3 Langkah Memilih Produk Skincare Terbaik untuk Kulit Bayi Sensitif

Oleh Data medis direview oleh dr. Yusra Firdaus.

Kulit bayi yang sensitif lebih rentan terhadap iritasi atau ruam. Untuk itu, Anda perlu lebih bijak dalam memilih produk perawatan kulit untk bayi Anda. Jangan sampai salah pilih sehingga jadi berdampak buruk pada kesehatannya. Simak ulasan berikut untuk membantu Anda memilih produk perawatan kulit bayi sensitif.

Panduan memilih produk perawatan kulit bayi sensitif

Ada berbagai jenis produk perawatan kulit bayi seperti sabun, losion pelembap, baby oil, salep ruam popok, tisu basah dan bedak yang mudah ditemukan di toko-toko. Namun untuk kulit bayi yang sensitif, tidak semua produk tersebut cocok untuk kulitnya. Untuk itu, sebelum mengaplikasikan produk tersebut ke kulit bayi, sebaiknya Anda membaca label pada kemasan produk dengan teliti.

Orangtua tidak boleh sembarangan memilih produk perawatan kulit bayi. Pertama, pastikan dulu bahwa produk tersebut memang diformulasikan khusus untuk kulit bayi. Produk perawatan kulit khusus bayi biasanya minim kandungan zat kimia keras yang bisa mengeringkan kulitnya. Produk-produk khusus bayi juga dirancang khusus untuk melindungi keseimbangan alami kulit bayi serta mempertahankan lapisan pelindung kulit terluar.

Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih produk perawatan kulit bayi sensitif, yaitu:

1. Lihat kandungan produk

Bebas phthalate dan paraben. Produk perawatan kulit bayi yang mengandung zat aditif phthlate dan paraben harus dihindari. Sebab kedua zat ini dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan eksim pada kulit bayi. Penelitian membuktikan bahwa phthalate dan paraben berpotensi mengubah kadar hormon dalam tubuh setelah diserap kulit.

Hypoallergenic. Label ini menandakan bahwa kandungan produk dapat menyebabkan sedikit alergi pada kulit bayi. Akan lebih aman bila Anda tidak memilih produk perawatan kulit yang memiliki label ini walaupun kemungkinannya kecil terjadi alergi .

Bebas alkohol. Dilansir dari Baby Center, walaupun ada beberapa alkohol seperti fatty alcohol tidak memiliki efek pada kulit bayi, sebenarnya alkohol hanya diperuntukkan pada produk perawatan kulit orang dewasa. Alkohol dapat mengiritasi dan mengeringkan kulit bayi. Maka sebaiknya memilih produk perawatan kulit bayi yang bebas alkohol.

Hindari produk sabun antibakteri. Meskipun Anda cemas dengan kuman atau bakteri yang menempel pada kulit bayi. Memilih sabun antibakteri sebenarnya tidak dibutuhkan oleh bayi. Bahan kimia tambahan yang terdapat pada sabun antibakteri, yaitu triclosan dikhawatirkan akan mengiritasi kulit bayi yang sensitif.

Bebas pewangi dan pewarna. Produk yang menggunakan bebas pewangi dan tidak berwarna tidak akan menyebabkan reaksi alergi pada kulit bayi. Bila kulit bayi Anda kering atau memiliki eksim, semua produk yang mengandung pewangi akan mengiritasi dan memperburuk kondisi kulit. Biasanya produk yang melabelkan kata “wangi” menggunakan bahan kimia tambahan dalam membuat aroma.

Sesuai dengan pH kulitnya. Beberapa minggu setelah dilahirkan, permukaan kulit bayi berubah dari pH yang mendekati netral menjadi pH 5,5. Untuk itu, pilih produk perawatan kulit yang mendekati tingkat pH kulit bayi yang tidak akan menganggu lapisan kulit. Namun, seringkali produk perawatan kulit bayi sensitif tidak memberika label yang tepat. Selama kulit tidak kering atau terkelupas ketika memakainya, pH produk berati tidak bermasalah.

2. Cek kondisi kemasan

Bila kandungan produk sudah sesuai, Anda harus melihat kembali keadaan produk. Apakah terdapat cacat atau tidak. Kemudian, perhatikan tanggal kedaluwarsa produk. Bila tanggalnya sudah lewat atau hampir habis, sebaiknya beli yang baru.

3. Lihat aturan pakai dan label peringatan

Penting untuk Anda membaca aturan pemakaian pada kemasan produk. Biasanya beberapa produk menyertakan lembaran aturan pemakaian secara terpisah, bukan hanya pada kotak kemasan. Ini mencegah terjadinya salah cara pemakaian atau pemakaian produk yang berlebihan.

Sebelum digunakan ke kulit bayi, sebaiknya tes dulu pada kulit bayi. Caranya oleskan sedikit produk pada area tangannya, kemudian tunggu hingga beberapa jam. Jika muncul ruam atau gatal, kemungkinan produk tersebut tidak cocok untuk kulit bayi Anda.

Baca Juga:

Sumber
Pantau Perkembangan Anak Anda Dapatkan update mingguan di email Anda
untuk memantau perkembangan si kecil.
Error message goes here
Daftar
*Dengan mendaftar, saya setuju dengan Syarat & Ketentuan Hello Sehat.
Anak anda: [num] bulan Kami siap memandu Anda dalam perjalanan sebagai orangtua. Email pertama untuk Anda akan segera dikirim. Silakan klik tautan yang sudah kami kirim ke email Anda sebagai konfirmasi bahwa alamat email Anda sudah benar.
Sebelum mulai, silakan baca ini dulu:
Pantau Perkembangan Anak Anda Dapatkan update mingguan di email Anda untuk membantu memantau perkembangan si kecil.
Error message goes here
Daftar
*Dengan mendaftar, saya setuju dengan Syarat & Ketentuan Hello Sehat.
Anak anda: [num] bulan We are excited to guide you on your parenting journey. Your first email will arrive shortly. Silakan klik tautan yang sudah kami kirim ke email Anda sebagai konfirmasi bahwa alamat email Anda sudah benar.
Sebelum mulai, silakan baca ini dulu:
Yang juga perlu Anda baca