Seberapa Cepat Famotidine Mengatasi Asam Lambung Naik?

Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 6 Desember 2019 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Famotidine adalah obat yang digunakan untuk mengatasi gejala maag, asam lambung naik, tukak pada lambung dan usus, serta gangguan sejenisnya pada saluran cerna. Obat ini bekerja dengan menurunkan produksi asam lambung sehingga keluhan nyeri dapat berkurang.

Di antara banyaknya jenis obat untuk menangani masalah asam lambung, Famotidine merupakan salah satu yang dinilai paling efektif dan cepat atasi gejala sakit maag. Lantas, seperti apa cara kerja dan keampuhan Famotidine?

Cara kerja Famotidine untuk mengatasi asam lambung naik

Famotidine termasuk dalam golongan obat yang disebut histamine-2 receptor blocker (H2 receptor blocker). Selain Famotidine, obat-obatan yang juga tergabung dalam golongan ini adalah Nizatidine, Cimetidine, dan Ranitidine. Biasanya untuk mendapatkan Ranitidine, Anda butuh resep dari dokter. Sedangkan Famotidine pada dosis rendah sudah dapat diperoleh di apotek terdekat tanpa menggunakan resep dokter.

Begitu berada di dalam lambung, bahan aktif dalam Famotidine akan berikatan dengan reseptor pada sel-sel lambung. Reseptor adalah bagian dari sel yang berinteraksi dengan enzim, hormon, neurotransmiter, ataupun molekul lain dengan fungsi tertentu.

Sel-sel lambung berfungsi memproduksi asam lambung. Lantas, ketika Famotidine masuk ke dalam tubuh, bahan aktif ini akan menghambat produksi asam pada sel-sel lambung. Akhirnya, cairan asam lambung akan terkendali dengan baik.

Dalam 1 jam Famotidine mulai bekerja dalam saluran pencernaan untuk mengontrol produksi asam lambung. Setelah itu, obat akan memasuki aliran darah dan mencapai kadar tertingginya dalam waktu 1-3 jam dan bekerja 10-12 jam.

Selama masa ini, produksi asam lambung terus menurun secara drastis sehingga tidak lagi menyebabkan keluhan nyeri. Ketika itu jaringan lambung juga memulihkan diri dari luka akibat terkena asam lambung berlebih.

Selain itu, efek Famotidine lainnya yaitu menangkal kerusakan lebih lanjut pada kerongkongan akibat naiknya asam lambung.

Aturan mengonsumsi Famotidine

Minumlah Famotidine sesuai resep yang diberikan. Selama obat bekerja dengan baik, jangan mengubah dosis atau menghentikan konsumsi obat tanpa berkonsultasi dengan dokter.

Famotidine boleh diminum sebelum atau sesudah makan. Untuk mencegah timbulnya gejala maag, minumlah obat 15-60 menit sebelum makan. Jangan meminum lebih dari 2 tablet Famotidine dalam kurun waktu 24 jam kecuali atas anjuran dokter.

Apabila Famotidine tidak kunjung mengatasi masalah asam lambung hingga 14 hari setelah dikonsumsi, hentikan penggunaan dan konsultasikan dengan dokter yang menangani Anda.

Famotidine merupakan salah satu pilihan obat yang efektif untuk mengatasi masalah asam lambung dan gangguan pada saluran cerna yang bersifat kronis. Obat ini bekerja dengan cepat dan efeknya pun bertahan lama dalam tubuh.

Akan tetapi, agar manfaatnya lebih optimal pastikan Anda selalu mengikuti dosis dan anjuran yang ada pada kemasan obat. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter apabila terdapat hal yang belum Anda pahami dari aturan atau dosis yang dianjurkan.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Obat Asam Lambung di Apotek, dengan dan Tanpa Resep Dokter

Asam lambung yang naik tiba-tiba menggangu aktivitas? Simak daftar obat asam lambung di apotek yang ampuh untuk menetralkannya di artikel ini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Kesehatan Pencernaan, Gastritis & Maag 8 Desember 2020 . Waktu baca 11 menit

Ranitidin dan Omeprazole, Apa Bedanya?

Ranitidin dan omeprazole adalah obat untuk mengobati maag atau penyakit terkait asam lambung. Namun, keduanya memiliki banyak perbedaan. Apa saja?

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Obat A-Z, Obat-obatan & Suplemen A-Z 6 Desember 2020 . Waktu baca 3 menit

Obat GERD Apotek Paling Ampuh dan Prosedur Medis untuk Mengatasinya

Ada banyak obat untuk menatasi GERD. Entah itu obat GERD medis di apotek, rumahan, maupun perubahan gaya hidup. Apa saja pilihannya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Kesehatan Pencernaan, Gastritis & Maag 1 Desember 2020 . Waktu baca 7 menit

Jangan Sembarang Minum, Ini Daftar Pilihan Obat yang Aman untuk Ibu Menyusui

Ketika sakit saat menyusui, obat tentu jadi solusi cepat. Namun ternyata, Ibu tidak boleh minum sembarang obat. Apa saja obat yang aman untuk ibu menyusui?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Bayi, Parenting, Menyusui 2 Oktober 2020 . Waktu baca 11 menit

Direkomendasikan untuk Anda

obat asam lambung alami dan herbal

10 Obat Asam Lambung Alami yang Bisa Anda Temukan di Dapur

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 7 Januari 2021 . Waktu baca 10 menit
obat maag

Ragam Jenis Obat Maag yang Ampuh Menurut Fungsinya

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 3 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit
obat gastritis radang lambung

Pilihan Obat Medis dan Alami untuk Mengatasi Gastritis

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 29 Desember 2020 . Waktu baca 7 menit
minum obat maag saat hamil

Ini Risikonya Bila Ibu Minum Obat Maag Saat Hamil

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 23 Desember 2020 . Waktu baca 3 menit