home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Benarkah Operasi Usus Buntu Memiliki Efek Wanita Sulit Hamil?

Benarkah Operasi Usus Buntu Memiliki Efek Wanita Sulit Hamil?

Takut dibedah kadang menjadi alasan utama orang menolak operasi usus buntu meski gejalanya sudah parah, terutama karena takut pada efek operasi usus buntu. Banyak perempuan menolak ini sebab konon akan sulit punya anak. Benarkah demikian?

Adakah efek prosedur operasi usus buntu?

Penyakit usus buntu merupakan peradangan atau pembengkakan apendiks atau usus buntu. Organ usus buntu berbentuk kantong kecil dan tipis berukuran 5 – 10 cm yang terhubung pada usus besar.

Apendisitis merupakan penyakit umum yang bisa menyerang siapa saja. Tetapi, kalangan muda yang berusia 10 sampai 30 tahun adalah kelompok orang yang paling sering mengalami kondisi ini.

Operasi usus buntu dengan pengangkatan organ usus buntu tidak memengaruhi kondisi kesehatan. Namun penyakit usus buntu atau apendisitis berpotensi memicu komplikasi yang serius. Apakah sulit hamil adalah salah satunya?

Masihkah bisa hamil setelah operasi usus buntu?

efek operasi usus buntu

Banyak yang mengatakan bahwa operasi usus buntu bisa menyebabkan perempuan susah hamil. Operasi ini katanya bisa menyumbat tuba falopi sehingga menyulitkan sel telur masuk ke rahim.

Hal tersebut memang mungkin terjadi jika radang ususnya sudah sangat akut, sehingga membuat usus buntu pecah atau berlubang (apendisitis perforasi).

Sebenarnya, tidak semua wanita pasien operasi pengangkatan usus buntu akan mengalami hal ini. Jika komplikasi terjadi pun penanganannya cukup mudah, hanya dengan melakukan operasi kecil untuk memisahkan usus yang menempel tersebut.

Namun, hal ini sangat jarang terjadi, banyak ahli kesehatan yang berpendapat bahwa tidak ada hubungan langsung antara operasi usus buntu yang menyebabkan perlengketan usus dengan saluran telur.

Operasi usus buntu bukan penyebab wanita jadi tidak subur

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Sami Shimi seorang ahli bedah dari University of Dundee, wanita yang melakukan operasi usus buntu cenderung lebih mudah untuk hamil dibandingkan mereka yang tidak.

Penelitian tersebut berhasil mematahkan mitos yang mengatakan bahwa operasi angkat usus buntu menyebabkan ketidaksuburan dengan melibatkan pasien wanita yang melakukan operasi pengangkatan usus buntu sebanyak 54.675.

Pengamatan penelitian dilakukan pada 1987 – 2012. Dari 54.675 pasien wanita yang melakukan bedah angkat usus buntu, 29.732 atau sekitar 54,4% pasien wanita ini berhasil hamil tanpa kendala apa pun.

Penelitian ini membuktikan bahwa Anda tidak perlu takut untuk melakukan operasi usus buntu karena risiko kesuburan pada masa mendatang. Operasi ini tidak akan mengecilkan peluang Anda untuk hamil.

Prosedur operasi justru meningkatkan peluang hamil

Tidak ada penelitian yang membuktikan operasi pengangkatan usus buntu bisa menyebabkan wanita jadi tidak subur. Bahkan jika tuba falopi tersumbat atau tersumbat jaringan parut, prosedur laparoskopi sederhana bisa mengembalikan fungsi tuba falopi seperti semula.

Para peneliti juga mengamati wanita yang menjalani operasi usus buntu selama kehamilan. Hasilnya, tidak ada efek operasi usus buntuk jangka panjang pada kesuburan mereka. Hal ini juga tidak berpengaruh pada kehamilan mereka selanjutnya.

Oleh karena itu, Anda tidak perlu takut lagi efek kemungkinan hamil Anda berkurang jika Anda diharuskan operasi usus buntu.

Melakukan operasi usus buntu lebih baik dilakukan sedini mungkin daripada harus menunda-nundanya dan memperbesar risiko mengalami komplikasi pecahnya usus buntu.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Association between prior appendectomy and/or tonsillectomy in women and subsequent pregnancy rate: a cohort study. http://www.fertstert.org/article/S0015-0282(16)61351-1/fulltext. Accessed 02/08/2017.

Women who have appendix or tonsils removed are more fertile, study finds. http://www.telegraph.co.uk/science/2016/08/02/women-who-have-appendix-or-tonsils-removed-are-more-fertile-stud/. Accessed 02/08/2017.

Can Removing Your Appendix Affect Your Fertility?. https://www.curejoy.com/content/can-appendicitis-cause-infertility/. Accessed 02/08/2017.

 

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Yuliati Iswandiari
Tanggal diperbarui 2 minggu lalu
x