenderung berminyak di beberapa area.

Selain itu, serum ini cenderung cepat diserap oleh kulit, sehingga tidak akan meninggalkan residu atau kilap berlebih.

Nomor registrasi BPOM: NA18190125072

10. FOCALSKIN 6X Brightening Serum  

Rekomendasi serum yang bagus untuk kulit kombinasi terakhir adalah FOCALSKIN 6X Brightening Serum. Serum ini didesain dengan fokus pada mencerahkan kulit. 

Mengandung bahan-bahan seperti vitamin C, niacinamide, atau ekstrak alami, produk ini dapat membantu mengurangi hiperpigmentasi dan memberikan tampilan kulit yang lebih cerah dan merata.

Dengan fokus pada mencerahkan kulit, serum ini mungkin cocok untuk kulit kombinasi yang membutuhkan perawatan khusus untuk mengatasi hiperpigmentasi tanpa meninggalkan kesan berminyak. 

Nomor registrasi BPOM: NA11231900026

Itulah beberapa rekomendasi serum untuk wajah kombinasi yang bisa Anda gunakan. Sudahkah Anda menentukan mana yang mau dipilih? Selamat mencoba, ya!

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.



Fakta medis diperiksa oleh

Hello Sehat Medical Review Team


Ditulis oleh Putri Ica Widia Sari · Tanggal diperbarui 14/06/2024

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan