backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

Antitumpah, Ini 10 Rekomendasi Merk Botol Minum Anak Terbaik

Fakta medis diperiksa oleh Hello Sehat Medical Review Team


Ditulis oleh Reikha Pratiwi · Tanggal diperbarui 20/02/2024

Antitumpah, Ini 10 Rekomendasi Merk Botol Minum Anak Terbaik

Terkadang, ada anak yang sulit untuk minum air secara teratur. Padahal, memenuhi asupan cairan yang cukup setiap hari sangatlah penting bagi anak, termasuk saat bepergian. Agar anak mau minum air putih, salah satu cara yang bisa Anda lakukan yaitu memberikan botol minum yang lucu. Simak beberapa rekomendasi merk botol minum anak terbaik di bawah ini.

Cara memilih merk botol minum anak terbaik

Melansir dari Healthy Children, Anda bisa mencoba membuat anak tertarik minum lebih banyak air dengan menggunakan botol minum khusus untuk anak.

Botol minum untuk anak biasanya memiliki desain yang lucu serta dilengkapi dengan sedotan dan berbagai hiasan.

Namun, memilih botol minum yang tepat untuk anak penting guna memastikan kenyamanan dan keselamatannya.

Jadi, sebaiknya pilih botol minum yang terbuat dari bahan yang aman dan bebas BPA (Bisphenol-A) serta bahan berbahaya lainnya.

Botol minum yang terbuat dari stainless steel, silikon, atau plastik bebas BPA umumnya lebih aman dari BPA.

Pilih juga desain botol minum yang sesuai dengan kebutuhan serta memberikan kenyamanan dan kemudahan penggunaan bagi anak.

Beberapa botol minum dilengkapi dengan tutup antitumpah atau sistem isap yang dirancang khusus untuk anak-anak.

Botol yang terlalu besar mungkin sulit untuk dipegang oleh anak, sedangkan yang terlalu kecil mungkin tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan cairan anak.

Selain itu, pilih botol minum yang mudah dibersihkan dan dirawat. Botol dengan desain sederhana akan lebih mudah untuk dibersihkan dan mencegah pertumbuhan bakteri penyebab infeksi.

Botol minum yang aman untuk anak nomor berapa?

Kode plastik yang umumnya dianggap aman untuk botol minum adalah nomor 2, 4, dan 5. Berikut adalah penjelasan singkat tentang setiap kode.
  1. Nomor 2 (HDPE – High-Density Polyethylene). Plastik jenis ini umumnya digunakan untuk botol minum, termasuk botol susu bayi, karena dianggap aman dan tahan terhadap kebocoran. HDPE biasanya tidak mengandung BPA.
  2. Nomor 4 (LDPE – Low-Density Polyethylene). Plastik jenis ini juga umumnya dianggap aman dan sering digunakan untuk botol minum, terutama untuk botol air minum biasa. LDPE juga cenderung tidak mengandung BPA.
  3. Nomor 5 (PP – Polypropylene): Plastik jenis ini juga dianggap aman untuk botol minum. Polypropylene adalah bahan yang tahan panas dan sering digunakan untuk botol minum yang bisa direndam air panas, seperti botol minum bayi dengan puting anti-kolik.

Rekomendasi merk botol minum anak terbaik

perut kembung pada anak

Untuk membantu Anda memilih botol minum terbaik untuk anak, berikut ini beberapa rekomendasi merk yang bisa Anda pertimbangkan.

1.  Dr.isla Botol Minum Bayi dan Anak

Apakah anak atau bayi Anda sedang dalam masa transisi dari dot susu ke botol atau cangkir minum? Jika ya, produk Dr.isla Botol Minum Bayi dan Anak mungkin bisa jadi pilihan yang tepat.

Botol minum ini dilengkapi dengan dua pegangan kecil yang didesain untuk memudahkan anak memegang botol agar tidak terlepas dari genggaman tangan.

Dengan pemberat pada sedotannya, botol ini bisa digunakan sambil tiduran. Botol ini pun dirancang untuk mencegah kolik (kembung) pada bayi dengan mengurangi gelembung udara di dalam susu anak.

Dengan ukuran 250—350 ml, Dr.isla Botol Minum Bayi dan Anak juga diklaim sudah memenuhi standar peralatan makan anak serta mampu mendukung perkembangan gigi dan rahang bayi.

2. Ecentio Botol Minum Anak

Ecentio Botol Minum Anak adalah merk botol minum yang dibuat dari bahan PC, sehingga diklaim lebih aman dan ramah lingkungan.

Botol ini berukuran cukup besar sekitar 500 ml. Namun, tidak perlu khawatir karena botol ini dilengkapi dengan pegangan atau handler berbahan silikon agar mudah dibawa kemana-mana oleh anak.

Ada juga sedotan berbahan silikon food grade yang lembut dan awet untuk membantu anak agar lebih mudah saat minum.

Selain itu, tutupnya dilengkapi kunci atau lock buka-tutup, sehingga lebih praktis dan antibocor.

3. MIISOO Botol Minum Anak

MIISOO Botol Minum Anak berukuran 500 ml serta terbuat dari bahan material food grade yang diklaim aman untuk anak-anak.

Bahan merk botol minum anak ini berupa plastik elastis yang disebut antipecah dan tahan oksidasi. Tutup dari botol ini juga terbuat dari bahan silikon yang aman ketika tergigit anak.

Untuk memudahkan anak-anak minum, botol yang satu ini dilengkapi dengan tombol klik yang aman. Anak hanya cukup menekan tombol klik ini saat akan dibuka.

4. Satu Keluarga Botol Minum Anak

Satu Keluarga Botol Minum Anak adalah botol minum portable dengan sedotan dan mulut silikon terbuat dari bahan PP yang sudah food grade.

Tersedia dalam ukuran 650ml, botol ini juga merupakan merk botol minum anak terbaik karena tahan terhadap suhu minuman yang dingin maupun hangat.

Desain botol ini pun disebut cocok bagi pelajar untuk membawa air minum setiap hari ke sekolah karena tidak terlalu berat, sehingga tidak menambah beban gendong anak.

5. Goto Lilo Botol Minum Anak

Untuk merk botol minum anak terbaik lainnya, Anda bisa memilih Goto Lilo Botol Minum Anak yang berukuran 450 ml.

Cocok digunakan untuk bayi sampai anak-anak, botol minum ini terbuat dari bahan yang ringan dan aman karena diklaim sudah bebas BPA.

Botol ini hadir dalam desain dan pilihan warna menarik serta dilengkapi handle yang bisa memudahkan untuk membawa minum saat pergi ke sekolah atau bepergian.

Tutup botolnya juga dilengkapi fitur seal-lock untuk menjaga agar minuman tidak mudah tumpah.

6. Bebehome Botol Minum Anak

Bebehome Botol Minum Anak tersedia dalam ukuran 550ml, sehingga sangat cocok sebagai tempat air minum anak karena tidak terlalu berat.

Botol minum ini dilengkapi dengan sedotan dan mulut silikon yang terbuat dari bahan PP yang sudah food grade.

Bukan hanya itu, badan botol juga dibuat agar tahan terhadap dingin dan panas agar suhu minuman bisa terjaga lebih lama.

7. SIDMOOL Botol Minum Bayi

Bagi anak atau bayi yang sedang dalam transisi dari dot ke botol minum, botol dengan sedotan pemberat dan yang bisa digunakan sambil tiduran mungkin bisa jadi pilihan.

Salah satu merk botok minum anak terbaik yang punya spesifikasi ini, yaitu SIDMOOL Botol Minum Bayi. Botol minum ini diklaim sudah memenuhi standar untuk peralatan makan anak.

Botol ini pun dirancang untuk membantu mencegah kolik dengan mengurangi gelembung udara di dalam minuman. Bahkan, botol ini juga diklaim bisa mendukung perkembangan gigi dan rahang bayi.

Untuk memudahkan bayi memegang botol, desain botol dilengkapi dengan dua pegangan kecil di sisi kanan dan kirinya.

8. Aimilo Botol Minum Anak Portabel

Aimilo Botol Minum Anak Portabel diklaim sebagai merk botol minum terbaik untuk anak karena memiliki banyak fitur yang membuatnya aman dan praktis digunakan.

Dengan kapasitas 500 ml, botol ini dapat menyimpan cukup air untuk kebutuhan minum anak sehari-hari.

Botol juga ini terbuat dari bahan PC yang disebut aman, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan zat kimia yang membahayakan kesehatan dan perkembangan anak.

Salah satu fitur yang menonjol lainnya dari botol ini adalah fitur antitumpah. Fitur ini dapat membantu mencegah tumpahan air yang rentan dilakukan oleh anak-anak.

9. Heenoor Botol Minum Anak

Heenoor Botol Minum Anak merupakan merk botol minum anak yang diklaim kuat dan tidak gampang pecah. Botol ini pun dilengkapi dengan tali tenteng mini agar dapat dibawa dengan mudah.

Meski terbuat dari plastik, botol minum ini disebut bebas BPA dan food grade, sehingga tidak mengandung zat beracun dan aman untuk minuman.

Tersedia dalam ukuran 480 ml dan 550 ml, botol ini disebut hemat ruang dan bisa dibawa kemana saja untuk melengkapi kotak bekal atau lunch box si Kecil.

10. Hoas Botol Minum Bentuk Boneka

Seperti namanya, Hoas Botol Minum Bentuk Boneka adalah merk botol minum anak yang berbentuk boneka beruang dan berukuran cukup besar, yaitu sekitar 1.300—1.500 ml.

Dengan desain yang lucu tersebut, jenis botol minum ini disebut cocok untuk melengkapi peralatan makan anak-anak.

Botol ini juga dilengkapi dengan tutup botol yang memiliki fitur kunci dan pegangan agar lebih aman dan mudah saat dibawa.

Namun, botol ini tidak disarankan untuk diisi dengan air panas, sehingga hanya bisa digunakan untuk minum air dengan suhu normal atau dingin.

Itu adalah beberapa rekomendasi merk botol minum anak terbaik yang bisa menjadi pilihan Anda saat mencari botol minum untuk si Kecil.

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor di atas, Anda dapat memilih botol minum yang sesuai dengan kebutuhan dan keamanan si Kecil.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Fakta medis diperiksa oleh

Hello Sehat Medical Review Team


Ditulis oleh Reikha Pratiwi · Tanggal diperbarui 20/02/2024

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan