backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

7 Rekomendasi Merk Roti untuk Penderita Asam Lambung

Fakta medis diperiksa oleh Hello Sehat Medical Review Team


Ditulis oleh Hillary Sekar Pawestri · Tanggal diperbarui 4 minggu lalu

7 Rekomendasi Merk Roti untuk Penderita Asam Lambung

Seorang penderita penyakit asam lambung memang harus lebih berhati-hati dalam memilih makanan, termasuk saat memilih merk roti.

Tepung terigu sebagai bahan utama roti memang tidak menyebabkan kenaikan asam lambung, tetapi proses pengolahan tepung menjadi roti bisa menjadi pemicunya.

Berita baiknya, tidak semua jenis roti bisa memperburuk penyakit asam lambung. Dengan pengolahan yang tepat, roti tetap aman dikonsumsi penderita asam lambung tinggi.

Cara memilih merk roti untuk penderita penyakit asam lambung

Penyakit asam lambung atau GERD merupakan kondisi ketika cairan asam di dalam lambung naik ke kerongkongan.

Penyebab utamanya adalah gangguan pada fungsi sfingter esofagus (LES), yaitu otot berbentuk cincin pada kerongkongan bagian bawah.

Sebagai dampaknya, katup kerongkongan tidak bisa menutup dengan sempurna sehingga asam lambung naik kembali ke kerongkongan.

Roti tawar yang terbuat dari tepung terigu dapat memperburuk gejala penyakit asam lambung karena proses pengolahannya membuang cukup banyak serat dari dalam gandum.

Sementara itu, roti gandum utuh (whole wheat) yang tidak melalui banyak tahap pengolahan memiliki serat yang lebih tinggi.

Serat akan membantu menjaga fungsi otot sfingter esofagus. Dikutip dari situs Harvard Health, roti gandum utuh yang tinggi serat dinilai sebagai pilihan roti yang lebih aman dan cocok bagi penderita penyakit asam lambung.

Ketika sfingter esofagus bekerja dengan baik, katup saluran kerongkongan dapat membuka dan menutup sesuai kebutuhan sehingga asam lambung tidak naik ke kerongkongan.

7 rekomendasi merk roti untuk penderita asam lambung

roti gandum untuk diet

Berikut ini adalah beberapa merk roti yang aman untuk dimakan seseorang dengan asam lambung tinggi.

1. Sari Roti Roti Tawar Gandum

Kalau bicara tentang roti, Sari Roti mungkin menjadi salah satu merk yang muncul di pikiran banyak orang. Ternyata, merk ini juga menyediakan varian roti gandum yang cocok untuk asam lambung.

Berdasarkan informasi nilai gizi pada kemasannya, setiap sajian roti gandum Sari Roti (2 lembar) mengandung 6 gram serat pangan.

Nomor izin edar BPOM: MD 235410043210

2. Garmelia Roti Tawar Gandum

Garmelia Bakery juga menyediakan roti tawar gandum yang bagus untuk penderita penyakit asam lambung.

Tak hanya roti tawar, bakery ini juga menyediakan roti gandum yang sudah ditambahkan kacang dan kranberi sehingga kandungan seratnya lebih tinggi.

Sayangnya, produk roti ini memang tidak banyak ditemukan di toko swalayan. Untuk mendapatkannya, Anda bisa melakukan pembelian melalui e-commerce.

Nomor izin edar BPOM: MD 235410001067

3. Holland Bakery Daily Whole Wheat Bread

Rekomendasi merk roti untuk penderita asam lambung yang selanjutnya adalah Holland Bakery.

Tak hanya menggunakan gandum utuh, Holland Bakery juga menambahkan kismis, kacang almon, dan oat pada produk roti gandum miliknya.

Karena produk ini sudah memiliki tambahan perasa, sebaiknya Anda tidak lagi menambahkan selai, seperti cokelat. Pasalnya, terlalu banyak cokelat bisa memicu kenaikan asam lambung.

Nomor izin edar BPOM: MD 235411105780

4. MYROTI Roti Tawar Gandum Kupas 

Apakah Anda tidak menyukai tepian roti tawar yang lebih kering? Jika iya, roti gandum kupas milik MYROTI bisa menjadi pilihan tepat.

Tak hanya memenuhi selera Anda, roti yang terbuat dari gandum utuh ini tentu saja lebih ramah bagi pemilik asam lambung tinggi.

Supaya lebih nyaman untuk lambung, tambahkan pisang atau putih telur. Pasalnya, melansir dari laman Kementerian Kesehatan RI, kedua bahan tersebut dapat membantu menurunkan asam lambung.

Nomor izin edar BPOM: MD 235410047241

5. Mr. Bread Roti Tawar Gandum Multiseed

Merk roti lainnya yang cocok untuk penderita penyakit asam lambung adalah Mr. Bread multiseed.

Roti gandum yang satu ini telah diberi tambahan biji labu untuk meningkatkan kandungan seratnya. Dengan begitu, Mr. Bread roti gandum bisa menjadi pilihan makanan untuk orang-orang dengan sakit maag.

Namun, pastikan untuk tidak mengombinasikannya dengan makanan yang memicu asam lambung, seperti gorengan, makanan berlemak, dan makanan pedas.

Nomor izin edar BPOM: MD 235413092708

6. Sharon Whole Wheat Toast

Pilihan roti yang aman untuk penderita asam lambung berikutnya datang dari merk Sharon.

Merk ini cocok bagi Anda yang memang kerap mengonsumsi roti karena tersedia dalam ukuran 400 gram.

Supaya tetap sehat, pastikan Anda menambahkan bahan tambahan yang tepat saat membuat sarapan dengan roti Sharon.

Nomor izin edar BPOM: MD 235410269053

7. Mestemacher Roti Gandum Utuh 

Dengan bahan utama tepung gandum rye, tidak heran jika warna roti dari Mastermacher ini cenderung lebih gelap. Meski begitu, kandungan gizi tidak berbeda dengan merk roti gandum lainnya.

Pada kemasannya, Mestemacher juga mengklaim bahwa roti ini dapat membantu menjaga kolesterol.

Namun, karena Mestemacher merupakan produk impor, jangan heran jika harganya sedikit lebih mahal.

Nomor izin edar BPOM: ML 223739008400001

Roti gandum memang bisa membantu mengatasi asam lambung. Namun, jika Anda sedang mencari makanan yang bisa menurunkan asam lambung, perbanyaklah makanan yang memang ramah untuk pemilik maag, seperti pisang, oatmeal, daging rendah lemak, dan sayuran hijau.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Fakta medis diperiksa oleh

Hello Sehat Medical Review Team


Ditulis oleh Hillary Sekar Pawestri · Tanggal diperbarui 4 minggu lalu

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan